Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Lumpuh Pada Ayam Broiler

Sponsors Link

Ayam broiler atau disebut juga sebagai ayam ras pedaging yang merupakan jenis ayam paling banyak diternakkan untuk pemenuhan kebutuhan daging ayam di masyarakat.

ads

Dalam proses ternak ayam broiler tersebut tentu ada beberapa cara yang baik untuk dilakukan dan perawatannya harus terjaga agar dapat memperoleh hasil ayam dengan kualitas yang baik.

Selama proses ternak, berbagai macam masalah tentu dapat menjangkit ayam broiler karena sebab tertentu yang salah satunya adalah keadaan dimana ayam broiler menjadi lumpuh.

Berikut ini beberapa cara mengatasi lumpuh pada ayam broiler tersebut yang dapat dilakukan secara efektif dan efisien oleh para peternak ayam dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara beternak ayam joper)

Penyebab Ayam Broiler Lumpuh

Sebelum memahami cara mengatasi lumpuh pada ayam broiler yang baik dan benar maka langkah pertama yang harusnya diketahui terlebih dahulu adalah mengetahui penyebab dari munculnya kondisi tersebut. Hal ini dikarenakan, dengan mengetahui penyebab ayam broiler lumpuh maka langkah dan upaya untuk menaganinya akan jauh lebih tepat untuk dilakukan mengingat setiap kondisi kelumpuhan yang dialami oleh ayam broiler tersebut bisa jadi berbeda antara satu kasus dengan kasus lainya. (Baca juga : cara ternak ayam bangkok pedaging)

Kelumpuuhan pada ayam broiler bisa terjadi saat ayam menginjak usia 1 bulan keatas dan dapat menyerah hampir separuh dari keseluruhan populasi ayam dalam satu peternakan. Penyebab munculnya kondisi ayam broiler lumpuh tersebut diantaranya seperti tidak seimbangnya nutrisi pakan yang diberikan peternak kepada ayam, adanya penyakit seperti koksidiosis, CRD (Chronic Respiratory Disease) , SNOT (lendir dari hidung), dll, dan penyakit rachitis yang menyerang bagian tulang pada ayam broiler. (Baca juga : cara memelihara anak ayam dengan baik)

Cara Mengatasi Lumpuh Pada Ayam Broiler

Melihat penjelasan diatas diketahui bahwa kondisi ayam broiler yang lumpuh dapat terjadi secara menyeluruh pada hampir 50% populasi ayam dalam peternakan sehingga berpeluang menghasilkan kerugian yang besar pada peternak. Untuk menangani kondisi lumpuh pada ayam broiler maka diperlukan cara penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini beberapa cara mengatasi lumpuh pada ayam broiler yang diantaranya sebagai berikut :

  1. Pemberian obat antibiotik bagi ayam broiler yang tepat sesuai dengan penyebab yang menjadikan ayam lumpuh dengan melihat ciri ciri yang ada. Antibiotik yang biasa digunakan contohnya seperti ampicol atau coliqum untuk penyakit Colibacilosis.
  2. Pemberian multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tumbuhnya serta membantu memperbaiki nutrisi yang ada pada ayam seperti vita stress, vitamax, dan fortevit. (Baca juga : cara merawat ayam potong dengan baik dan benar)
  3. Pembersihan menyeluruh pada kandang ayam dan pemisahan antara ayam lumpuh dan ayam yang masih normal untuk menghentikan penularan.
  4. Melakukan aktivitas vaksinasi yang rutin pada ayam agar tidak mudah terserang penyakit sebagai upaya pencegahan.
  5. Pengantian makanan yang baik dan sesuai dengan keseimbangan nutrisi ayam dapat diberikan untuk mengantikan pola pakan sebelumnya yang kurang bernutrisi. (Baca juga : cara beternak ayam tanpa bau)
  6. Penerapan sistem biosecurity dan managemen pemeliharaan yang tepat dalam hal pemberian makan, minum, pengantian air, pembersihan kandang, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara mengatasi lumpuh pada ayam broiler yang dapat dilakukan oleh para peternak ayam secara tepat dan sesuai dengan penyebabnya. Jika peternak mulai melihat ada satu atau dua ayam yang mengalami kelumpuhan maka sebaiknya langsung memisahkan ayam dan mengobatinya dengan baik untuk mencegah terjadinya penularan yang menyeluruh.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Ayam