Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Cacingan Pada Mata Ayam

Sponsors Link

Setiap proses ternak yang dijalani oleh para peternak, termasuk ternak ayam, tentu ada berbagai macam masalah yang dapat muncul baik masalah tenis atau masalah yang berhubungan langsung dengan kondisi ayam ternak.

ads

Salah satu keadaan yang dapat memicu dampak lebih besar pada kesehatan ayam jika tidak diatasi dengan baik adalah munculnya cacingan pada mata ayam.

Cacingan pada mata ayam merupakan kondisi permasalahan di daerah mata yang disebabkan oleh keadaan cacingan. Berikut ini beberapa cara mengatasi cacingan pada mata ayam yang dapat dilakukan oleh para peternak ayam tersebut dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara ternak ayam bangkok pedaging)

Penyebab Dan Gejala Cacingan Pada Mata Ayam

Kondisi cacingan pada ayam dapat terlihat dari matanya yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti akibat dari infeksi virus maupun bakteri. Ayam yang terinfeksi oleh virus maupun bakteri dan pastinya cacing biasanya diakibatkan dari kondisi dimana perawatan ayam tidak dilakukan dengan baik, pakan yang diberikan kurang memenuhi kebutuhan nutrisi, dan juga hama disekitar kandang ayam. Beberapa hal tersebut harus selalu diperhatikan dalam sistem managemen peternakan ayam agar berbagai masalah kesehatan dapat dihindari. (Baca juga : cara beternak ayam joper)

Untuk dapat mengatasi ayam yang mengalami cacingan maka hal pertama yang harusnya dipahami adalah gejala dari kondisi permasalahan pada ayam tersebut. Pemahaman pada gejala dilakukan agar peternak tau mana yang ayamnya bermasalah dan mana yang tidak. Beberapa gejala mata ayam cacingan diantaranya seperti mata yang selalu digosok dengan sayap atau kaki ayam, nafsu makan ayam yang menurun, mata yang membengkak, prilaku tidak senang, dan mencret. (Baca juga : cara beternak ayam tanpa bau)

Cara Mengatasi Cacingan Pada Mata Ayam

Setelah memahami penyebab dan beberapa gejala yang terjadi pada ayam maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengatasi keadaan cacingan pada ayam tersebut yang tentunya dapat berakibat lebih buruk. Berikut ini beberapa cara mengatasi cacingan pada mata ayam upaya pencegahannya yang diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Karantina, setelah mengetahui ada kondisi ayam yang cacingan maka langkah pertama adalah dengan mengkarantina ayam tersebut untuk menghindari penularan pada ayam lain dan proses pengobatan dalam lebih fokus dijalani.
  2. Pembersihan kandang, seluruh ayam baik yang terjangkit maupun tidak harus dikeluarkan dari kandang namun tetap dipisah dan setelah itu pembersihan kandang harus dilakukan menyeluruh serta dijemur pada panas matahari langsung.
  3. Pengantian bahan lantai, selain pembersihan secara menyeluruh, lantai kandang juga harus diganti dengan yang baru dan kemudian disemptor dengan jodopor.
  4. Ambil cacing, cacing pada mata ayam bisanya dapat terlihat secara visual langsung sehingga bisa saja diambil menggunakan pinset dengan hati hati. (Baca juga : cara merawat ayam potong dengan baik dan benar)
  5.  Creolin, penggunaan obat tetes mata dapat dilakukan dan diteteskan secara langung pada mata ayam yakni dengan cairan tetes mata 5% creolin.
  6. Perasan air tembakau, salah satu cara lain yang herbal adalah dengan menggunakan perasan air tembakau. (Baca juga : cara memelihara anak ayam dengan baik)

Itulah beberapa cara mengatasi cacingan pada mata ayam yang dapat dilakukan oleh para pemilik atau peternak ayam agar tidak menjadikan kondisi yang lebih membahayakan dan tidak menguntungkan terhadap kesehatan ayam secara langsung.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 17th, September 2018 / 03:21 Oleh :
Kategori : Ayam