Sponsors Link

8 Tips Merawat Kelinci Hamil dengan Baik dan Benar

Sponsors Link

Selain kucing, hewan lucu lain yang bisa dipelihara adalah kelinci. Cukup banyak yang menyukai hewan bertelinga panjang tersebut, sampai-sampai merawatnya dirumah. Jika anda adalah salah satu pecinta kelinci, tentu anda paham cara memperlakukan hewan yang satu ini. Sama halnya kucing, kelinci juga membutuhkan perawatan dan kasih sayang dari sang pemilik. Minimal anda memberikan tempat tidur layak dan pakan minum setiap hari.

ads

Sedangkan untuk merawat kelinci yang sedang hamil, ada beberapa cara yang lebih detail lagi. Karena pada dasarnya merawat kelinci biasa dengan yang sedang hamil harus lebih sabar dan telaten untuk kelinci yang sedang hamil. Berikut ini akan di jabarkan 8 tips merawat Kelinci Hamil yang harus anda perhatikan. (Baca Juga: Jenis Rumput yang Bagus Untuk Kelinci)

Tips Merawat Kelinci Hamil

1. Kebersihan Lokasi Sekitar

Salah satu tips untuk merawat kelinci yang sedang hamil adalah dengan tetap memperhatikan kondisi sekitar. Pastikan area tempat kandang kelinci atau tempat kelinci sudah bersih, dan jika kotor anda harus telaten membersihkannya. Mempunyai kelinci memang harus rajin menjaga kebersihan, karena hal ini akan berpengaruh pada kesehatan sang peliharaan. Dimaksudkan ini supaya tidak ada kotoran atau bakteri yang mampu menghasilkan virus penyakit.

2. Kebersihan Tempat atau Kandang Kelinci

Jika anda meletakkan kelinci pada sebuah kandang maka harus rajin membersihkan kandang tersebut. Apapun dan dimanapun lokasi kelinci anda beradaptasi maka sudah sepantasnya anda harus menjaga kebersihan. Tujuan ini tidak jauh-jauh seperti poin pertama. (Baca Juga: Budidaya Pembibitan Kelinci Tahap Awal)

3. Memberikan Pakan Terbaik

Berikan pakan kelinci dengan kualitas baik, misalnya jika anda sering memberikan sayuran wortel maka cuci bersih agar terjamin higinis. Tips ini berlaku untuk semua jenis makanan segar yang anda berikan. Sedangkan jika anda memberikan pakan instan yang beli pada sebuah toko maka berikan dengan kualitas produk terbaik untuk masa kehamilan si kelinci agar tidak terhambat kesehatannya.

4. Memberikan Nutrisi Penunjang

Selain makanan pokok, anda wajib memberikan nutrisi penunjang sebagai vitamin untuk si kelinci yang sedang hamil. Adapun fungsi diberikannya nutrisi tambahan ini adalah untuk menjaga kekebalan tubuh si induk pada masa kehamilan agar bayi kelinci di dalamnya juga sehat dan baik-baik saja. (Baca Juga: Cara Agar Kelinci Hias Semakin Cantik dan Menarik)

5. Memberikan Susu

Berikan persediaan air yang cukup, namun tambah pula dengan asupan susu sehari sekali untuk di masa kehamilannya. Kelinci yang sedang hamil memerlukan kasih sayang, perhatian serta asupan nutrisi yang cukup. Hal itu bisa anda siasati dengan memberikan susu tersebut pada kelinci anda yang sedang hamil. Adapun beberapa jenis susu terbaik untuk kelinci adalah sebagai berikut:

  • Susu Kambing Etawa

Susu kambing etawa cukup bagus anda berikan pada kelinci. Kandungan nutrisi pada susu kambing ini sangat berlimpah, anda bisa memberikannya sehari sekali.

Sponsors Link

  • Susu Kucing

Selain susu kambing etawa, jenis susu terbaik untuk kelinci anda adalah susu dari kucing. Anda bisa memberikan susu kucing ini untuk kelinci yang sedang hamil.

6. Sediakan Box Kotak untuk Kehamilan Kelinci

Buatkan box kotak kelinci pada tempat dimana anda memelihara kelinci tersebut. Kegunaan tempat ini nantinya adalah untuk kelinci tidur dan atau saat sudah mulai akan melahirkan. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Kelinci Betina yang Sehat)

Akan tetapi ada beberapa hal yang harus Anda waspadai ketika kelinci hamil, diantaranya yakni sebagai berikut:

  • Kelahiran umumnya terjadi dan berlangsung di pagi hari
  • Biasanya kelahiran akan berlangsung dengan cepat dan bagian kepala atau kaki yang akan keluar terlebih dahulu. Akan tetapi sebagian pada masa kelahiran tersebut dapat berlangsung sampai 1 – 2 hari sebelum semua bayi benar-benar telah terlahir.
  • Gangguan persalinan atau disebut juga dengan Distosia. Ini merupakan sebuah hal yang lazim terjadi pada kelinci. Tidak perlu membantu kelinci untuk melahirkan, cukup pastikan saja bahwa area persalinan tetap hening dan bebas dari berbagai hal yang kemungkinan bisa membuat si kelinci merasa gugup.

7. Perbanyak Memberikan Sayuran

Seperti yang sudah di sampaikan di atas bahwa kelinci yang sedang dalam masa kehamilan memerlukan asupan nutrisi yang cukup. Untuk itu selama kelinci anda sedang hamil perbanyaklah memberikan sayuran. Serta yang harus di perhatikan adalah mengurangi pemberian pakan pada kelinci dua hari sebelum masa kelahiran.

8. Memandikan dengan Air Hangat

Tetap mandikanlah kelinci dengan menggunakan air hangat, jangan menggunakan air dingin dan jangan terlalu panas. Temperatur harus benar-benar pas, dengan tujuan agar tetap membuat kelinci nyaman pada saat di mandikan. Memandikan kelinci adalah cara untuk membersihkan badan dari debu yang telah menempel, karena jika dibiarkan hal itu akan mewabah menjadi bakteri yang menyebabkan timbulnya suatu penyakit. (Baca Juga: Cara Membuat Vitamin Untuk Kelinci)

Merawat kelinci yang sedang hamil memang harus penuh dengan ketlatenan dan sabar. Demikian dari tips merawat Kelinci Hamil yang telah di sampaikan, Anda dapat mengikuti beberapa tips tersebut hingga pada akhirnya proses lahiran dapat berjalan lancar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 13:34 Oleh :
Kategori : Kelinci