Sponsors Link

10 Jenis Rumput yang Bagus untuk Kelinci

Sponsors Link

Makanan utama hewan kelinci liar di alam bebas sebenarnya adalah dari jenis tanaman rumput-tanaman rumputan, biji-bijian, sayur-sayuran, dan buah dimana jenisnya sangat banyak tersedia sehingga bisa mencukupi semua kebutuhan gizinya.

ads

Untuk hewan kelinci yang dipelihara atau diternakkan, para pemilik atau peternak hewan kelinci tentu akan susah mendapatkan banyak jenis tanaman rumput dan sayur-sayuran saat ini dari alam sehingga pakan utama hewan kelinci muncul dalam bentuk olahan konsentrat seperti pelet atau butiran dengan komposisi sedemikian rupa sehingga kebutuhan energi, protein, lemak, vitamin, dan mineral penting hewan kelinci terpenuhi. Baca juga mengenai : jenis kelinci yang aman untuk anak anak

Akan tetapi hanya mengandalkan konsentrat atau pelet sebagai makanan hewan kelinci tanpa menyelingi dengan tanaman rumput juga tidak baik. Selain mengandung beberapa protein, mineral penting seperti kalsium, dan kandungan senyawa yang menyehatkan, tanaman rumput-tanaman rumputan juga merupakan sumber pasokan serat yang penting untuk hewan kelinci. Serat yang diperoleh sayuran, dan terutama dari tanaman rumput-tanaman rumputan sangat penting untuk kesehatan hewan kelinci, antara lain menjamin kelancaran dorongan dan gerakan makanan dalam saluran pencernaan dalam tubuh. Baca juga mengenai : jenis makanan yang tidak boleh dimakan kelinci

Gangguan gerakan makanan dalam saluran pencernaan bisa menimbulkan penyakit bagi hewan kelinci. Oleh karena itu hewan kelinci yang kekurangan serat pasti akan merasa tersiksa, di antaranya bereaksi dengan memakan bulu rambutnyanya sendiri. Bulu rambut yang terlalu banyak di saluran pencernaan bisa menumpuk dan mengganggu jalannya makanan yang terkenal dengan istilah penyakit hair ball. Baca juga mengenai : manfaat mentimun untuk kelinci

Hewan kelinci yang terkena gangguan pencernaan atau hair ball akan malas makan, malas bergerak (karena sakit), dan susah buang air besar; yang jika kondisinya memburuk tanpa ditangani bisa mengakibatkan kematian. Baca juga mengenai : cara membuat vitamin untuk kelinci

Maka usahakanlah tersedia tanaman rumput untuk hewan kelinci anda, sebisanya (tentunya sebaiknya tiap hari, tapi tentu juga memperhatikan cuaca seperti misalnya tanaman rumput yang lembab malah membahayakan karena banyak bakteri berbahaya). Tanaman rumput bisa diberikan sekali sehari dengan jumlah lebih kurang sebesar tubuh hewan kelinci anda, kapan saja, terutama di malam hari dimana hewan kelinci selalu bangun, aktif, dan banyak makan. Baca juga mengenai : penyebab perut kembung pada kelinci

Untuk jenis tanaman rumput yang bisa diberikan pada hewan kelinci, kondisi, beserta lokasi dan waktu pengambilannya, untuk amannya prinsipnya adalah sebagai berikut :

  • Tanaman rumput ilalang (yang batang dan daunnya tajam dan bisa melukai kulit) tak boleh diberikan pada hewan kelinci.
  • Tanaman rumput-tanaman rumput yang disukai dan aman untuk ternak lain seperti kambing, domba juga aman untuk hewan kelinci (akan tetapi tentunya ada yang tak disukai hewan kelinci walaupun kambing suka).
  • Semakin banyak jenis tanaman rumput yang anda ambil untuk diberikan ke hewan kelinci, maka akan lebih baik. Disarankan anda minimal mengambil 3 jenis tanaman rumput yang berbeda.
  • Jangan ambil tanaman rumput yang tumbuh di sekitar kotoran atau tempat-tempat lembab seperti tempat sampah, selokan, bawah rerimbunan karena biasanya malah membahayakan karena mengandung bakteri jahat atau banyak jentik serangga. Hindari juga mengambil tanaman rumput di pinggir jalan raya yang ramai oleh kendaraan karena tanaman rumput-tanaman rumputan disana banyak terkena debu kotoran.
  • Waktu metanaman rumput juga harus diperhatikan. Jangan metanaman rumput di pagi hari karena tanaman rumput biasanya masih lembab setelah melewati malam. Metanaman rumput sebaiknya pada jam 10 ke atas, tentu syaratnya tak ada hujan sebelumnya (karena tanaman rumput bisa basah).
Sponsors Link

  • Jika terpaksa mengambil di tempat yang kebersihannya agak diragukan, tak mengapa dicuci asalkan dikeringkan setelah itu dan tidak dibiarkan lembab. Tanaman rumput yang diambil dalam kondisi lembab juga bisa dikeringkan terlebih dahulu.
  • Berikan tanaman rumput dalam keadaan layu (disarankan minimal 4 jam setelah pengambilan).

Berikut 10 Jenis Rumput yang Bagus untuk Kelinci.

1. Tanaman rumput Odot untuk Pakan Hewan kelinci

Jenis pertama adalah tanaman rumput odot. Di Amerika tanaman rumput jenis ini sangat terkenal dan sudah lama digunakan untuk makanan domba atau kambing, karena memang di dalamnya terkandung protein yang cukup baik hingga 12-14%. Sekarang tanaman rumput odot sudah banyak ditemukan di Indonesia dan banyak pula yang menanamnya.

Jika teman-teman sedang memelihara hewan kelinci, tidak ada salahnya mencoba pakan tanaman rumput odot. Karena urat daunnya halus, tekstur lembut, tidak berbulu dan tidak kasar. Selain itu pertumbuhan tanaman rumputnya juga cepat, biar mudah mencarinya kalian bisa memelihara sendiri di samping rumah.

ads

Ciri-cirinya tinggi maksimal hanya 1 meter, batangnya tetap pendek meskipun sudah besar. Lalu jarak antara ruas cuma 2 sampai 4 cm. Ada bulunya tapi halus, jadi seperti tidak berbulu. Lihat gambar di atas, biar lebih jelas.

2. Pakan Tanaman rumput Timothy untuk Hewan kelinci

Kata orang-orang tanaman rumput Timothy merupakan pakan terbaik bagi hewan kelinci dibandingkan tanaman rumput hijau lainnya. Timothy ini sejenis tanaman rumput lapangan yang di bagian atasnya terdapat ekor kucing di saat berbunga. Keunggulan dari tanaman rumput Timothy ialah berserat cukup, protein dan mineral tinggi. Sehingga tidak menimbulkan masalah pada pencernaan hewan kelinci. Selain itu teksturnya juga lembut tidak merusak sistem pencernaannya.

3. Tanaman rumput Pakan Hewan kelinci Sintrong

Jenis yang ketiga adalah tanaman rumput sintrong. Juga kerap dipakai untuk bahan makanan pokok hewan kelinci, meskipun oleh masyarakat sering dianggap pengganggu. Padahal sangat bagus buat pekan hewan kelinci.

Tanaman rumput ini tumbuh liar di wilayah terbuka bersama tanaman rumput-tanaman rumput lainnya. Namun jika kalian ingin menjadikan tanaman rumput ini sebagai pakan hewan kelinci, sebaiknya dilayukan dahulu karena di dalamnya terkandung kadar air dan getah yang tinggi. Jika tertarik, silahkan cari di daerah sawah, pekarangan, kebun atau area sekitar rumah Anda.

4. Tanaman rumput Legetan/Synedrella Nodiflora

Tanaman rumput legetan atau dalam bahasa Jawa tanaman rumput wedusan merupakan makanan kesukaan hewan kelinci. Sama seperti tanaman rumput sintrong, dia tumbuh di alam bebas seperti di kebun atau di sawah. Menurut pengalaman di sini, kalau hewan kelinci diberikan tanaman rumput ini, maka sedikit menemukan masalah pada air kencing, ginjal serta pencernaannya. Yang jelas baik untuk pembentukan pertumbuhan gigi hewan kelinci dan kesehatannya.

5. Jenis Tanaman rumput Alfalfa Makanan Hewan kelinci

Tanaman rumput Alfalfa memiliki nama latin Medicago sativa L. Maaf bukan bermaksud SARA, kalau kalian orang Islam tentu kenal dengan tanaman ini. Karena ada di Quran surat an-naba. Ya, tanaman Ini mengandung protein 18,9% dan zat alkalin yang dapat menetralkan keasaman tubuh. Tentu saja tanaman rumput paling tua di dunia ini bisa dijadikan pakan untuk hewan kelinci. Bahkan kata orang-orang bisa meningkatkan produksi susu induk hewan kelinci.

6. Jenis Tanaman rumput Bandotan/Ageratum conyzoides L

Tanaman rumput bandotan juga bisa diberikan pada hewan kelinci. Namun sebagian  hewan kelinci tidak menyukai tanaman rumput ini jika diberi terlalu banyak. Jadi kami sarankan kalian mencampurkan dengan jenis tanaman rumput lainnya, entah dengan tanaman rumput odot maupun timothy. Untuk mencarinya cukup mudah, biasanya tanaman rumput bandotan tumbuh di sekitar rumah rumah anda. Memiliki bunga yang kecil-kecil. Kalau orang dahulu memanfaatkan tanaman rumput bandotan sebagai herbal.

7. Tanaman rumput Gulma Tegalan

Tanaman rumput gulma banyak ditemukan di kebun atau pinggiran sawah. Sama seperti jenis sintrong, tanaman rumput gulma atau sering disebut tegalan ini mengandung banyak serat yang sangat bagus buat hewan kelinci. Tanpa ragu-ragu kalian bisa langsung mencari tanaman rumput jenis gulma di sekitar Anda dan diberikan pada hewan kelinci.

8. Tanaman rumput Hay atau Tanaman rumput Kering untuk hewan kelinci

Teman-teman kami menaruh tanaman rumput Hay ke daftar yang paling akhir bukan berarti jenis yang paling buruk. Tapi justru malah sebaliknya, tanaman rumput hay memiliki makna tanaman rumput kering. Jadi sebenarnya ini bukan jenis tanaman rumput seperti di atas melainkan tanaman rumput-tanaman rumput yang sudah dikeringkan.

Sponsors Link

Biasanya tanaman rumput Hay terbuat dari tanaman rumput jerami, Alfalfa atau Timothy. Tanaman rumput Hay cocok untuk semua jenis hewan kelinci baik hewan kelinci pedaging maupun hewan kelinci hias berbulu lebat. Bahkan 80% itu makanan utamanya adalah tanaman rumput Hay dan sisanya 20% makanan tambahan semisal pelet, buah dan sayur. Khasiatnya sangat banyak, yang jelas mengandung serat yang cukup bagus, bisa menyehatkan bulu hewan kelinci dan pertumbuhannya.

9. Tanaman rumput patikan kebo

10. Rumput jombang dan dandelion

Selamat beternak kelinci, semoga berhasil!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 04th, April 2019 / 20:17 Oleh :
Kategori : Kelinci