Sponsors Link

7 Perbedaan Singa dan Harimau

Singa Harimau

Singa dan harimau tergolong jenis hewan yang paling ganas, namun ada perbedaan penting di antara keduanya. Inilah yang harus anda ketahui disini, Perbedaan Singa dan Harimau yang mana mereka termasuk di antara lima kucing besar (tiga lainnya adalah jaguar, macan tutul, dan macan tutul salju) serta merupakan predator puncak. Dikatakan sebagai predator puncak karena mereka tidak memiliki predator mereka sendiri dan berada di puncak rantai makanan mereka.

Singa biasanya akan menghuni savana dan padang rumput, meskipun sebenarnya  bisa sampai ke semak dan hutan. Singa tidak biasa apabila dibandingkan dengan kucing lainnya. Untuk jenis singa jantan sangat khas dan mudah dikenali dari surainya. Singa, apalagi untuk yang jantan merupakan salah satu simbol hewan yang paling banyak dikenal dalam budaya manusia. Hal ini karena telah banyak digambarkan dalam literatur, dalam pahatan, lukisan, bendera nasional, dan bahkan film. Daftar hewan yang ada di film The Lion King.

Sedangkan harimau adalah binatang asal daratan Asia dan merupakan spesies kucing terbesar di dunia. Misalnya untuk jenis harimau bengal adalah subspesies harimau yang paling umum, merupakan sekitar 80% dari seluruh populasi harimau, dan banyak ditemukan di India, Bangladesh, Bhutan, Myanmar, dan Nepal. Bisa dikatakan bahwa ini adalah hewan nasional India. Sayangnya harimau tergolong spesies yang terancam punah, dan sebagian besar harimau dunia sekarang tinggal di penangkaran.

Baik singa ataupun harimau, keduanya adalah binatang buas dan berbahaya. Bisa menyerang siapa saja hingga bahkan manusia, terutama pada saat mereka mulai lapar. Beberapa daftar hewan terganas di hutan Amazon juga mencakup singa dan harimau tersebut. Berikut dapat anda simak Perbedaan Singa dan Harimau.

1. Perbedaan Secara Umum

  • Singa atau nama lain (Panthera leo) adalah satu dari empat kucing besar di genus Panthera dan anggota keluarga Felidae (kucing). Spesiesnya dengan beberapa pejantan yang beratnya melebihi 310 kg (550 lb). Dan bagi pemelihara kucing, berikut ada beberapa tips mengenai kucing mengeong terus tengah malam.
  • Harimau atau nama lain (Panthera tigris) adalah spesies kucing terbesar, mencapai panjang tubuh total hingga 3,38 m (11,1 kaki) di atas belokan dan beratnya sangat tinggi yakni sampai 420 kg (857 lb) di alam bebas.

2. Perbedaan Habitat

  • Singa bertempat atau hidup di padang rumput yang subur di Afrika Timur sampai pasir Gurun Kalahari, Sahara Selatan sampai Afrika Selatan, tidak termasuk hutan tropis Kongo atau hutan Gir di India. Singa justru lebih suka tinggal di hutan terbuka dan semak lebat, semak belukar, dan daerah berumput yang tinggi.
  • Harimau hidup di India ke Siberia dan Asia Tenggara. Mereka juga banyak ditemukan di padang rumput dan rawa margin. Mereka membutuhkan penutup yang cukup, serta populasi mangsa yang besar dan persediaan air yang konstan.

3. Perbedaan Mangsa Utama

  • Sedangkan Perbedaan Singa dan Harimau dari segi mangsa utamanya, bahwa raja hutan alias singa tersebut mempunyai mangsa utama mamalia berkuku menengah sampai besar, terutama gazelle thompson, zebra, rusa kutub, impala, warthog, hartebeest, waterbuck, cape buffalo, jerapah
  • Sedangkan untuk harimau, yakni hewan besar seperti rusa, kerbau dan babi hutan, tapi juga akan berburu ikan, monyet, burung, reptil dan terkadang bahkan gajah bayi sekalipun. Kadang-kadang, harimau akan membunuh macan tutul, beruang dan harimau lainnya dalam waktu tertentu.

4. Perbedaan Jenis Berburu

  • Singa betina kebanyakan berburu sepanjang malam untuk membuat mangsa lebih sulit untuk melihat mereka, akan tetapi mereka kadang-kadang akan berburu di siang hari. Mereka mempunyai tiga strategi berburu penting; yang bervariasi berdasarkan mangsanya yakni penyergapan, pemborbardiran, dan pengepungan.
  • Lain dengan singa, harimau lebih berburu sendirian di malam hari (nokturnal).

5. Perbedaan Pola Makan

  • Singa betina yang sudah dewasa membutuhkan rata-rata 11 pon daging per hari dan jantan dewasa, 15,4 pon. Kumpulan tersebut memberi makanan kepada anggota yang sakit atau terluka tetapi tidak kepada yang jantan. Untuk pejantan menggunakan ukuran tubuhnya dalam hal mengambil apa yang dia inginkan dari buruan singa betina. Adapun yang dimaksud adalah diet khas meliputi zebra, jerapah, kerbau, rusa kutub, rusa dan impala. Singa lebih bersifat oportunis dan dengan mudah mengais-ngais membunuh cheetah, macan tutul, anjing liar dan hyena. Beberapa fakta Hyena yang harus diketahuiberikut sebagai wawasan tambahan bagi Anda.
  • Harimau adalah spesies mangsa utama berupa hewan besar seperti rusa, kerbau dan babi hutan, tapi juga akan berburu ikan, monyet, burung. Cara mengatur pola makan Lovebird agar rajin bunyi.

6. Perbedaan Reproduksi

  • Singa betina akan meninggalkan kumpulannya demi mencari tempat melahirkan setelah masa kehamilan 100 – 110 hari.
  • Harimau betina akan melahirkan 2 sampai dengan 4 anak setelah masa gestasi 104 hari. Mereka akan tinggal bersama induknya sampai dua tahun sebelum meninggalkan wilayah mereka sendiri.

7. Perbedaan Kekuatan

  • Singa mempunyai kekuatan atau energi sekitar 420 x 50 = 2100.
  • Harimau mempunyai tenaga atau energi lebih besar dari singa yakni 670 x 40= 26800.

Itulah beberapa Perbedaan Singa dan Harimau yang tak banyak diketahui oleh banyak orang, semoga bermanfaat.

, , ,
Post Date: Thursday 08th, August 2019 / 19:13 Oleh :
Kategori : Hewan Liar