Sponsors Link

Cara Merawat Anak Puyuh Umur 1 Hari Agar Berkembang Dengan Baik

Sponsors Link

Tingginya minat masyarakat terhadap burung puyuh terutama dari hasil telurnya menjadikan peluang peternakan puyuh banyak dimanfaatkan oleh beberapa peternak untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Dalam proses berternak puyuh tentu kondisi perwatan anakan puyuh sebagai bibit unggul yang dapat menghasilkan telur puyuh banyak haruslah mendapatkan perawatan yang benar termasuk pada saat awal kehidupannya atau ketika berumur 1 hari. Berikut ini beberapa cara merawat anak puyuh umut 1 hari yang perlu diperhatikan dan dapat dilakukan dengan baik oleh para peternak terutama yang masih pemula dalam penjelasan dibawah ini.

ads
  1. Pembuatan kandang atau box khusus

Sebelum puyuh menetas maka sebaiknya peternak burung puyuh harus sudah memiliki kandung atau box khusus yang kehangatannya dapat diatur dan dikontrol. Box dapat dibuat dari kayu dan triples serta bentuknya harus mampu mempertahankan suhu yang terdapat di dalam box agar selalu stabil. Sehari sebelum box digunakan maka harus sudah dikontrol dan dipastikan suhunya dapat terjaga dengan baik untuk membantu menghangatkan anakan burung puyuh tersebut. (Baca juga : cara memelihara burung puyuh)

  1. Penghangatan box khusus 

Cara merawat anak puyuh umur 1 hari yang terpenting adalah selalu menjaga dan memperhatikan suhu di dalam box selalu dalam kondisi yang hangat. Kehangatan suhu di dalam box berkisar antara suhu 36 – 38 derajat celcius. Untuk mendapatkan kehangatan tersebut dapat dibantu dengan lampu. Untuk memastikan suhu dalam rentang yang diinginkan maka dapat dibantu mengunakan termometer baik raksa maupun digital. Box yang dibuat secara benar pasti dapat mempertahankan suhu dengan baik. (Baca juga : cara memelihara burung puyuh di rumah)

  1. Larutan untuk anakan burung puyuh

Campuran antaran air dan gula pasir dan jawa yang terlarut ditambahkan dan diletakkan di dalam kandang setiap pagi hari. Pada sore hari pemberian larutan berbeda dengan hanya memberikan air dan vitamin pertumbuhan tanpa tambahan gula di dalamnya. Penempatan air minum tersebut perlu diperhatikan dan jangan diletakan di dekat lampu sebagai pengatur suhu di dalam kandang. (Baca juga : cara budidaya burung puyuh skala kecil)

  1. Pemberian makanan anak burung puyuh umur 1 hari

Hal yang perlu diperhatikan juga dalam cara merawat anak puyuh umur 1 hari adalah pemberian pakannya yang harus tepat baik cara dan juga jenis pakan yang diberikan mengingat usia 1 hari burung puyuh belum dapat mencerna makanan dengan baik. Makanan yang diberikan dapat berupa pelet yang digiling hingga lembut dan dapat disebarkan pada lantai kandang. Pemberian pakan burung untuk anakan buruk puyuh yang masih berumur 1 hari tersebut harus dilakukan dengan perlahan dalam waktu yang sering untuk menghindari penumpukan makanan di dalam kandang yang dapat membuat kotor kandang. (Baca juga : cara beternak puyuh petelur untuk pemula)

  1. Selalu perhatikan suhu kandang agar tidak dingin

Pada usia awal atau tepatnya 1 – 4 hari pasca menetas merupakan saat dimana burung puyuh anakan tersebut berada dalam kondisi yang paling kritis dengan resiko kematian burung yang tinggi. Salah satu penyebab tingginya resiko kematian tersebut adalah karena suhu ruangan yang tidak hangat dan terkesan berasa dingin. Untuk menghindari kematian buruh puyuh maka pemilik burung harus selalu memastikan bahawa suhu didalam kandan tersebut tetap hangat. (Baca juga : cara sukses ternak puyuh petelur)

Itulah beberapa hal yang banyak dipertahankan dan digunakan sebagai cara merawat anak puyuh umumr 1 hari dalam penjelasan diatas beserta dengan contohnya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 26th, November 2018 / 00:19 Oleh :
Kategori : Kucing