Sponsors Link

12 Cara Merawat Ikan Arwana Kecil

Sponsors Link

Ikan peliharaan arwana, termasuk salah satu jenis ikan peliharaan hias yang sangat diminati oleh banyak  peternak, Meski harga ikan peliharaan arwana tergolong mahal, tetapi tak sedikit  peternak yang senang merawatnya.

ads

Fisiknya yang elegan, dan terkesan ikan peliharaan yang mewah jika dipandang, semakin membuat ikan peliharaan ini menjadi primadona, dan banyak  peternak ingin merawatnya. Satu hal yang menjadi ciri khas keindahan ikan peliharaan arwana kecil adalah sisiknya yang besar dan mengkilat, membuat ikan peliharaan arwana tampak cantik.

Banyak  peternak yang ingin memulai merawat ikan peliharaan arwana kecil, tetapi mengalami kegagalan sebelum ikan peliharaan arwana kecil mulai dewasa dan tak sempat menampilkan keindahannya. Berikut 12 Cara Merawat Ikan Arwana Kecil agar dapat bertahan hidup dan sehat hingga dewasa.

1. Ukuran aquarium

Bagi sobat yang berminat merawat ikan peliharaan arwana kecil dari anakan hingga dewasa, maka persiapkan aquarium yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran ikan peliharaan arwana. Ukuran ikan peliharaan arwana dewasa bisa mencapai 1 meter, oleh sebab itu sebaiknya aquarium yang akan sobat jadikan tempat merawat ikan peliharaan arwana kecil memiliki ukuran minimal panjang 1,5 meter, lebarnya 75 cm, dan tingginya 60 cm. (Baca juga mengenai cara menghilangkan jamur pada mata ikan arwana)

Jika ukuran aquariumnya kecil, saat ikan peliharaan arwana kecil mulai dewasa, sobat harus repot repot memindahkannya ke aquarium lain yang lebih besar. Selain itu, ikan peliharaan arwana kecil akan lebih leluasa dan pertumbuhannya akan lebih baik jika memiliki tempat yang luas. Dan tentunya ikan peliharaan arwana kecil di dalam aquarium yang luas akan menambah keindahan saat dilihat. (Baca juga mengenai cara menghilangkan kutu jarum pada ikan arwana)

2. Air aquarium

Isilah aquarium tersebut dengan air yang bersih, jernih dan sebaiknya diendapkan terlebih dahulu paling tidak satu hari sebelumnya. (Baca juga mengenai cara mengatasi ikan arwana kurang nafsu makan)

3. Hiasan dalam aquarium

Sebaiknya aquarium dibiarkan tanpa hiasan hiasan di dalamnya, agar ikan peliharaan arwana kecil lebih leluasa, Cukup lengkapi aquarium dengan pompa atau Aerator dan saringan untuk sirkulasi air dan pemberian oksigen. (Baca juga mengenai cara merawat ikan arwana silver)

4. Memilih anakan ikan peliharaan arwana kecil

Tentunya pilihlah anakan ikan peliharaan arwana kecil yang sehat, lincah dan yang memiliki ukuran cukup besar, biasanya yang umum dijual dipasaran ukuran 10 sd 12 cm. Selain itu, sebelum membeli ikan peliharaan arwana kecil sobat bisa mencoba memberi pakan ikan peliharaan tersebut. Ikan peliharaan arwana kecil yang sehat akan dengan gesit mengejar dan melahap pakanan yang diberikan. (Baca juga mengenai cara memelihara ikan arwana di akuarium)

5. Pilih jens ikan arwana

Ada beberapa pilihan jenis ikan peliharaan arwana kecil, dari yang harganya mahal sampai yang lebih murah. Ikan peliharaan arwana kecil yang terbaik memang ikan peliharaan arwana kecil jenis Super Red atau Golden red. Tetapi untuk

Sponsors Link

sobat yang baru pertama kali ingin mencoba merawat ikan peliharaan arwana kecil, dapat memilih ikan peliharaan arwana kecil yang lebih murah seperti ikan peliharaan arwana kecil jenis arwana kecil Pino (green arwana kecil) atau arwana kecil brazil (Silver).

6. Memasukkan ikan peliharaan arwana kecil ke dalam aquarium

Setelah sobat membeli ikan peliharaan arwana kecil, hal yang harus diperhat ikan peliharaan adalah bagaimana caranya memasukkan ikan peliharaan arwana kecil tersebut ke dalam aquarium sobat di rumah. Ikan peliharaan arwana kecil yang baru sobat beli tentunya dibungkus dalam kantong plastik yang berisi air.

Air yang di dalam kantong plastik tersebut adalah habitat ikan peliharaan arwana kecil sebelumnya, air tersebut hindari dibuang. Perkenalkan terlebih dahulu ikan peliharaan arwana kecil tersebut dengan habitatnya yang baru, air di dalam aquarium di rumah sobat merupakan tempat tinggal baru bagi ikan peliharaan arwana kecil tersebut. Caranya :

ads
  • Buka kantong plastik yang berisi ikan peliharaan arwana kecil yang baru sobat beli.
  • Selanjutnya ambil air dari aquarium sobat, dan masukkan ke dalam kantong plastik tersebut.
  • Jumlah air yang dimasukkan adalah sebanyak air yang ada di dalam kantong plastik, atau sebanyak mungkin selama kantong plastik tersebut masih muat diisi, dan dapat diikat kembali.
  • Sehingga air yang ada di dalam kantong plastik akan bercampur dengan air yang berasal dari aquarium di rumah sobat.
  • Ikan peliharaan arwana kecil yang ada dalam kantong plastik tersebut akan mulai beradaptasi dengan air yang baru.
  • Ikat kembali kantong plastik tersebut, dan biarkan ikan peliharaan arwana kecil tetap berada dalam kantong plastik tersebut selama kurang lebih 2 jam.
  • Selanjutnya perlahan buka kantong plastik dan masukkan ikan peliharaan arwana kecil tersebut ke dalam aquarium di rumah sobat, bersama dengan seluruh air yang ada di dalam kantong plastik tersebut.

7. Tutup aquarium

Setelah ikan peliharaan arwana kecil berada di dalam aquarium baru, ikan peliharaan arwana kecil akan merasa tempat itu adalah tempat baru baginya sehingga ikan peliharaan arwana kecil tersebut masih mudah terkejut dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Maka sebaiknya, tutup sebagian dinding aquarium sobat dengan kertas untuk tempat ikan peliharaan arwana kecil tersebut bersembunyi,

dan sesekali ikan peliharaan arwana kecil tersebut akan keluar dari bagian aquarium yang tertutup untuk mengenali lingkungan di luar aquarium. Pastikan juga bagian atas dari aquarium tersebut di beri penutup untuk menghindari ikan peliharaan arwana kecil melompat keluar (hindari lupa, penutup bagian atas aquarium harus diberi sela atau lubang untuk masuk oksigen).

8. Menempatkan aquarium

Sebaiknya, untuk beberapa hari pertama hindari letakkan aquarium di tempat yang sering dilewati  peternak. Pastikan suasana di sekitar aquarium tersebut tenang dan aman dari segala macam jenis gangguan yang dapat membuat ikan peliharaan arwana kecil sobat terkejut. Biasanya perlu beberapa hari untuk ikan peliharaan arwana kecil menyesuaikan diri, baik terhadap lingkungan di dalam aquarium maupun lingkungan sekitarnya.

Kurang lebih 1 minggu, atau jika sobat sudah sering melihat ikan peliharaan arwana kecil tersebut keluar dari tempat yang tertutup kertas, maka sobat sudah bisa membuka kertas yang menutup dinding aquarium sehingga aquarium tersebut terbuka sepenuhnya.

Dan tetap perhatikan bagaimana reaksi ikan peliharaan arwana kecil tersebut saat ada  peternak yang melihat atau mendekati aquarium, jika ikan peliharaan arwana kecil masih terlihat penakut dan mudah terkejut, tutup kembali sebagian dinding aquarium sampai sobat yakin bahwa ikan peliharaan arwana kecil sobat sudah terbiasa dengan lingkungan sekitarnya.

9. Memberi pakan ikan peliharaan arwana kecil

Beri pakan ikan peliharaan arwana kecil setelah satu hari berada di tempatnya yang baru. Selanjutnya sobat dapat memberi pakan ikan peliharaan arwana kecil tersebut 2 kali sehari (pagi dan sore), dan beri pakan secukupnya saja. Biasanya untuk ikan peliharaan arwana kecil anakan, cukup beri pakan 1 sd 2 ekor jangkrik setiap memberi pakan. Porsi pakan ikan peliharaan arwana kecil dapat sobat sesuaikan dengan kondisi ikan peliharaan arwana kecil tersebut, tambahkan porsi pakan seiring dengan pertumbuhannya.

10. Menu pakan ikan peliharaan arwana kecil

Untuk permulaan, cukup dengan memberi pakan jangkrik, selanjutnya seiring dengan pertumbuhan ikan peliharaan arwana kecil dapat diberi pakan dengan menu lain, seperti lipan, cicak, kecoa, dsb. Sesekali ikan peliharaan arwana kecil memang perlu diberi pakan lipan untuk memperindah sisiknya, tetapi hindari terlalu sering memberi pakan dengan lipan sebab dikhawatirkan ikan peliharaan arwana kecil terbiasa dengan lipan dan tidak mau lagi menu pakanan yang lain.

Sponsors Link

11. Kebersihan air dalam aquarium

Bersihkan kotoran yang ada di dalam aquarium setiap hari, lakukan semuanya secara perlahan dan hati hati, hindari sampai membuat gerakan yang dapat mengejutkan ikan peliharaan arwana kecil tersebut.Sobat dapat menggunakan penyedot atau jaring untuk membersihkan kotoran di dalam aquarium.

12. Penggantian air

Penggantian air aquarium perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan pertumbuhan ikan peliharaan arwana kecil. Tetapi hindari pernah mengosongkan air dalam aquarium dan menggantinya dengan air baru.

  • 1 minggu sekali, buang air dari dalam aquarium sebanyak 20 persen dan masukkan air yang baru.
  • 1 bulan sekali, buang air dari dalam aquarium sebanyak 50 persen dan masukkan air yang baru.
  • Gantilah air aquarium dengan air yang bersih, jernih dan sebaiknya diendapkan terlebih dahulu selama satu hari.
  • Untuk selanjutnya, seiring dengan perkembangan ikan peliharaan arwana kecil penggantian air dapat dilakukan seminggu sekali dengan jumlah air yang lebih banyak.
  • Hal yang perlu diingat adalah saat mengganti air, air yang kita sisakan di dalam aquarium masih cukup untuk ikan peliharaan arwana kecil tersebut berenang.

Nah sobat, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Saturday 10th, November 2018 / 05:33 Oleh :
Kategori : Ikan