Sponsors Link

10 Fungsi Kandang Bagi Ternak

Kandang hewan ternak adalah tempat yang digunakan untuk memelihara hewan ternak, tempat itu dapat berupa wadah, bangunan atau area tergantung pada jenis hewan yang akan diternakkan.
Tergantung pada jenis hewan maksunya tentang ukuran dan habitat hidup dari hewan ternak tersebut, misalnya untuk tempat pemeliharaan sapi yang layak adalah bangunan kandang hewan ternak begitu juga dengan ayam dan kelinci, contoh lainnya kandang hewan ternak kenari dibuat hanya berupa wadah yang disebut dengn sangkar, karena kenari merupakan hewan yang tergolong dalam ternak hias.

Budidaya hewan kecil seperti ulat, perkutut, jankrik biasa disebut sarang dan hanya berupa wadah kecil saja. Untuk kandang hewan ternak berupa area contohnya ikan dan udang, ikan disini seperti lele, mujair, nila, kakap, gurame dan lain-lain maka kandang hewan ternak yang dibutuhkan untuk hewan ini adalah berupa area kolam. Baca juga mengenai : cara mengatasi suara kucing yang hilang

Wadah pemeliharaan ternak sapi biasanya beratap dan layak disebut bangunan kandang hewan ternak sapi, ukuran disesuaikan dengan jumlah sapi yang akan dipelihara, Normanya 1 ekor sapi minimal membutuhkan ukuran kandang hewan ternak 1,5 meter x 2m, nah jadi bila kita memelihara sapi tersebut berjumlah sepuluh kita akan membutuhkan area 30 meter persegi (minimal). Baca juga mengenai : cara mudah ternak ayam batik

Kelinci dan hamster dan kacer memang ternak berbadan kecil, namun kandang hewan ternak yang biasa dibuat untuk kelinci adalah berupa sangkar bila dalam jumlah kecil dan berupa bangunan untuk populasi besar. Kambing serta domba selayaknya dibudidayakan dalam bangunan kandang hewan ternak. Baca juga mengenai : jenis ikan louhan

Kandang hewan ternak merupakan salah satu kebutuhan penting dalam usaha peternakan. Kandang hewan ternak adalah struktur atau bangunan di mana hewan ternak dipelihara. Fungsi utama kandang hewan ternak adalah untuk menjaga supaya ternak tidak berkeliaran dan memudahkan pemantauan serta perawatan ternak. Baca juga mengenai : jenis vaksin untuk burung puyuh

Terdapat banyak sekali jenis kandang hewan ternak, baik berdasarkan tipe maupun bahan yang digunakan untuk membuat kandang hewan ternak tersebut, sedangkan penggunaannya disesuaikan dengan kebutuhan. secara tidak langsung kandang hewan ternak juga mempengaruhi kualitas dan kuantitas hasil peternakan. Kandang hewan ternak yang fungsional akan menambah pendapatan bagi para pemiliknya. Kali ini saya akan membahas tentang 10 Fungsi Kandang Bagi Ternak.

1. Menjaga keamanan ternak dari pencurian

Jika memiliki hewan ternak, tentu akan lebih baik jika memiliki tempat khusus, tanpa kandang hewan ternak, hewan ternak akan dibiarkan begitu saja sehingga mudah berkeliaran dan akibatnya mudah dicuri oleh orang lain. Baca juga mengenai : cara mengobati bisul pada kucing

2. Meningkatkan efisiensi penggunaan tenaga kerja

Hewan ternak dalam keseharian tentu membutuhkan makan, istirahat, dan tempat untuk berkawin serta berkembang biak. Bayangkan jika harus memberi makan ternak di tempat yang tidak memiliki batasan atau tidak seperti area kandang hewan ternak, pasti akan merepotkan dan bisa saja makanan tersebut tidak dimakan hewan ternak yang dipelihara namun dimakan hewan lain di sekitarnya.

3. Melindungi ternak dari perubahan cuaca atau iklim yang ekstrim (panas, hujan dan angin)

Tak mungkin membiarkan hewan ternak kepanasan, kedinginan, atau berada tanpa tempat seperti hewan liar. Hal itu akan mempengaruhi kemampuannya dalam berkembang biak dan rasa kenyamanan pribadinya, dengan kandang hewan ternak, hewan ternak tidak akan kehujanan ketika sedang hujan, tidak akan kepanasan ketika cuaca panas, dsb sehingga hewan ternak selalu sehat dan terlindungi.

4. Mencegah dan melindungi ternak dari penyakit

Ada banyak penyakit hewan yang ada di luar sana, misalnya jika anda memelihara ayam, di luar mungkin ada banyak ayam liar dan belum tentu semuanya sehat. Jika dibiarkan begitu saja, bisa jadi ayam yang anda pelihara atau hewan ternak lainnya akan mudah terkena penyakit karena sering terpapar kuman dari luar.

5. Memudahkan pengelolaan ternak dalam proses produksi seperti pemberian pakan, minum, pengelolaaan kotoran/ limbah dan perkawinan

Jelas ya, hewan ternak tentu memiliki kotoran atau sisa makanan, jika dibiarkan di lingkungan bebas akan susah untuk dibersihkan, mengganggu pemandangan, dan juga bisa mengotori lingkungan, sebab itu dengan memiliki kandang hewan ternak maka akan memudahkan dalam penyimpanan limbah kotoran juga bisa menjadi tempat untuk berkawin hewan ternak.

6. Melindungi dari predator

Di alam, hewan akan saling memakan sesuai rantai makanan, siapa yang lemah maka akan dimakan yang lebih kuat. Misalnya jika anda memelihara ayam dan dibiarkan berkeliaran tanpa kandang hewan ternak, bisa jadi ayam anda akan dimakan oleh musang atau anjing, jadi dengan kandang hewan ternak akan aman ya.

7. Membiasakan hewan menurut pada majikan

Nah, hal ini misalnya berlaku pada hewan anjing. Anjing yang ada di alam liar tentu agresif dan sulit untuk menurut pada manusia. Anjing yang ditempatkan dalam kandang, tentu kandang yang luas dan nyaman sesuai ukuran tubuh dan kebutuhannya, maka membuat anjing itu mengerti bahwa ia kini dipelihara manusia dan harus bersikap baik serta menurut pada majikannya.

8. Menjaga hewan yang masih anakan

Hewan yang masih anakan seperti anak kucing jika ada di lingkungan luar tentu akan sangat bahaya, dengan kandang, anakan hewan akan selalu aman dan bisa dekat dengan induknya sehingga bisa tumbuh kembang dengan baik.

9. Tempat adaptasi

Yakni tempat untuk menyesuaikan diri, misalnya anda mengambil burung dari alam dan memeliharanya, maka menempatkannya di kandang dapat menjadi area nyaman untuk proses adaptasinyanya dari hewan liar menjadi hewan peliharaan.

10. Memudahkan peranakan

Jika hewan berkawin di luar tanpa kandang bisa saja hewan ternak akan berlarian kemana mana, dengan kandang, amaka proses kawin dan beranak bisa dilakukan di satu tempat dan mudah dikontrol pemilik.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kandang hewan ternak adalah sebagai berikut:

  • Kandang hewan ternak hendaknya dibuat dari bahan yang murah tetapi kuat, serta mudah didapatkan dari daerah sekitar.
  • Tidak banyak dilewati lalu lintas umum
  • Kandang hewan ternak mudah dibersihkan.
  • Kandang hewan ternak terletak jauh dari tempat tinggal.
  • Pertukaran udara di dalam kandang hewan ternak dapat berlangsung dengan baik.
  • Sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang hewan ternak.
  • Lingkungan kandang hewan ternak bersih dan kering.

Pemilihan lokasi kandang hewan ternak. Pertimbangan yang harus dilakukan dalam memilih lokasi antara lain adalah :

  • Ketersediaan sumber  air untuk minum, memandikan dan membersihkan kandang hewan ternak,
  • Dekat dengan sumber pakan
  • Kemudahan akses transportasi untuk penyediaan pakan dan pemasaran, 
  • Tersedia areal untuk perluasan jika dibutuhkan,
  • Lokasi lebih tinggi dari sekelilingnya sehingga memudahkan untuk pembuangan limbah dan menghindari genangan air pada waktu hujan, 
  • Jarak kandang hewan ternak dengan bangunan umum dan perumahan minimal 10 m, 
  • Tidak mengganggu kesehatan lingkungan,
  • Relatif jauh dari jalan umum.
  • Limbah ternak dapat tersalur dengan baik. 

Selamat menjalankan ternak yang sukses dengan kandang yang tepat dan terbaik!

, , , , ,
Post Date: Thursday 04th, April 2019 / 19:59 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak