Sponsors Link

13 Jenis Makanan yang Membahayakan Anjing

Hewan anjing peliharaan merupakan hewan peliharaan paling populer di dunia. Penelitian menunjukkan 33% peliharaan keluarga ialah hewan anjing peliharaan. Bahkan penelitian ini menunjukkan bahwa 90% responden menganggap hewan anjing peliharaan merupakan bagian dari keluarga.

Hewan anjing peliharaan memang terkenal sebagai hewan yang setia dan loyal. Tak heran mereka dibiarkan tidur satu atap dengan manusia. Bahkan beberapa pemilik hewan anjing peliharaan membiarkan peliharaannya makan bersamanya.

Saking sayang dengan hewan anjing peliharaan, banyak orang memberikan makanan apa pun untuk hewan mamalia ini. Bahkan makanan untuk manusia juga diberikan pada hewan anjing peliharaan. Namun perlu diketahui, tidak semua makanan manusia boleh dikonsumsi hewan anjing peliharaan lho. Berikut 13 Jenis Makanan yang Membahayakan Anjing.

1. Cokelat

Cokelat memang makanan yang manis dan lezat bagi manusia. Namun untuk hewan anjing peliharaan, makanan ini bisa jadi racun. Cokelat dapat menyebabkan hewan anjing peliharaan muntah, mengalami diare, dan menjadi terlalu haus. Yang lebih ekstrem dapat menyebabkan irama jantung tidak normal, kejang, tremor, atau kematian pada hewan anjing peliharaan. (Baca juga mengenai manfaat grooming pada anjing )

Hewan anjing peliharaan dilarang makan cokelat, mungkin kamu pernah mendengar hal ini. Cokelat mengandung theobromine yang sifatnya setara dengan kafein. Zat theobromine tersebut sangat berbahaya untuk hewan kesayanganmu. Mengonsumsi cokelat bisa menyebabkan gangguan pada jantung, syaraf, dan ginjalnya. Akibatnya, hewan anjing peliharaanmu bisa keracunan hingga berujung kematian! (Baca juga mengenai tanda tanda anjing sudah tua )

2. Daging babi dan daging berlemak

Makanan berlemak tinggi seperti bacon, ham, atau potongan daging dapat menyebabkan radang pada kelenjar pankreas hewan anjing peliharaan. Daging juga memiliki kandungan garam tinggi. Tak jarang daging berlemak bisa menyebabkan sakit perut, haus ekstrem sehingga hewan anjing peliharaan terlalu banyak minum lalu kembung. (Baca juga mengenai penyebab anjing tidak mau menggonggong )

3. Garam

Garam dapat menyebabkan keracunan ion natrium pada hewan anjing peliharaan. Garam juga meningkatkan rasa haus atau buang air kecil yang berlebihan pada hewan anjing peliharaan. Jangan beri garam ke dalam makanannya, apalagi makanan yang dicampur lauk dan nasi. Makanan ringan asin pun sebaiknya tidak kamu suguhkan.  (Baca juga mengenai jenis penyakit anjing di musim hujan )

Garam dalam tubuh hewan anjing peliharaan dapat menyebabkan rasa haus dan kencing yang berlebihan. Tak hanya itu, keracunan ion natrium juga amat membahayakan. Akibatnya, kesayanganmu tersebut bisa muntah muntah, diare, kejang hingga berujung kematian.  (Baca juga mengenai manfaat steril pada anjing betina )

4. Bawang dan jagung

Bawang ternyata sangat berbahaya bagi hewan anjing peliharaan. Makanan satu ini dapat menghancurkan sel darah merah hewan anjing peliharaan, yang menyebabkan anemia. Selain memberikan dog food, beberapa pemilik hewan anjing peliharaan memberi makan peliharaannya berupa nasi dan lauk pauk yang menggugah selera makan.

Tapi ingat, jangan sampai menambahkan bawang ke dalam makanannya! Hewan anjing peliharaan yang mengonsumsi bawang akan terkena gangguan pencernaan, kerusakan sel darah merah, hingga menyebabkan anemia. 

Siapa bilang jagung boleh diberikan pada hewan anjing peliharaan? Jagung yang masih utuh ataupun jagung manis bisa menimbulkan sakit. Meski hanya mengonsumsi kurang dari lima biji jagung, tapi tubuh hewan anjing peliharaan sudah bisa merasakan dampaknya. Jagung bisa menyebabkan hewan anjing peliharaan sering buang angin dan menghambat saluran pencernaan. Hal tersebut tentu akan sangat menyakitkan baginya. 

5. Produk dari susu sapi

Produk dari susu sapi seperti sus segar dan keju ternyata buruk bagi hewan anjing peliharaan. Hewan mamalia ini tidak cukup enzim untuk memecah gula susu, dan banyak hewan anjing peliharaan yang tidak toleran laktosa. Susu dapat menyebabkan hewan anjing peliharaan muntah, mengalami diare, atau terserang penyakit gastrointestinal.

6. Telur, ikan, dan daging mentah

Makanan mentah juga kurang baik untuk hewan anjing peliharaan. Kita tidak pernah tahu apa yang ada di dalam makanan mentah tersebut. Padahal kandungan bakteri mematikan sangat banyak.

7. Permen, selai kacang, dan makanan yang dipanggang

Permen mengandung xylitol. Zat inilah yang menyebabkan insulin di tubuh hewan anjing peliharaan melonjak. Gejalanya yakni lesu, muntah, kehilangan koordinasi, kejang, dan akhirnya kematian.

8. Anggur dan kismis

Anggur dan kismis merupakan makanan yang sekilas lezat dan segar. Ternyata makanan ini dapat menyebabkan gagal ginjal pada hewan anjing peliharaan lho. Buah buahan juga perlu dikonsumsi hewan anjing peliharaan, apalagi saat cuaca yang begitu panas. Namun, perhatikan jenis buah yang baik dan buruk bagi hewan anjing peliharaan. Gagal ginjal tiba tiba bisa terjadi pada hewan anjing peliharaan jika mereka menyantap anggur atau kismis.

9. Permen dan xylitol

Makanan manis tidak hanya buruk bagi manusia, juga buruk bagi hewan anjing peliharaan. Gula dapat meningkatkan obesitas dan masalah gigi pada hewan anjing peliharaan. Bahan xyltol juga banyak digunakan sebagai pemanis dalam berbagai produk makanan.

Seperti permen, permen karet, hingga pasta gigi. Jika seekor hewan anjing peliharaan mengonsumsi xylitol, maka yang akan terjadi adalah kerusakan hati, gula darah rendah, lesu, kejang, hingga kematian. Ngeri!

10. Alpukat

Alpukat mengandung zat persin. Zat ini tidak berbahaya bagi manusia, namun dalam skala besar dapat mematikan bagi hewan anjing peliharaan. Pasalnya zat ini mendorong penyempitan pembuluh darah. Alpukat mengandung zat bernama persin.

Jangan dianggap remeh! Zat tersebut bisa sangat menyiksa tubuh hewan anjing peliharaan kesayanganmu. Dia bisa terkena diare dan muntah muntah. Hal ini akan menyebabkan tubuhnya jadi lemas, ekor mengarah turun, dan tidak nafsu makan.

11. Alkohol

Manusia saja diimbau untuk tidak mengonsumsi alkohol, terutama di negara tropis dengan cuaca panas. Alkohol tidak hanya berbahaya bagi manusia, tapi juga berakibat fatal pada hewan, termasuk hewan anjing peliharaan. Sejumlah hal mengerikan bisa terjadi jika hewan anjing peliharaan mengonsumsi alkohol. Muntah, diare, gemetar, kesulitan bernafas, keracunan, koma, hingga berujung kematian.

12. Tulang rebus

Hewan anjing peliharaan memang identik dengan tulang. Tapi tahukah kamu kalau tulang yang telah direbus sebaiknya tidak diberikan kepadanya? Tulang yang telah direbus bisa saja menjadi serpih dan dapat merobek organ dalamnya. Tak hanya itu, potensi tersangkut di dalam usus besar dan menyebabkan sembelit juga sangat besar. Duh!

13. Kafein

Sama halnya dengan cokelat, dampak yang ditimbulkan bisa sangat berbahaya jika hewan anjing peliharaan mengonsumsi kafein, karena bisa menyebabkan keracunan. Selain itu juga berpotensi terjadi gangguan pada syaraf, jantung, muntah, dan diare. Para pencinta hewan anjing peliharaan, sebaiknya jauhkan kopimu dari kesayanganmu ya!

Gak mau, kan peliharaan kesayanganmu kenapa kenapa? Kalau begitu, sebaiknya perhatikan makanan baik dan bahaya untuknya. Kalau ada yang tidak sengaja termakan, sebaiknya segera hubungi dokter hewan terdekat ya! Demikian yang dapat penulis sampaikan, terima kasih. Salam hangat.

, , , , ,
Post Date: Thursday 07th, February 2019 / 05:41 Oleh :
Kategori : Anjing