Sponsors Link

5 Manfaat Vitamin C Untuk Kucing

Sponsors Link

Seperti manusia kucing ternyata juga membutuhkan asupan nutrisi yang cukup sehingga berbagai proses di dalam tubuhnya berjalan dengan baik. Diantara nutrisi yang diperlukan kucing adalah protein, lemak, karbohidrat, air, serta vitamin dan mineral.

ads

Oleh karena itu penting sekali bagi pemilik kucing untuk memperhatikan asupan makanan kucing peliharaannya. Jangan sembarangan memberi makan asal kucing kenyang sementara nutrisinya tidak diperhatikan sehingga pertumbuhan kucing kurang baik bahkan cenderung mudah jatuh sakit.

Salah satu vitamin yang diperlukan oleh tubuh kucing adalah vitamin C. Vitamin ini sebenarnya dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kucing sehingga tidak perlu diberi asupan tambahan.

Meskipun demikian saat kucing sedang sakit dan pertahanan tubuhnya melemah tentu ia membutuhkan lebih banyak asupan vitamin sehingga anda perlu memberinya asupan vitamin C tambahan. Lalu apa pentingnya vitamin C bagi kucing? Berikut 5 manfaat vitamin C untuk kucing peliharaan anda:

1. Mengatasi infeksi pada kucing

Saat kucing anda mengalami infeksi maka pemberian vitamin C merupakan langkah yang tepat karena dapat membantu mengatasi masalah ini. Infeksi yang tidak kunjung sembuh tentu tidak baik bagi kesehatan dan pertumbuhan kucing sehingga harus segera ditangani.

2. Baik untuk pertumbuhan dan metabolisme kucing

Vitamin C bersama vitamin lainnya diperlukan oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan metabolisme kucing sehingga ia tumbuh sehat dan bebagai proses dalam tubuhnya berjalan dengan lancar.

Baca juga: proses pertumbuhan pada kucing

3. Membantu proses penyembuhan dari berbagai penyakit

Jika kucing peliharaan anda telah lama menderita penyakit tertentu dan belum kunjung sembuh maka tidak ada salahnya untuk mencoba memberinya asupan vitamin C tambahan. Vitamin ini dikenal dapat membantu proses penyembuhan beberapa jenis penyakit pada kucing.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh kucing

Manfaat vitamin C untuk kucing yang tidak kalah penting adalah dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuhnya sehingga kucing tidak mudah jatuh sakit. Karena seperti diketahui virus dan bakteri ada di sekitar kita yang siap menyerang kapan saja sehingga penting sekali untuk memelihara kekebalan tubuh kucing. Tentu lebih baik mencegah daripada mengobati.

5. Mencegah scorbut atau radang gusi

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan berbagai penyakit salah satunya scorbut atau radang gusi. Penyakit ini tidak hanya dapat menimpa manusia namun juga kucing.

Jika terkena penyakit ini maka kucing anda akan mengalami gejala berupa gusi berdarah dan rasa nyeri pada tulang ketika dipegang. Oleh karena itu sebaiknya cukupkan asupan viatamin C untuk kucing anda agar ia terhindar dari penyakit ini.

Baca juga: cara mengatasi gusi bengkak pada kucing

Lalu dalam bentuk apa vitamin C dapat diberikan pada kucing? Anda tidak perlu khawatir karena kini telah banyak dijual suplemen khusus kucing yang dapat membantu mencukupkan kebutuhan gizinya.

Diantaranya ada Nutri+gen, FaVor, Kitzyme, The Missing Link, Purina, Dinovite, dan masih banyak lagi produk lainnya. Meskipun sangat baik untuk mendukung kesehatan kucing namun anda tidak boleh memberinya vitamin secara berlebihan karena khawatir akan berdampak buruk baginya.

Demikianlah 5 manfaat vitamin C untuk kucing yang ternyata sangat penting dalam mendukung kesehatannya. Oleh karena itu sebagai pemilik anda perlu memperhatikan kesehatan kucing peliharaan anda dan kebutuhan nutrisinya sehingga ia dapat tumbuh sehat dan bahagia. Mari sayangi hewan peliharaan kita.

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Sunday 19th, August 2018 / 06:16 Oleh :
Kategori : Kucing