Sponsors Link

Penyebab Ikan Bawal Mati Mendadak Dan Cara Mencegahnya

Ikan bawal adalah jenis ikan air tawar keluarga bramidae. Ikan yang ternyata berasal dari hawaii dan beberapa daerah di Indonesia tersebut merupakan ikan yang berkoloni dan hidup sebagai predator. Ikan bawal yang dikenal memiliki rasa gurih merupakan salah satu diantaranya beberapa jenis ikan yang banyak dikonsumsi di masyarakat sehingga kebutuhannya cukup tinggi yang dapat dipenuhi melalui banyaknya pembudidaya ikan. Salah satu bentuk permasalahan budidya ikan bawal yang paling tidak diinginkan terjadi adalah kondisi ikan yang mati secara mendadak. Berikut penjelasan mengenai penyebab ikan bawah mati mendadak dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegahnya dalam ulasan di bawah ini. (Baca juga : cara pemberian pakan pada ikan bawal)

Penyebab Ikan Bawal Mati Mendadak

Kondisi ikan dalam budidaya yang mati mendadak merupakan keadaan yang akan merugikan bagi para peternak ikan sehingga perlu untuk dicegah dan diperhatikan dengan baik. Sebelum mencegahnya, maka pemahaman terhadapa penyebab dari ikan bawal yang mati mendadak perlu diperhatikan dengan baik diantaranya seperti :

  • Penyakit, penyebab pertama yang dapat menjadikan hampir setiap ikan mati mendadak adalah karena munculnya penyakit pada ikan budidaya termasuk ikan bawal. Penyakit yang menyebabkan ikan bawal mati mendadak biasanya disebabkan oleh karena adanya infeksi dari mikroorganisme baik bakteri, jamur, hingga virus. (Baca juga : budidaya ikan bawal di kolam terpal)
  • Hama ikan bawal, hama merupakan penyebab lain yang menjadikan ikan bawal banyak mati mendadak. Beberapa hama yang dapat menjadi penyabab ikan bawal mati mendadak tersebut diantaranya seperti ular sawah, dan belut. Kematian ikan biasanya disebabkan oleh kondisi depresi dan rasa takut dari adanya hama disekitar kolam ikan bawal tersebut.
  • Kondisi perawatan yang buruk, perawatan yang buruk juga menjadi faktor kunci tingginya resiko ikan bawal dalam proses budidayanya dapat mati secara mendadak. Beberapa proses perawatan yang buruk dan menjadi penyebab ikan bawal dapat mati mendapat diantaranya seperti ikan yang kekurangan atau bahkan kelebihan pakan, kolam ikan yang tidak diperhatikan sehingga tercemar dan meracuni ikan, adanya penyakit pada ikan yang menular dan tidak dicegah, dan lain sebagainya. (Baca juga : budidaya ikan bawal)

Cara Mencegah Ikan Bawal Mati Mendadak

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari munculnya kondisi kematian mendadak pada ikan bawal yang dijelaskan diatas maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mencegah kondisi tersebut agar tidak terjadi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi kematian mendadak pada ikan bawal diantaranya seperti :

  • Mempersiapkan kolam dengan baik merupakan langkah yang harus dipastikan diawal sebelum memulai dan memastikan bibit tersebar dengan benar menjadi langkah awa pencegahan agar ikan budidaya tidak mudah mati. (Baca juga : cara budidaya ikan di empang)
  • Memastikan kualitas air yang digunakan serta mencegah munculnya cemaran maupun perkembangan bakteri, virus, dan mikroorganisme lain penyebab hama maupun penyakit pada kolam.
  • Memberikan kebutuhan pakan yang tepat baik jumal dan jenisnya serta penambahan pakan tambahan maupun probiotik untuk menguatkan pertahanan tubuh ikan. (Baca juga : budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan)
  • Selalu memeriksa kualitas dari ikan dan segera memberikan penanganan yang tepat pada ikan yang mengalami penyakit agar tidak menular.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab ikan bawal mati mendadak dan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi merugikan dalam proses budidaya ikan.

, , ,




Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 09:03 Oleh :
Kategori : Ikan