Sponsors Link

8 Cara Mengetahui Umur Burung Pleci

Burung pleci adalah salah satu jenis unggas yang sudah banyak di kenal, tentunya anda sendiri tidak asing meskipun hanya sekedar mendengar namanya saja. Pleci atau di kenal dengan nama burung kacamata ini ternyata cukup populer, dan bahkan belakangan terakhir menjadi incaran kicau mania semua. Untuk diketahui, ‘Kicau Mania’ adalah sebutan bagi yang menyukai dunia kicau alias pecinta burung.

Seperti yang anda ketahui, banyak sekali jenis atau ragam burung yang terbang kelimpung kesana dan kemari, termasuknya jenis burung yang satu ini. Sebagian besar pecinta burung memeliharanya sebagai salah satu upaya penyaluran hobi. Akan tetapi akan lebih menguntungkan jika anda bisa menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Contohnya? Bisnis. Adalah jawaban yang ringkas dan jelas bahwa berbisnis menjadi langkah paling tepat.

Dengan melihat perkembangan kicau mania yang semakin marak, tentunya bukan berada di jalan yang salah apabila anda mencoba bisnis burung pleci. Sayangnya sejauh ini masih banyak yang belum bisa mengerti beberapa hal pada burung tersebut, dan salah satunya pengenalan umur. Bagaimana cara mengetahui umur Burung Pleci, semuanya bisa anda temukan pada artikel kali ini. (Baca Juga: Penyebab Pleci Tidak Bisa Diam)

Sebagai peternak, sangat penting sekali mengerti akan trik untuk mengetahui umur setiap Burung peliharannya agar tidak terlihat awam. Hal itu bisa anda lihat dari beberapa poin berikut ini:

Cara Mengetahui Umur Burung Pleci

1. Warna Bulu Burung

Salah satu cara untuk mengetahui berapa usia burung pleci adalah dengan mengenali warna bulu burungnya. Warna burung pleci yang relatif lebih terang dan juga cerah bisa di katakan kemungkinan besar burung dalam usia yang relatif muda.

2. Postur Tubuh

Dari postur tubuh si burung pleci, anda juga bisa memperkirakan usia atau umurnya. Jika burung dalam kondisi tubuh normal (tidak sakit) dan berat normal serta mempunyai postur lebih ramping maka bisa di garis besar bahwa kemungkinan besar usianya masih cukup muda. Sedangkan jika burung terlihat kurus (tidak dalam kondisi sakit) bisa jadi bahwa burung sudah cukup tua, sehingga terlalu ringkih. (Baca Juga: Manfaat Pakan Ikan Takari Untuk Burung Pleci)

3. Struktur Paruh Burung

Cara untuk mengetahui umur Burung Pleci selanjutnya adalah dengan mengenali struktur paruh burung. Bukan saja sebagai penanda bahwa burung tersebut mempunyai suara alias bisa gacor tetapi juga sebagai alternatif mengetahui usia. Burung pleci yang masih berusia muda akan memperlihatkan kondisi paruhnya pada bagian bawah yang berwarna semburat putih. Sedangkan pleci yang sudah tua akan mempunyai paruh coklat tua.

4. Fase Mabung

Fase atau mabung merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap burung, termasuknya pleci. Tetapi fase ini sangat bervariasi, tergantung dari pola makan serta tingkat kesetresan. Apabila stres di dampingi dengan pola makan yang tidak teratur maka hal itu akan mempercepat fase pleci. Untuk normalnya seekor burung akan mengalami mabung 4 tahun sekali atau 3 tahun sekali. Artinya apabila burung pleci tersebut sudah mengalami fase mabung 4 atau 3 kali maka bisa di sampaikan bahwa usianya antara 12/16 th. (Baca Juga: Cara Ternak Pleci Menggunakan Sarang Gantung)

5. Struktur Blimbing Pada Kaki

Layaknya sebuah pohon, semakin lebar dan besar maka menandakan bahwa usianya sudah cukup tua. Ternyata hal itu berlaku pula untuk si burung pleci, yakni apabila kondisi blimbing kaki besar maka usianya sudah cukup tua dan sedangkan blimbing masih dalam taraf normal maka usianya masih terbilang muda.

6. Suara

Ketahuilah usia pleci dari suaranya, umumnya jika terdengar gacoran yang lincah dan super aktif maka bisa di sebut bahwa usianya masih cukup muda. Tetapi jika belum bersuara gacor, itu menandakan bahwa pleci masih sangat muda sekali alias masih piyik atau anakan. Berbeda dengan pleci yang sudah tua, gacorannya jelas semakin menurun. (Baca Juga: Cara Untuk Burung Pleci Agar Cepat Gacor)

7. Tingkah Laku

Gerakan tubuh atau tingkah laku ternyata bukan sebagai penanda usia manusia saja, namun burung pleci juga bisa di ketahui usianya dari sini. Mudah sekali, jika anda melihat kelincahan pleci yang luar biasa maka hal itu adalah masa suka bahagianya di masih muda, semangat membara. Berbeda dengan pleci yang sudah tua, tingkahnya mulai menurun dan performa tidak seperti sediakala (saat muda).

8. Kondisi atau Warna Mata

Cara mengetahui berapa umur burung pleci selanjutnya ini adalah dengan melihat kondisi mata atau warnanya. Untuk burung pleci anakan, matanya akan terlihat lebih jernih, bening dan menonjol. Selain itu, klepnya pun juga masih tampak begitu segar. Kendati demikian, ada beberapa pleci anakan yang tidak mempunyai mata menonjol dan bukan berarti ini mempengaruhi usianya. (Baca Juga: Cara Melatih Burung Pleci Supaya Cepat Buka Paruh)

Bagaimana? Apakah artikel ini cukup membantu? Sembari merawat, teruslah mengemban wawasan akan dunia ternak burung agar di tengah-tengah anda berbudidaya tidak menemukan kesulitan. Setidaknya setelah anda mengerti ilmu tentang cara mengetahui umur burung pleci ini, hal itu akan mempermudah jalannya beternak di iringi dengan berjalan dan melangkah perlahan. Semoga artikel ini bermanfaat!

, , , , , , , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 15:11 Oleh :
Kategori : Burung