Sponsors Link

Penyebab Bibit Ikan Cepat Mati Dan Cara Mencegahnya

Sebagai negara agraris dan maritim, Indonesai menjadi sebuah negara yang memiliki banyak hasil laut maupun hasil berkebun dan bertani guna memenuhi kebutuhan domestik. Salah satu kebutuhan yang perlu dipenuhi adalah ikan baik air tawar maupun air asin. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dengan baik dalam untuk memenuhi kebutuhan ikan di masyarakat dengan proses budidaya adalah bibit ikan yang berkualitas agar dapat memberikan hasil panen yang maksimal. Beberapa kondisi tertentu dengan jenis ikan tertentu juga terkadang memiliki bibit yang cepat mati. Berikut penjelasan mengenai penyebab bibit ikan cepat mati yang perlu diperhatikan dengan baik dalam proses budidaya ikan melalui ulasan di bawah ini. (Baca juga : budidaya ikan air tawar yang paling menguntungkan)

Penyebab Bibit Ikan Cepat Mati

Bibit ikan menjadi salah satu faktor utama penentu keberhasilan proses budidaya ikan sehingga harus diperhatikan dengan baik. Kondisi bibit yang cepat dan mudah mati menjadi keadaan yang tentunya dapat menyebabkan kerugian dalam proses budidaya yang harus diketahui penyebabnya. Berikut bebepapa penyebab yang menjadikan bibit ikan cepat mati diantaranya seperti :

  • Bibit stres, penyebab pertama yang menjadikan bibit ikan mudah mati adalah karena stres akibat perjalanan dari bibit yang terlalu jauh. Perjalanan bibit yang dimaksud tersebut adalah dari tempat pembibitannya ke tempat pembudidayaan dimana petani ikan biasanya membeli bibit secara langsung kepada penyedia. (Baca juga : budidaya ikan bawal)
  • Kolam yang tidak ideal, pengaturan kolam yang tidak ideal menjadi penyebab bibit ikan cepat mati selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan. Kolam yang tidak ideal seperti proses pembersihan yang kurang tepat, persiapan kolam yang tidak baik, hingga air kolam yang tercemar termasuk kepadatan kolam yang terlalu tinggi merupakan penyebab paling sering yang menjadikan bibit cepat mati.
  • Pemberian pakan berlebihan, pemberian pakan pada bibit harus diperhatikan dengan baik karena pakan yang berlebihan atau overfeeding menjadi penyebab kenapa bibit cepat mati. (Baca juga : cara memilih bibit ikan koi)

Cara Mencegah Bibit Ikan Cepat Mati

Pencegahan bibit ikan yang cepat mati perlu untuk dilakukan untuk tetap menjadikan proses budidaya ikan memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi bibit cepat mati sesuai dengan penjelasan penyebab yang diutarakan diatas diantaranya seperti :

  • Pengaturan kolam, sebelum bibit ditebar pastikan kolam dalam kondisi pengaturan yang sudah ideal termasuk perhitungan kepadatan kolam dari jumlah bibit setidaknya 75 ekor ikan per meter persegi kolam. Air kolam juga harus dipastikan ideal tanpa adanya cemaran. (Baca juga : cara budidaya ikan di empang)
  • Pemberian pakan yang sesuai, pakan untuk bibit ikan dapat diberikan sebanyak dua kali sehari dengan cara yang sedikit demi sedikit dan merata untuk menghindari overfeeding. Pakan dapat dicampur dengan probiotik dan air agar lembut dan mudah dicerna.
  • Perhitungan yang tepat, sebelum melakukan budidaya harus ada perhitungan yang tepat terkait jarak antara bibit hingga kolam dan pengatur kepadatan pada kolam agar bibit dapat tumbuh dengan baik dan tidak mudah mati. (Baca juga : budidaya ikan nila dalam drum plastik)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab bibit ikan cepat mati yang perlu diperhatikan dan beberapa cara untuk mencegahnya. Belajar dari pembudidaya ikan yang sudah berpengalaman merupakan langkah yang tepat untuk membantu agar proses budidaya memberikan hasil maksimal.

, ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 23:48 Oleh :
Kategori : Ikan