Sponsors Link

Penyebab Kenari Bertelur Ditempat Pakan Dan Cara Mengatasinya

Ada berbagai macam jenis burung yang belakangan ini beredar sebagai satu diantaranya burung yang memiliki minat paling banyak untuk dipelihara. Bagi pecinta burung, memlihara burung kenari bukan hanya bertujuan untuk menjadikannya memiliki tumbuh besar namun juga dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis dengan membudidayakan burung tersebut. Dalam proses budidaya dan ternak burung kenari sebagai salah satu burung kicauan, tentu ada beberapa bentuk permasalahan yang dapat muncul salah satunya ketika burung bertelur di tempat pakan. Berikut beberapa penjelasan mengenai penyebab kenari bertelur ditempat pakan yang perlu diperhatikan dengan baik dan cara pencegahannya dalam ulasan di bawah ini.

Penyebab Kenari Bertelur Ditempat Pakan

Kenari yang bertelur menjadi salah satu kabar gembira bagi para pemilik burung yang memang mengharapkan untuk dapat membudidayakan burung tersebut. Namun. telur yang dikeluarkan pada tempat pakan merupakan kondisi yang tidak ideal dan dapat menyebabkan telur menjadi bermasalah. Beberapa penyebab kenari bertelur ditempat pakan diantaranya seperti :

  • Sarang bertelur yang belum disiapkan, penyebab pertama yang sering kali menjadikan burung kenari dapat bertelur disembarang tempat termasuk di tempat pakan adalah karena sarang yang dibutuhkan untuk burung tersebut bertelur memang belum dipersiapkan. (Baca juga : tips memilih kenari di kandang ombyokan)
  • Sarang bertelur kurang nyaman, kondisi sarang bertelur memang harus benar benar nyaman dan sesuai kebutuhan dari burung kenari agar dapat bertelur pada tempat yang tepat. Penempatan dari sarang di dalam kandang yang kurang tepat menjadi salah satu kondisi utama yang menyebabkan burung enggan bertelur dalam sangkar.
  • Kondisi sangkar kurang ideal, kondisi sangkar yang kurang ideal seperti ada tungau dan kutu, terbuat dari bahan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dari burung kenari, serta adanya bahan pengawet sangkar yang terlalu banyak menjadi keadaan kurang ideal yang memicu burung bertelur ditempat lain. (Baca juga : manfaat madu pada burung kenari)
  • Tempat pakan lebih ideal untuk bertelur, penyebab lain yang menjadikan burung kenari bertelur di tempat pakan adalah karena kondisi tersebut lebih ideal dibandingkan dengan sangkar untuk bertelur.  (Baca juga : ternak kenari koloni)

Cara Mencegah Kenari Bertelur Ditempat Pakan

Setelah mengetahui adanya beberapa penyebab yang menjadikan kenari bertelur ditempat pakan dalam ulasan diatas tentu cara pengataranya dapat ditentukan dengan baik. Berikut cara mencegah agar burung kenari tidak bertelur ditempat yang salah diantaranya seperti :

  • Persiapkan sangkar, mempersiapkan sangar untuk bertelur bagi burung kenari yang memang sudah dikawinkan menjadi keharusan agar burung dapat bertelur dengan tepat. (Baca juga : manfaat tomat pada burung kenari)
  • Sangkar harus nyaman dan ideal, sangkar yang dipersipkan haruslah nyaman dan ideal untuk burung dapat bertelur dan pastikan penempatannya tepat. Pastikan bahan yang digunakan tepat dan sangkar harus bersih agar terhindar dari tungau dan kutu.
  • Perhatikan tempat pakannya, cara pencegahan lainnya adalah dengan menjadikan tempat pakan kurang menarik bagi burung kenari untuk bertelur diantaranya membuat tempat lebih kecil dan penempatan yang tidak ideal untuk burung bertelur. (Baca juga : cara mengobati jamur pada burung kenari)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kenari bertelur ditempat pakan yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik burung. Bertelur ditempat pakan akan menyebabkan telur burung kenari menjadi rusak dan tidak dapat menetas karena biasanya tidak dierami dengan baik oleh indukannya.

 

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 23:52 Oleh :
Kategori : Burung