Sponsors Link

5 Penyebab Kambing Betina Mandul Dan Cara Mengatasinya

Kambing merupakan jenis hewan yang diternakkan sebagai salah satu hewan yang dagingnya dikonsumsi oleh manusia. Selain daging, beberapa kambing juga diternakkan untuk diperah susunya seperti kambing etawa. Dalam proses ternak kambing, mengawinkan kambing merupakan salah satu hal yang biasa dilakukan untuk menjadikan kambing bereproduksi dan menghasilkan anakan sebagai bibit kambing yang akan dibesarkan. Dalam proses reproduksi kambing, indukan yang unggul dan tidak mandul menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan agar berhasil menghasilkan anakan kambing. Kondisi indukan betina yang mandul merupakan permaslahan serius dalam proses reproduksi kambing. Berikut beberapa penyebab kambing betina mandul dan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah maupun mengatasinya dalam ulasan di bawah ini.

Penyebab Kambing Betina Mandul

Kondisi kambing betina yang mandul tentu menjadi permasalahan serius dalam proses reproduksinya sehingga harus diketahui penyebab yang jelas agar dapat dicegah. Berikut penyebab kambing betina menjadi mandul yang perlu diperhatikan diantaranya seperti :

  1. Faktor genetik, penyebab pertama yang menjadikan kambing betina menjadi mandul adalah karena kondisi faktor genetik dan keturunan sebelumnya yang tentunya cukup sulit untuk mengatasi kondisi mandul tersebut dan tidak menjadikan kambing betina tersebut sebagai indukan. (Baca juga : teknik dasar ternak kambing)
  2. Penyakit, kambing betina yang terserang penyakit tertentu juga dapat menjadikannya mandul. Penyakit yang terjadi pada alat kelamin kambing betina merupakan faktor utama yang dapat menyebabkannya menjadi mandul.
  3. Kambing terlalu gemuk, sama halnya dengan manusia, kondisi fisik yang kurang ideal pada kambing seperti tubuhnya yang terlalu gemuk juga menyebabkan kambing mandul dan tidak dapat dibuahi dengan baik oleh kambing jantan. (Baca juga : cara merawat kambing agar cepat gemuk)
  4. Nutrisi yang kurang, keadaan lainnya yang juga dapat menjadi salah satu penyebab kambing betina mandul adalah karena kondisi nutrisi yang diberikan kepada kambing kurang sehingga menyebabkan kesehatan reproduksi dari kambing betina menjadi tidak optimal dan menimbulkan keadaan mandul.
  5. Terlalu cepat dikawinkan, kondisi lainnya yang juga dapat menjadi salah satu penyebab kambing betina mandul dan tidak dapat bunting setelah dikawinkan adalah karena kambing terlalu cepat atau terlalu muda untuk menjalani proses perkawinan. Pemaksaan perkawinan pada kondisi alat reproduksi yang belum siap dari kambing betina dapat meningkatkan resiko kemandulan. (Baca juga : faktor keberhasilan ternak kambing)

Cara Mencegah Dan Mengatasi Kondisi Kambing Betina Mandul

Menjadikan kambing betina tidak lagi mandul tentu harus memperhatikan penyebab yang ada. Jika penyebabnya adalah karena faktor genetik maka kambing betina tidak dapat dijadikan indukan dan memang akan mandul selamanya. Jika bukan karena faktor genetik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kemandulan pada kambing betina diantaranya seperti :

  • Menjaga nutrisi dan kebutuhan pakan pada kambing sebelum proses perkawinan serta menurunkan berat badan kambing agar tidak terlalu gemuk. (Baca juga : jenis pakan hijau untuk kambing)
  • Mengatasi permasalahan atau penyakit yang terjadi pada kambing sehingga menyebabkannya mandul sebelum dikawinkan.
  • Menganti proses perkawinan yang sebelumnya alami menjadi inseminasi buatan agar pembuahan dapat berlangsung dengan lebih baik. (Baca juga : cara ternak kambing gibas sukses)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab kambing betina mandul yang perlu diperhatikan dengan baik dan cara mengatasi maupun mencegahnya. Mengatasi kemandulan harus diperhatikan agar proses perkawinan kambing dapat berlangsung dengan baik dan menghasilkan anakan.

, , ,
Post Date: Tuesday 11th, June 2019 / 23:58 Oleh :
Kategori : Kambing