Sponsors Link

Penyebab Pleci Tidak Bisa Diam Dan Cara Mengatasinya

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung peliharaan yang dialami liarnya dikenal sebagai salah satu jenis burung kicauan dengan suara khasnya dan hidup secara bergerombol. Burung pleci dengan suara kicauannya tersebut menjadikannya salah satu burung kicauan populer yang banyak dipelihara bahkan juga sudah dibudidayakan. Dalam prosesnya memilihara burung pleci tentu ada beberapa permasalahan yang dapat muncul salah satunya ketika burung pleci terlihat terlalu aktif berkicau dan tidak biasa untuk diam. Berikut penjelasan mengenai penyebab pleci tidak bisa diam yang perlu diperhatikan dan beberapa cara yang apat dilakukan untuk mengatasinya dalam penjelasan di bawah ini. (Baca juga : cara melatih burung pleci supaya cepat buka paruh)

  1. Burung pleci stres

Penyebab pertama yang dapat menjadikan burung pleci tidak bisa diam adalah karena kondisi stres yang sedang dialami oleh burung tersebut. Kondisi stres pada burung pleci dapat terjadi akibat berbagai hal seperti lingkngan yang kurang nyaman untuk burung. Agar dapat mencegah burung pleci tidak bisa diam maka langkah yang harus diperhatikan adalah mencari kondisi paling nyaman yang dapat diterapkan di kandang maupun sekitar tempat pleci hidup agar tidak menyebabkannya stres lagi. Gejala stres pada burung dapat berbeda ada yang menjadikannya agresif ada juga yang menyebabkan burung malas untuk beraktivitas. (Baca juga : pentingnya nutrisi untuk pleci)

  1. Over birahi

Birahi merupakan kondisi dimana burung pleci akan melakukan aktivitas perkawinan yang terjadi secara alami. Kondisi birahi yang berlebihan atau over birahi merupakan salah satu penyebab pleci tidak bisa diam yang perlu diperhatikan. Untuk mengatasi kondisi burung pleci yang over birahi maka dapat dengan cara mendekatkan burung betina ke burung pleci jantan yang sedang over birahi tersebut. Dengan cara tersebut maka burung akan berkurang respon birahinya. Selain dengan cara tersebut, pemberian beberapa buah dan sayur seperti mentimun juga dapat menurunkan birahi pada burung pleci. (Baca juga : cara untuk burung pleci cepat gacor)

  1. Plangkingan yang tidak pas

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan burung pleci lompat lompat terus menerus tanpa bisa diam adalah karena bagian plangkingan pada sangkar burung yang kurang nyaman serta tidak disukai oleh burung. Plangkingan merupakan tempat dimana burung dapat berpijak dan berdiam di dalam sangkar. Untuk dapat mengatasi permasalahan yang menjadi penyabab burung pelci tidak bisa diam tersebut maka langkah yang harus diambil adalah menganti bagian plangkingan denagan yang baru. Bahan plangkingan yang dikenal cukup baik dan dapat diterima oleh setiap burung pleci adalah dari batang pohon asam dan bambu air. Ukuran diameter dari plangkingan juga harus pas agar mudah dicengkram oleh burung. (Baca juga : cara ternak menggunakan sangkar gantung)

  1. Ukuran sangkar yang kurang cocok

Permasalahan lain yang juga dapat menjadi penyebab mengapa burung pleci yang dipelihara tidak dapat diam adalah karena ukuran sangkar burung yang kurang cocok. Sangkar yang terlalu kecil maupun terlalu besar dapat menyebabkan burung pleci kurang nyaman dan menjadi sering loncat loncat. Langkah yang perlu dilakukan tentunya dengan mengganti ukuran dari sangkar burung tersebut. (Baca juga : manfaat pakan ikan takari untuk burung pleci)

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab burung pleci tidak bisa diam yang perlu diperhatikan oleh setiap pemilik pleci dengan beberapa cara dalam mengatasi kondisi tersebut.

, , ,




Post Date: Monday 10th, June 2019 / 01:07 Oleh :
Kategori : Burung