Sponsors Link

4 Perbedaan Minyak Ikan Untuk Kucing Dan Manusia Yang Perlu Diperhatikan

Selain makanan, ada banyak suplemen atau bahan tambahan selain makanan yang dapat memberikan dampak positif terhadap tubuh membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan. Salah satu suplemen yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi tubuh makhluk hidup adalah minyak ikan. Minyak ikan sebagai hasil dari pengolahan jaringan tubuh ikan tertentu yang akhirnya menghasilkan cairan sejenis minyak. Minyak ikan kebanyakan dibuat dari beberapa ikan yang dikenal memiliki kandungan nutrisi lengkap dengan manfaat positif bagi kesehatan diantaranya seperti ikan cod, tuna, makarel, salmon, dan sarden.

Minyak ikan memang sudah lama dimanfaatkan oleh manusia yang ternyata juga dapat memberikan dampak ketika dijadikan sebagai salah satu suplemen makanan untuk kucing. Meskipun sama sama berdampak positif, ada beberapa perbedaan minyak ikan untuk kucing dan manusia yang perlu diperhatikan dengan baik diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada kelinci)

  1. Dosis pemberian

Dosis pemberian atau banyaknya jumlah minyak ikan yang dapat diberikan kepada kucing dan manusia. Dengan ukuran tubuh yang berbeda dimana kucing lebih kecil dibandingkan dengan manusia, jumlah pemberian pada kucing harus lebih kecil dibandingkan pada manusia dan sebaiknya diperhatikan agar tidak berlebihan. Pemberian minyak ikan yang berlebihan malah akan mendatangkan dampak buruk bagi tubuh kucing. Secara umum, dosis pemberian yang disarankan untuk kucing adalah maksimal setengah dari dosisi terendah minyak ikan pada manusia. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada perkutut)

  1. Efek manfaatnya lebih banyak pada kucing

Minyak ikan merupakan jenis suplemen makanan dengan banyak manfaat yang bisa diperoleh bagi tubuh manusia dan kucing. Pemberian minyak ikan kepada kucing memiliki manfaat yang lebih banyak dibandingkan pada manusia dengan dampak yang lebih besar juga. Selain itu, minyak ikan menjadi salah satu vitamin yang memang banyak dimanfaatkan para pecinta kucing selain karena dampak positifnya namun juga karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan vitamin lainnya. (Baca juga : fungsi minyak ikan pada burung dara)

  1. Resiko efek samping 

Selain manfaat yang dapat berbeda dirasakan antara kucing dan manusia, resiko munculnya efek samping dan dampaknya tentu juga berbeda pula. Minyak ikan lebih beresiko menyebabkan efek samping pada kucing ketika pemberiannya salah dan berlebihan dibandingkan pada manusia. Kondisi yang lebih beresiko tersebut disebabkan karena memang manusia memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan kucing sebagai hewan. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada musang)

  1. Pemanfaatan yang berbeda

Perbedaan minyak ikan untuk kucing dan manusia lainnya dapat dilihat dari pemanfaat yang berbeda. Minyak ikan untuk kucing dan hewan peliharaan lain seperti anjing maupun musang diberikan terutama untuk mengatasi masalah berat badan yang terlalu kurus serta mengembalikan masalah nafsu makan. Sedangkan pada manusia, minyak ikan diberikan sebagai nutrisi tambahan untuk tubuh dan tidak secara langsung untuk meningkatkan berat badan. (Baca juga : cara memberikan minyak ikan pada hamster)

Itulah beberapa penjelasan mengenai perbedaan minyak ikan untuk kucing dan manusia yang perlu diperhatikan dengan baik. Melihat penjelasan diatas, pemberian minyak ikan kepada kucing harus diperhatikan dengan baik karena memang ada resiko efek samping ketika minyak ikan diberikan berlebihan. Meskipun menjadi suplemen makanan yang murah untuk kucing, pemanfaatan minyak ikan harus dilakukan secara bijak dan penuh perhitungan.

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, July 2019 / 02:55 Oleh :
Kategori : Kucing