Sponsors Link

7 Jenis Sakit Mata Pada Anjing – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Selayaknya kucing, anjing juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak di jumpai. Anda tentunya sering menjumpai berbagai jenis anjing, baik di lingkungan maupun di perkotaan. Banyak orang memelihara anjing lantaran lucu, tetapi di samping itu juga anjing adalah hewan cerdas. Bahkan melatihnya juga sangat gampang apabila majikan begitu tlaten. Anjing yang sudah terbiasa hidup dan mengenal tingkah laku atau aktivitas manusia atau majikannya sehari-hari, tanpa di latih sekalipun juga sudah cukup pandai.

ads

Fakta menarik seputar anjing bahwa di pelihara di rumah tak sekedar sebagai piaraan semata namun juga di manfaatkan sebagai penjagaan. Seperti yang di ketahui, anjing di gunakan menjaga rumah dari maling. Sementara jenis lainnya seperti anjing pelacak berguna dalam membantu kerja operasi para instansi kepolisian. Memang tidak semua orang pecinta anjing, sehingga tidak semua orang paham tentang menjaga kesehatannya.

Lain halnya dengan doggy lovers atau pecinta anjing, setiap detik adalah waktu terpenting memperhatikan kondisi anjing. Bagi anda pecinta anjing, tentunya pernah mendapati anjing kesayangan tengah sakit. Bukan hanya kondisinya yang demam, tetapi mengenai fisik juga penting di perhatikan. Salah satunya seperti yang sedang di sampaikan pada halaman ini, jenis sakit mata pada anjing. (Baca Juga: Efek Samping Steril Pada Anjing)

Masalah yang kerap kali terjadi pada hewan peliharaan Anda, tentu saja membuat hati was-was. Tak hanya hewan kucing, ternyata Anjing juga patut untuk selalu di awasi. Anjing juga memerlukan pemahaman yang baik untuk bisa menentukan penyakit mata yang menyerangnya.

7 Jenis Sakit Mata Pada Anjing

  1. Mata Ceri

Istilah medis untuk masalah ini adalah prolaps kelopak mata yang ketiga. Berbeda dengan hewan peliharaan lainnya, Anjing ternyata memiliki membran di setiap sudut matanya. Letaknya ada dibawah tutup matanya. Itulah tempat yang memiliki kelenjar air mata.

Ketika kelenjar ini mulai tak sehat, Anda akan melihat ada jaringan merah di mata anjing peliharaan Anda. Sesekali muncul, kelenjar ini bisa membuat mata semakin meradang dan bahkan menyebabkan infeksi. Akan tetapi mata ceri ini tidak terlalu menyakitkan bagi Anjing. (Baca Juga: Efek Antibiotik Pada Anjing)

  1. Mata Kering / Keratoconjunctivitis sicca (KCS)

Mata kering juga termasuk salah satu penyakit mata yang biasa dialami oleh Anjing dimana campuran airmata, yang terdiri dari minyak, lendir, dan sebagian airnya tidak ada. Hanya terdapat minyak dan lendir saja yang diekresikan. Mata kering ini menyebabkan mata anjing akan keluar kotoran berwarna kuning yang tebal. Bahkan, mata pun memerah dan kornea berubah menjadi cokelat.

  1. Pigmentary Keratitis

Jenis penyakit yang satu ini adalah suatu kondisi dimana kornea mata yang biasanya jernih berubah menjadi buram sehingga mempengaruhi penglihatan Anjing. Penyebab umumnya, mata Anjing mengalami iritasi kronis dari rambut, penurunan refleks kedipan, dan turunnya produksi air mata. (Baca Juga: Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Anjing)

  1. Heterochromia

Jika Anda sempat menyadari seekor Anjing yang memiliki dua mata yang berbeda satu sama lain, namun belum tentu warna mata yang berbeda berarti memiliki masalah dalam kesehatan matanya.

Anda perlu mengkonsultasikan hal ini kepada dokter hewan. Beberapa kasus, adanya warna mata yang berbeda pada Anjing yang menandakan bahwa ada glukoma dan katarak.

  1. Progressive Retinal Atrophy (PRA)

Retina merupakan bagian yang melapisi bagian belakang pada mata. Retina ini berfungsi menghubungkan cahaya dengan apa yang dilihat. Jika tanpa retina yang sehat, tentu saja akan menimbulkan masalah terhadap penghlihatan Anjing.

PRA sendiri merupakan salah satu jenis penyakit mata pada Anjing yang bisa dikatakan sebagai penyakit bawaan secara genetis pada beberapa anjing ras dan terkadang pada kucing. Beberapa orang menyebutkan sebagai penyakit gangguan kemrosotan pada mata Anjing yang menyebabkan kebutaan. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pada Bulu Anjing)

  1. Ulkus Kornea

Ulkus Kornea adalah luka pada kornea mata yang disebabkan oleh goresan, tusukan atau trauma lainnya. Penyabab lain bisa dari masuknya benda asing pada mata, luka bakar kimia, infeksi, dan kurangnya air mata.

Hal ini lah yang menyebabkan tertutupnya kelopak mata, entropion (yakni dimana kelopak mata yang melipat ke arah dalam), dan kelumpuhan pada saraf wajah Anjing. Penyakit ini sering disebut seperti cedera mata yang umum dialami oleh Anjing.

Sponsors Link

  1. Entropion

Dan yang terakhir permasalahan mata yang bisa terjadi pada Anjing kesayangan adalah mata juling dan memiliki jumlah debit berlebihan dari mata yang terkena. Terkadang merasakan kepekaan terhadap cahaya dan mampu mengais mata.

Hal itu terjadi ketika Anjing sedang di luar. Tanda-tanda entropion lainnya yakni radang mata di bagian dalam, kulit kendur disekitar area rongga mata, dan ruptur kornea. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Koreng Pada Anjing)

Mungkin itulah yang bisa di sampaikan perihal 7 jenis sakit mata pada anjing. Ketika salah satu dari penyakit tersebut menghampiri Anjing kesayangan Anda, maka segeralah menghubungi Dokter ahli supaya segera mendapatkan penanganan yang tepat. Sebagai pemilik/majikan yang baik, tetap menjaga kesehatan sang Anjing menjadi salah satu hal wajib yang perlu diterapkan. Menjaga kesehatan anjing mulai dari lingkungan sampai dengan tubuhnya secara rutin.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 15th, September 2018 / 07:05 Oleh :
Kategori : Anjing