Sponsors Link

6 Cara Pencegahan Penyakit Kambing Perah Terjadi

Sponsors Link

Memelihara kambing perah yang diambil susunya meskipun masih kalah dengan kambing pedaging masih merupakan peluang yang cukup besar bagi peternak terutama jenis kambing tertentu. Peternakan kambing perah tentu tak lepas dari berbagai ancaman penyakit yang dapat menganggu hasil perahan maupun kondisi kambing itu sehingga sehingga perlu adanya upaya untuk dapat mencegahnya. Berikut beberapa cara pencegahan penyakit kambing perah dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Vaksinasi

Vaksinasi kambing menjadi salah satu proses pencegahan yang paling utama untuk dilakukan. Vaksinasi merupakan proses dimana tubuh kambing akan disuntikan vaksin yang dapat mencegah terjadinya penyakit tertentu. Proses vaksinasi dilakukan biasanya mulai dari kambing masih dalam bentuk anakan. Proses vaksinasi pada kambing perah utamanya akan mencegah dua penyakit berbahaya yakni penyakit radang ambing atau mastitis dan penyakit scabies atau korengan. (Baca juga : gejala mastitis pada kambing)

  1. Memberikan pakan bergizi

Pakan merupakan salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dalam setiap proses ternak termasuk untuk peternakan kambing perah. Pemberian makanan yang benar dengan gizi yang terpenuhi akan membantu meningkatkan kondisi daya tahan tubuh kambing disamping menjaga semua organ tubuhnya berfungsi secara normal. Makanan yang bergizi tinggi dan bebas kontaminan harus menjadi prioritas bagi para peternak. (Baca juga : gejala cacingan pada kambing)

  1. Menjaga kebersihan di dalam kandang

Meskipun seringkali kita melihat bahwa kandang kambing selalu terlihat kotor dan tidak terjaga kebersihannya, menjaga kebersihan kandang tetap merupakan salah satu cara pencegahan penyakit kambing perah. Penjagaan kebersihan kandang tentu tidak dilakukan seperti menjaga kebersihan rumah manusia namun dilakukan dengan membuang berbagai benda dan bahan yang berpotensi ditumbuhi jamur, bakteri, dan microorganisme lain yang dapat menyebabkan penyakit bagi kambing. (Baca juga : jenis hama yang sering menyerang kambing etawa)

  1. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar kambing

Beberapa penyakit kambing bisa jadi tidak disebabkan oleh kondisi kandangnya yang terlalu kotor namun juga dapat berasal dari lingkungan sekitar kambing yang tidak terawat. Untuk mencegah terjadinya penyakit maka pemiliki peternakan perlu memilih lingkungan yang lebih bersih dan menjaga kondisi kebersihan diluar kandang juga sehingga tidak mengancam kesehatan kambing perah. (Baca juga : cara mencegah penyakit pada kambing perah)

  1. Memantau kondisi kambing

Cara pencegahan penyakit kambing perah lainnya adalah dengan secara rutin memantau kondisi kambing perah peliharaan. Pemantauan meliputi kondisi fisik yang sehat dan tanpa adanya tanda permasalahan apapun hingga memperhatikan keadaan psikis kambing yang terlihat dari perilakunya. Pemantauan tersebut dapat mencegah permasalahan yang lebih besar dan penularan penyakit pada kambing di dalam satu kandang. Kambing yang ditemukan bermasalah dapat segera diatasi dan dikarantina untuk mencegah penyebaran penyakitnya. (Baca juga : cara mengatasi radang kuku pada kambing)

  1. Memahami jenis jenis penyakit kambing

Langkah terakhir yang perlu dilakukan oleh para pemilik hewan ternak kambing adalah memahami jenis jenis penyakit kambing sebagai salah satu upaya untuk mencegah terjadi penyakit berbahaya. Beberapa jenis penyakit pada kambing perah tersebut diantaranya seperti cacingan, scabies, orf, pink eye, antarks, penyakit kuku dan mulut, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa cara pencegahan penyakit kambing perah yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap peternak sehingga kondisi kesehatan kambing selalu dalam kondisi yang baik sehingga hasil perahpun juga tidak akan menurun.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 01:29 Oleh :
Kategori : Kambing