Sponsors Link

6 Ciri Ciri Domba Hamil Yang Dapat Muncul Setelah Proses Perkawinan

Sponsors Link

Domba merupakan salah satu jenis ruminansia dengan bulu yang tebal dan suara yang khas hampir mirip dengan kambing. Berbeda dengan kambing yang lebih dimanfaatkan dagingnya, domba banyak dipelihara dan diternakkan untuk diambil bulunnya yang lebat dan tebal meskipun daging dan susunya pun juga dimanfaatkan namun tidak banyak. Dalam proses ternak dan pasca perkawinan domba, kehamilan menjadi tujuan akhir. Untuk mengetahui apakah domba sudah hamil atau tidak maka dapat memperhatikan ciri ciri domba hamil dalam penjelasan yang diberikan di bawah ini.

ads
  1. Tidak munculnya masa birahi domba

Pertanda pertama bahwa domba sudah memasuki masa kehamilannya adalah ketika tidak ditemukan ciri yang menunjukan bawa domba masih mengalami masa birahi. Beberapa tanda domba sedang birahi yang perlu diketahui diantaranya seperti tingkah laku domba betina yang gelisah dan lebih agresif dibandingkan dengan hari hari sebelumnya selain itu alat kelamin betina akan bengkak, berwarna kemerahan, dan tentunya akan basah. Jika ciri birahi tersebut tidak akan pada satu bulan setelah domba dikawinkan maka ada kemungkinan domba hamil. ( Baca juga : cara ternak domba ekor gemuk)

  1. Perilaku menyendiri

Domba yang sudah dikawinkan harus selalu diperhatikan apakah proses perkawinan yang dilakukan tersebut sudah membuahkan hasil. Salah satu ciri ciri domba hamil dapat dilihat dan diawati dari perilakunya di antara ternak domba lainnya. Domba yang hamil akan lebih terlihat menyendiri dan berusaha melindungi dirinya sendiri. Perilaku menyendiri tersebut dapat dilihat dari tempat domba berdiam yang jauh dari gerombolannya di dalam kandang. Perilaku domba yang hamil juga akan lebih tenak serta tidak mau didekati oleh pejantan domba lainnya. ( Baca juga : tips menjaga kesehatan domba)

  1. Berat badan bertambah

Domba yang hamil akan mengalami pertambahan berat badan secara signifikan setiap bulan demi bulan kehamilannya. Untuk memperhatikan dan mengetahui adanya penambahan berat badan pada domba yang sedang hamil tersebut, tidak perlu dilakukan penimbangan hanya dengan mengamati bentuk dan ukuran domba yang semakin membesar saja sudah cukup. ( Baca juga : ternak domba dengan pakan fermentasi)

  1. Perubahan pada bulu

Tanda atau ciri lainnya yang dapat diamati dari adanya kehamilan pada domba adalah perubahan pada bulunya. Domba yang sedang hamil biasanya akan memiliki bulu lebih mengkilap dibandingkan sebelumnya. Selain mengkilap, bulu domba yang sedang hamil juga akan terlihat lebih bersih dan bercahaya. ( Baca juga : cara ternak domba jantan)

  1. Ambing domba yang membesar

Selain beberapa tanda yang disebutkan diatas, ciri ciri domba hamil lainnya dapat dilihat pada bagian ambingnya. Ambing domba merupakan bagian puting susu yang akan mengeluarkan susu bagi anakan domba nantinya. Ambing domba tersebut sudah akan membesar pada kehamilan domba yang memasuki bulan ke dua. ( Baca juga : cara membuat pakan ternak domba fermentasi)

  1. Benjolan kecil pada ambing domba

Selain ambing domba yang membesar, pada perabaan ambing tersebut juga akan muncul benjolan benjolan kecil. Bejolan kecil yang muncul pada rabaan ambing domba tersebut merupakan salah satu ciri ciri dari kondisi domba yang hamil. Ciri domba hamil pastinya tidak dapat ditentukan hanya dengan satu tanda saja melainkan gabungan antara tanda dan ciri lainnya agar lebih akurat.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ciri ciri domba hamil yang perlu dipahami dan diketahui terutama setiap pemiliki ternak domba yang telah melakukan proses perkawinan pada dombanya untuk mengetahui apakan perkawinan tersebut berhasil atau tidak.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 06th, April 2019 / 06:26 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak