Sponsors Link

6 Tips Menyimpan Pakan Hewan Yang Benar Dan Tetap Terjaga Kualitasnya

Sponsors Link

Salah satu hal yang menentukan proses perawatan hewan peliharaan berlangsung dengan baik dan tetap mampu menjaga kondisi kesehatan hewan tersebut adalah pakan hewan. Pakan hewan yang diberikan kepada hewan peliharaan haruslah memiliki kualitas yang baik. Dalam prosesnya menjaga kualitas pakan hewan tersebut maka perlu adanya penyimpanan yang benar. Berikut beberapa tips menyimpan pakan hewan yang benar dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Memastikan kualitas dari pakan hewan

Hal pertama yang perlu untuk dilakukan adalah dengan memastikan kualitas dari pakan hewan sudah memiliki kondisi yang paling ideal terutama untuk kandungan air di dalam pakan. Kandungan air di dalam pakan hewan maksimal 13 % agar lebih tahan lama dan tidak mudah di tumbuhi oleh jamur. Kualitas pakan lain yang mudah dicerna dan memiliki kandungan nutrisi yang baik. (Baca juga : bahan pakan ternak protein tinggi)

  1. Menggunakan kemasan pakan yang baik

Tips menyimpan pakan hewan yang benar selanjutnya adalah dengan memasukan pakan dalam kemasan yang baik dan berkualitas. Bahan pakan dapat disimpan dalam wadah karung ataupun jenis wadah lainnnya yang tidak menimbulkan kondisi lembab pada pakan sehingga memberikan kondisi yang lebih rentan dan tidak awet yang akan mempengaruhi kualitas dari bahan pakan tersebut. (Baca juga : cara membuat pakan lele murah)

  1. Lakukan metode penyimpanan yang tepat

Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam tips menyimpan pakan hewan yang benar adalah memiliki metode penyimpanan yang tepat. Beberapa pilihan metode penyimpanan yang dapat dilakukan diantaranya seperti :

  • Penyimpanan dingin

Penyimpanan dingin tersebut dilakukan dengan memanfaatkan lemari pendingin karena dapat secara efektif membantu meningkatkan tingkat keawetan bahan pakan. teknik penyimpanan ini cukup mahal dan kurang cocok untuk pemilik hewan skala kecil. (Baca juga : cara membuat pakan ikan gabus)

  • Penyimpanan udara kering

Langkah selanjutnya yang juga dapat dipilih sebagai metode penyimpanan pakan hewan adalah dengan proses penyimpanan udara kering. Teknik ini digunakan untuk menreduksi air dan proses proses yang terjadi dengan air serta menurunkan tingkat kelembapan yang dapat mempengaruhi keawetan dari pakan hewan. Teknik ini dilakukan dengan cara menjemur pakan setiap hari diatas sinar matahari atau menggunakan pemanas ruangan. Jika dilihat dari metode yang ada, penyimpanan kering udara tersebut lebih cocok dipilih dengan biaya yang murah.

  1. Susun karung pakan dengan benar

Dalam penyimpanannya di gudang, penyusunan karung pakan harus benar dilakukan agar dapat memperpanjang umur dan menjaga kualitas pakan tersebut. Tumpukan pakan harus dialasi dengan pallet dan ditumpuk dengan metode tumpukan bata. Dalam penumpukan tersebut pastikan bahwa pakan yang masuk terlebih dahulu dapat digunakan lebih dulu agar tidak ada pakan yang terlalu lama disimpan. (Baca juga : cara menjaga pakan ternak tetap bagus)

  1. Kontrol kondisi gudang penyimpanan

Pengontrolan kondisi gudang penyimpanan perlu dilakukan secara periodik sehingga dapat selalu di jaga dalam keadaan ideal. Beberapa bentuk kontrol periodik yang perlu dilakukan yakni suhu, kelembapan, hingga memastikan tidak ada hewan hewan yang berada di dalam gudang tersebut yang dapat merusak pakan. (Baca juga : bahan pakan ternak ruminansia)

  1. Kontrol kualitas pakan secara periodik

Selain mengontrol kondisi gudang penyimpanan, lakukan pengecekan secara periodik untuk memastikan kondisi pakan dalam kualitas yang baik. Pakan dalam kondisi yang baik jika tidak terdapat jamur dan pastinya akan menandakan bahwa penyimpanan dalam kondisi yang benar.

Itulah beberapa tips menyimpan pakan hewan yang benar dan dapat membantu memperpanjang umur pakai dari pakan tersebut serta memastikan kualitasnya tetap terjaga.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 03rd, April 2019 / 15:02 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan