Sponsors Link

5 Bahaya Memelihara Iguana di Rumah yang Perlu Diperhatikan

iguana

Iguana adalah salah satu contoh hewan reptil yang sangat digemari untuk dipelihara. Iguana juga merupakan hewan eksotis yang bisa dipelihara di rumah. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya komunitas-komunitas yang terbentuk dari hobi tersebut. Dalam memelihara hewan, maka kita tidak bisa terlepas dari resiko. Bisa risiko yang baik maupun yang buru, hal ini bisa tergantung dari hewan jenis apa yang dipelihara. Oleh karena itu, sebelum memelihara hewan tertentu, maka sebaiknya Anda memerhatikan dampak negatif dan positifnya.

Sebelumnya telah dibahas tentang cara merawat iguana yang biak sehingga Anda mampu menciptakan kondisi yang nyaman dan aman untuk iguana peliharaan Anda. Namun, selain itu Anda juga perlu memerhatikan dan memikirkan tentang resiko apa saja yang bisa muncul dalam memelihara iguana. Hal ini didasarkan oleh fakta bahwa iguana adalah hewan liar sehingga Anda pun perlu memikirkan bahaya ketika memelihara iguana di rumah.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi bahaya-bahaya apa saja yang bisa ditimbulkan dari hewan iguana ketika dipelihara dan juga apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasinya. Namun, sebelum itu, Anda juga perlu mengetahui fakta seputar hewan reptil yang satu ini.

  • Tergolong Herbivora

Herbivora adalah makhluk hidup yang hanya mengonsumsi tumbuhan. Iguana adalah salah satu hewan yang tergolong herbivora, begitu juga dengan makanan igunana di alam liar. Ketika makanan lain selain tumbuh-tumbuhan, seperti daging dikonsumsi oleh iguana, makan protein dari daging tersebut akan diubah menjadi asam urat, dan ini sangat berbahaya bagi kesehatan iguana.

  • Bisa Dilatih

Ternyata iguana juga bisa dilatih layaknya hewan peliharaan lain, seperti kucing dan anjing. Sebagai contoh, iguana bisa dilatih untuk kebiasaan membuang kotorannya sendiri. Selain itu yang paling menarik adalah iguana bisa dilatih untuk meningkatkan memorinya dalam hal melatihnya mencari jalan pulang sendiri ketika mereka tersesat.

  • Bertumbuh Besar

Pada saat iguana belum dewasa, ukuran tubuhnya tergolong kecil, akan tetapi pada saat telah dewasa maka ukuran tubuhnya akan bertumbuh besar, mencapai ukuran kurang lebih satu meter.

  • Menyukai Memanjat

Karena tergolong hewan reptil, iguana memiliki kebiasaan layaknya reptil lainnya, yaitu memiliki kebiasaan memanjat. Oleh karena itu, ketika membuat kandang maka sediakan juga sebuah spot untuk dijadikan tempat memanjat. Bisa berupa ranting pohon atau kayu yang kuat menahan bobot badan iguana.

  • Menyukai Sinar Matahari

Sinar matahari sangat berguna untuk perkembangan iguana, lantaran mereka membutuhkan nutrisi yang berasal dari sinar UVA dan UVB. Sinar UVB ini berguna dalam memicu reaksi kimia pada pertumbuhan kulitnya dalam memproduksi vitamin D3.

Bahaya Memelihara Iguana

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan sebelum Anda memutuskan untuk memelihara iguana.

1. Iguana Kerap Menggigit

Jika tergigit oleh hewan peliharaan, ada beberapa dampak yang bisa didapatkan. Bisa terluka kecil maupun terluka besar, yang bisa mengakibatkan infeksi atau semacamnya. Iguana terkenal dengan kebiasaannya yang suka menggigit jika berada dalam situasi terancam atau ketika memasuki masa berahi. Oleh karena itu, pikirkan terlebih dahulu sebelum memelihara iguana.

Namun, kebiasaan menggigit ini bisa targantung dari apakah iguana tersebut masih kecil atau sudah dewasa. Biasanya iguana yang dipelihara ketika masih kecil bisa dilatih untuk kebiasaan tersebut, sehingga bisa mengurasi resiko digigit. Cara menjinakan iguana hijau memang butuh kesabaran, tapi lama-lama pasti mereka terlatih.

2. Iguana juga Kerap Mencakar

Para pemelihara iguana mengatakan bahwa dicakar iguana merupakan hal yang tegolong biasa. Namun, resiko dicakar iguana juga bisa berakibat fatal jika terlalu dlaam melukai kulit. Untuk mengurangi dicakar iguana, sebaiknya Anda lebih rajin memotong kukunya.

3. Antisipasi Iguana Terserang Penyakit

Namanya makhluk hidup, pasti ada masa di mana mereka terserang penyakit yang bisa bersumber dari mana saja, entah itu dari lingkungan maupun makanan yang diberikan. Memelihara iguana ketika tidak memerhatikan hal tersebut bisa berakibat di mana mereka akan terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda harus bersiap dengan keadaan tersebut. Sebaiknya, sebelum memelihara iguana Anda harus memiliki dokter hewan langganan, atau setidaknya memiliki obat darurat untuk segala macam penyakit yang bisa dialami oleh iguana peliharaan Anda.

4. Sifat Agresif

Dalam cara memelihara iguana, sebaiknya harus disertai dengan sikap yang sabar dan telaten. Hal tersebut lantaran iguana membutuhkan pelatihan dan perlakuan untuk membuatnya jinak. Tentu saja, iguana perlu dijinakkan untuk menghindari sifat agresifnya. Sikap telaten dari Anda bisa berguna dalam memberinya pakan, pastikan juga memerhatikan asupan pakan yang baik, yang mengandung nutrisi yang cocok untuk masa pertumbuhannya.

5. Siap Kehilangan

Maksud dari poin adalah siap kehilangan iguana pada saat mereka telah dewasa yang kemudian bisa saja ada yang berniat membelinya dengan harga tinggi. Terlebih jika Anda memelihara iguana tersebut dari kecil. Sebagai orang yang merawatnya tentu saja ada perasaan sedih ketika hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, Anda harus siap dengan resiko seperti itu. Karena iguana termasuk bisnis hewan peliharaan yang menguntungkan dan masih jarang yang menjualnya.

Setelah membaca fakta-fakta dan berbagai bahaya yang bisa mengancam ketika memelihara iguana maka bisa disimpulkan bahwa memelihara iguana memiliki resiko yang berat dan juga ringan. Sehingga, jika Anda mampu memahami cara perawatannya Anda pun bisa terhindar dari resiko yang besar tersebut. Anda juga perlu memahami cara memperlakukan iguana yang baik dan benar, dan juga mengetahui apa-apa saja yang bisa menyebabkan iguana menjadi agresif.

Berdasarkan fakta, terdapat banyak kasus di mana pemelihara iguana mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti digigit atau dicakar yang mengakibatkan mereka harus menjalani perawatan serius. Oleh karena itu, jangan sampai Anda mengalami hal serupa, dan juga lebih memerhatikan keamanan diri sendiri.

, , ,
Post Date: Friday 15th, November 2019 / 07:38 Oleh :
Kategori : Reptilia