Sponsors Link

7 Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara di Rumah

Kelinci Chincilla

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan eksotis? Ya, sebuah yang yang dianggap lebih menawan, istimewa, asing dan langka. Eksotis banyak disebutkan pada beberapa orang yang mempunyai face menarik, baik perempuan atau laki-laki. Tapi sesungguhnya eksotis bukan saja dikhususkan penggunaan pada manusia saja, melainkan pada hal-hal lain yang sangat menarik perhatian. Begitupun untuk binatang, beberapa jenis Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara mungkin harus anda ketahui, seperti apa bentuknya dan bagaimana karakternya.

Hewan eksotis berarti bukan sebangsa mamalia yang bisa anda jumpai setiap hari, melainkan beberapa jenis yang dipandang asing, unik, langka, istimewa, menarik sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas. Mungkin hal itu termasuk mencakup yang sudah disampaikan pada kesempatan sebelumnya yakni tentang daftar hewan yang ada di film The Lion King atau yang lainnya yakni hewan terganas di Hutan Amazon. Mengapa? Karena beberapa macam hewan yang ada disana terkesan bahaya tetapi asing sekali untuk dijadikan peliharaan. Jadi, berikut ini adalah beberapa jenis Hewan Eksotis yang Bisa Dipelihara:

1. Sugar Glider

Sugar Glider termasuk salah satu dari jenis hewan yang cocok dipelihara di kamar dan sangat eksotis, menawan dan lucu sekali. Sekilas mirip dengan koala untuk coraknya atau perpaduan warna tubuhnya. Akan tetapi sugar glider ini tidak selembek koala ketika bergerak. Untuk anda semua ketahui bahwa binatang ini mengambil nama tersebut karena menyukai gula, sehingga namanya mengusung sugar. Sedangkan secara fisik, tubuhnya mirip tupai, hanya beda ukuran dan warna saja, tapi dia juga dijuluki kanguru mini. Hal itu karena memiliki kantong untuk menyimpan anaknya.

2. Kalajengking

Ada yang takut dengan kalajengking alias si scorpion? Adalah hal yang wajar, karena binatang yang satu ini terkenal akan racun-racun jahatnya. Bilamana dalam kondisi terpojok atau terdesak, capitnya akan melukai siapa saja dan langsung menyalurkan racun hingga bisa mematikan. Tetapi ternyata cukup banyak yang malah menjadikannya sebagai peliharaan lantaran terlihat eksotis sekali.

3. Tarantula

Jika anda mengetahui tarantula, bentuknya mirip seperti laba-laba namun sangat berbeda sekali. Jika laba-laba yang mampu membentuk sebuah sarang itu tidak melukai tetapi tarantula ini sangat menakutkan dan di enggani banyak orang. Tetapi tarantula ini termasuk jenis hewan Eksotis yang dapat dipelihara dirumah. Mungkin anda tertarik?

4. Ular piton

Waspada untuk yang satu ini, karena semua ular itu sangat berbahaya sekali. Sehingga seperti halnya ular piton malah menjadi jenis hewan eksotis yang bisa anda pelihara. Tetapi ular bukan termasuk binatang peliharaan untuk Anak, jadi anda harus benar-benar menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Ular piton memang bisa anda pelihara, namun sebelumnya anda harus menjinakkan terlebih dahulu dan membuang sebuah racun-racunnya. Untuk memeliharanya anda harus menyediakan kandang luas dan kuat.

5. Landak Mini

Landak adalah binatang berduri yang banyak ditakuti, karena tubuhnya bisa saja melukai. Oleh karena itu jika anda ingin memeliharanya maka haruslah berhati-hati, menjaga agar tangan tidak sampai terluka. Namun yang terpenting adalah menyediakan lokasi atau kandang yang benar-benar aman, terlebih lagi aman untuk anak-anak yang ingin melihat. Mungkin bisa menggunakan kandang dari kaca. Dan mungkin Anda baru saja membelinya Landak Mini yang masih kecil, berikut ini cara merawat bayi landak mini tanpa Induk.

6. Chinchilla

Apabila anda belum cukup akrab dengan hewan satu ini, chinchilla adalah hewan sejenis tikus yang memiliki telinga lebar dan besar namun unik sekali. Ini adalah jenis hewan yang terkenal dan sangat populer di Amerika Selatan. Chincilla termasuk dalam daftar hewan eksotis dan paling menarik untuk dipelihara. Ini merupakan salah satu jenis kelinci yang aman untuk anak-anak.

7. Iguana

Nah, selanjutnya adalah si naga kecil alias Iguana yang bisa anda pelihara sebagai hewan eksotis dirumah. Masih sama seperti hewan eksotis lainnya, anda harus waspada dan tetap berhati-hati karena iguana bukan tergolong binatang jinak sebelum dijinakkan. Penting sekali, anda harus menyediakan kandang yang yang besar dan kuat dengan ukuran 100 cm x 100 cm.

8. Piranha

Piranha adalah jenis ikan yang bisa dipelihara, namun populernya ikan ini tidak seperti ikan hias lainnya yang cantik dan lembut. Hati-hati karena piranha mempunyai gigi tajam yang siap menghancurkan jemari anda. Oleh karena itu jika anda ingin memeliharanya sebaiknya was-was agar terhindar dari serangannya.

Jika anda memeliharanya, jangan sampai di campur dengan jenis ikan yang lain seperti misalnya ikan cupang, nila, sapu-sapu dan masih banyak lagi. Bicara soal ikan, sebelumnya sudah disampaikan tentang cara memberi makan Ikan Cupang. Mungkin langkahnya bisa anda gunakan untuk merawat piranha.

Kalau memang Anda tidak ingin membahayakan diri, mungkin bisa memilih alternatif lain dimana ada ikan yang mirip dengan ikan piranha dalam daftar jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara berikut.

Itulah ke delapan jenis hewan eksotis yang bisa dipelihara, tergolong bukan binatang jinak yang harus diwaspadai dan tetap berhati-hati. Tetapi yang paling penting, jauhkan dari jangkauan anak-anak meskipun sudah dijinakkan. Demikian yang bisa disampaikan, selamat membaca dan semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Thursday 12th, September 2019 / 22:58 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan