Sponsors Link

8 Cara Memberi Makan Ikan Cupang Paling Tepat

Selain burung, kucing, kelinci, anjing, hamster ternyata banyak juga yang memelihara ikan dirumah. Sudah pasti ada, sebagaimana yang bisa anda ketahui cantiknya aquarium yang di letakkan dirumah. Namun tidak selalu memelihara ikan harus di aquarium, melainkan di botol pun bisa. Bahkan anda bisa membuatkan kolam kecil untuk emmeliharanya. Dari sekian banyak jenis ikan hias yang bisa anda ketahui semuanya, salah satunya yang hadir dengan harga terjangkau adalah ikan cupang. Dimaksudkan terjangkau karena berbeda dengan ikan seperti koi yang identik dengan harga relatif mahal.

Namun jangan salah, ikan cupang pun mempunyai beberapa grade jenis yang membawa harga berbeda-beda. Baiklah, sebelum melangkah pada jenis cupang apa saja yang mahal harganya disampaikan terlebih dahulu secara umum mengenai ikan cupang. Jenis ikan ini adalah ikan air tawar yang habitat asalnya ada di beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain yakni seperti Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Selain itu, ikan ini juga mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya yang menjadi kekuasaannya. Di kalangan penggemar sendiri, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan yakni cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Sedangkan di Indonesia terdapat cupang asli,salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. (Baca Juga: Jenis Ikan Cupang yang Bisa Dipelihara)

Ikan cupang juga merupakan salah satu jenis yang cukup kuat, karena mampu bertahan hidup dalam waktu cukup lama sehingga apabila ikan cupang di tempatkan pada wadah bervolume air sedikit serta tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup. Jika anda memelihara ikan ini, baiknya mempelajari pula bagaimana cara memberi makan Ikan Cupang yang benar, sehingga kesehatan ikan tetap terjaga dan hasilnya akan cukup bagus berkualitas. Berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda terapkan.

Cara Memberi Makan Ikan Cupang

1. Pemberian Pakan dengan Ukuran Pas

Berikan pakan dengan ukuran yang sama dengan bola matanya si ikan cupang. Mengapa? Karena perut ikan cupang kurang lebih berukuran sama dengan bola matanya dan tidak boleh diberi makanan dengan porsi yang besar, hal ini guna memudahkan sang ikan menelan dan mencerna makanan.

2. Kurangi Porsi Makan

Kurangilah jumlah pakan apabila ikan tidak mampu lagi untuk menghabiskannya. Jika ikan cupang anda tidak menghabiskan semua makanannya, kurangi jumlahnya untuk takaran selanjutnya. Apabila biasanya anda memberi empat butir pelet per ikan, cobalah untuk menguranginya menjadi tiga butir untuk sementaranya. Selanjutnya anda bisa kembali memberikan empat butir pelet jika ikan sudah tampak makan dengan sangat cepat. (Baca Juga: Jenis Pakan Alami Untuk Ikan)

3. Membersihkan Makanan yang Tidak Habis

Bersihkan makanan ikan cupang anda yang tidak dihabiskan. Pakan yang tidak dimakan dan tidak segera dibersihkan bisa menarik bakteri yang tidak bagus bagi ikan dan zat kimia air di akuarium. Hal ini akan menjadi lebih bermasalah jika ikan memakan pakan yang telah basi, dan menimbulkan penyakit. Cara membersihkannya anda bisa menggunakan jaring kecil untuk mengangkat kotoran ikan atau memindahkan ikan ke wadah lain.

4. Pemberian Pakan Secara Teratur

Berilah pakan secara teratur, ini menjadi salah satu dari cara pemberian makan Ikan paling tepat. Ikan cupang harus diberikan makan setiap hari atau hampir setiap hari dengan dua kali sehari ataupun sekali. Biasanya kebanyakan peternak atau pemelihara ikan memberikan dua kali secara teratur dengan interval waktu yang sama akan cukup bagi ikan. Sebagai informasi, ikan cupang membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk mati lantaran kelaparan. (Baca Juga: Cara Menciptakan Akuaponik Sederhana)

5. Pemberian Beragam Jenis Pakan

Berikan ikan cupang dengan beragam jenis pakan. Di habitat aslinya, ikan ini akan memangsa beragam hewan kecil. Pemberian satu jenis pakan yang sama selama waktu yang lama justru bisa membahayakan sistem imunnya serta menyebabkannya untuk makan dengan jumlah yang lebih sedikit. Belum lagi sang ikan sudah pastinya bosan.

6. Pemberian Cacing

Berikanlah ikan cupang anda pakan berupa cacing. Beragam spesies cacing akuatik kecil merupakan makanan utama dari ikan cupang di alam liar atau habitat aslinya. Cacing yang paling umum diberikan kepada ikan cupang yakni jenis cacing darah yang dijual dalam bentuk hidup, kering, beku, maupun dalam bentuk gel. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Cupang yang Siap Kawin)

7. Pemberian Serangga

Selain cacing, berikan ikan cupang pakan berupa serangga, baik menggunakan serangga yang hidup ataupun beku. Adapun jenis serangga yang terbaik untuk diberikan pada ikan cupang anda yaitu Daphnia, atau yang dikenal juga sebagai kutu air, dan lalat buah.

8. Batasi Pemberian Pakan Kering

Jangan terlalu sering anda memberikan makanan kering pada ikan cupang. Makanan kering yang dimaksud seperti pelet kering, flake, atau makanan kering yang dibekukan. Meskipun dipromosikan sebagai pakan untuk ikan cupang, beberapa pakan ikan tersebut masih bisa menyebabkan masalah pencernaan lantaran adanya bahan tambahan yang tidak bisa dicerna dan kurangnya kelembapan. (Baca Juga: Cara Merawat Ikan Cupang agar Ekornya Bagus)

Demikianlah yang bisa di sampaikan mengenai cara memberi makan Ikan Cupang, semoga bisa membantu Anda dalam memberikan perawatan terhadap salah satu ikan hias paling menarik berikut lebih baik lagi.

, , , , ,
Post Date: Monday 22nd, July 2019 / 07:11 Oleh :
Kategori : Ikan