Sponsors Link

7 Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

Hamster merupakan salah satu hewan lucu, dan cukup banyak yang menjadikan piaraan dirumah. Biasanya anak-anak kecil sangat menyukainya. Bahkan orang dewasa pun tak kalah banyak menyukai hewan satu ini. Sayangnya, meski demikian masih saja ada yang menganggap bahwa hamster merupakan tikus, dan merasa geli.

Sudah pernah di sampaikan bahwa kedua jenis hewan tersebut sangat berbeda karena hamster memang lebih lucu menggemaskan. Hamster mempunyai bentuk tubuh lebih besar dan gemuk ketimbang tikus yang memiliki bentuk tubuh sedikit langsing.

Sedangkan perbedaan lain dari tikus dan hamster yang bisa anda ketahui adalah hidung tikus yang mempunyai ukuran serta mulut lebih panjang dibandingkan hamster. Bahkan gigi tikus lebih tajam, dan bisa saja hamster akan mati di terka tikus apabila bertemu. Hamster memiliki ekor yangcukup pendek, bahkan tidak terlihat pada hamster jenis roborovskii, dan hal ini berbeda dengan tikus yang memilliki ekor lebih panjang untuk menjaga keseimbangan tubuh mereka ketika berada di ketinggian.

Lebihnya lagi, hamster memiliki kantong pipi sehingga bisa membawa dan menyimpan makanan mereka untuk persediaannya. Berbeda dengan tikus yang tidak mempunyai kantong pipi sehingga lebih memilih memakan makanan secara langsung di tempat. Parahnya lagi tikus bisa hidup di tempat yang kumuh seperti kelembaban, becek, dan tak jarang di temui di sekolan-selokan. Hal ini yang menjadikan orang merasa jijik. Hal itu berbeda sekali dengan hamster yang cenderung lebih bersih habitatnya, dan pastinya sangat lucu. (Baca Juga: Cara Membuat Kandang Hamster)

Selain itulah perbedaantikus dan hamster, pentingnya lagi untuk anda mempelajari cara membedakan Hamster jantan dan betina seperti yang akan di sampaikan disini. Kebanyakan orang tidak sejeli itu, mampu mengenali dengan cermat mana hamster jantan dan manakan yang betina.

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina

1. Kelenjar Bau Hamster

Untuk cara pembedaan antara Hamster jangan dan betina yang pertama yakni dengan melihat kelenjar baunya. Pertama-tama cobalah anda pegang hamsternya lalu dilihat bagian perutnya. Namun berhati-hatilah, mewaspadai gigitan, yang biasanya gigit adalah hamster jenis cambel dan winter. Setelah itu periksalah apakah terdapat kelenjar bau atau tidak. Biasanya hamster jantan memiliki kelenjar bau yang lebih besar dan jaraknya pun sangat jauh dengan anus. Sedangkan untuk hamster betina kemungkinan juga memiliki namun tidak besar sehingga tidak terlihat seperti halnya sang jantan.

Kelenjar bau pada hamster ini berfungsi sebagai penanda daerah kekuasaannya. Dengan mengeluarkan aroma yang khas, maka si hamster akan paham jika daerah tersebut pernah dilewati ataupun di tempati, cukup cerdas bukan? (Baca Juga: Cara Merawat Hamster Campbell)

2. Kelamin

Ciri-ciri atau cara membedakan antara hamster jantan dan betina yang berikutnya adalah dari segi buah dzakar. Apa itu buah dzakar? Ya, alat kelaminnya, yang mana cara membedakannya adalah dengan meraba di bagian atas anusnya. Akan tetapi pastikan juga bahwa si hamster sudah umur 3-4 bulan, kalau di bawah itu biasanya kelaminnya belum terlihat cukup menonjol.

Apabila sudah mencapai usia di atas maka akan terlihat perbedaan yang signifikan di antara kelamin hamster jantan dan betina secara menonjol. Hal itu bisa anda cermati pada daerah anus dan sekitarnya. Di sana terdapat 2 lubang atau benjolan, yakni lubang yang dekat ekor adalah anus dan lubang yang di atasnya adalah lubang kelamin (penile). Untuk si hamster jantan, antara lubang anus dan kelamin akan memiliki jarak yang lumayan jauh, kira-kira sekitar antara 2-3 cm. Sedangkan untuk hamster betina bahkan nyaris tidak ada jarak di antar anus ke kelamin.

3. Puting Susu

Cara Membedakan Hamster Jantan dan Betina yang ketiga adalah dengan melihat putting susunya. Pastinya bahwa sang jantan tidak akan mempunyai putting susu, dan sang betina mempunyai. Bahkan si hamster betina mempunyai 4-6 buah puting susu di sisi-sisi perutnya. Jika ingin melihatnya anda harus membuka bulunya, tapi kalau umurnya sudah besar tanpa membuka pun sudah terlihat dengan jelas. (Baca Juga: Tips Memelihara Hamster dengan Baik)

4. Karakteristik Hamster Jantan dan Betina

Poin keempat ini merupakan cara membedakan dari segi perilaku atau karakter. Secara umum hamster jantan akan cenderung lebih agresif dibandingkan dengan hamster betina.

5. Skrotum Testis

Poin kelima cara membedakannya yakni dengan menentukan adanya skrotum testis. Bisa diketahui ketika sudah berusia sekita 4 minggu, hamster jantan memiliki skrotum dengan testis. Testisnya biasanya cukup besar dan kadang di salah artikan dengan tumor oleh sebagian orang yang belum mengerti.

6. Pantat

Pada bagian belakang (pantat) hamster jantan lebih terlihat panjang dan bulat di bandingkan dengan sang hamster betina, terutama untuk hamster asli Cina. Biasanya hamster betina akan terlihat ekornya yang lebih memanjang dibandingkan dengan pantatnya. (Baca Juga: Cara Merawat Bayi Hamster)

7. Kelincahan

Dilihat dari kelincahannya, hamster jantan umumnya lebih gesit dan lincah dibandingkan dengan hamster betina.

Itulah ketujuh cara membedakan Hamster jantan dan betina yang bisa anda pelajari ketika hendak membelinya untuk dijadikan sebagai pasangan agar bisa beternak lebih banyak lagi.

, , , , , ,
Post Date: Sunday 21st, July 2019 / 07:08 Oleh :
Kategori : Hamster