Sponsors Link

7 Cara Membuat Kandang Hamster dengan Mudah

Buat anda pecinta binatang, tentunya akan menyukai si imut yang satu ini. Ya, hamster menjadi salah satu jenis hewan peliharaan yang cukup menggemaskan. Selain kelinci ataupun kucing, sebagian besar orang juga memeliharanya dirumah sebagai piaraan lucu. Sekilas, hewan ini memang mirip seperti tikus namun pada kenyataannya berbeda. Selain akan di jelaskan sedikit mengenai hamster itu sendiri, pada artikel ini juga akan di sampaikan bagaimana cara membuat kandang Hamster yang sesuai.

Hamster adalah hewan peliharaan yang tak jarang anda jumpai. Sifatnya yang jinak dan variasi warnanya menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang untuk memelihara hamster. Akan tetapi bentuk fisiknya yang mirip dengan tikus terkadang membuat orang-orang geli melihatnya, dan bahkan tidak jarang yang menganggap hamster adalah tikus. Hamster merupakan hewan crepuscular, artinya adalah hewan yang aktif terutama saat twilight (senja atau subuh). Hewan Crepuscular terkadang memang cukup aktif di malam hari saat bulan purnama.

Selain itu hamster juga termasuk hewan pengerat, dan masih kerabat dengan kelinci, marmot, landak mini, dan juga tikus. Inilah yang sering kali orang menyebut hamster adalah salah satu jenis tikus, karena masih sekerabat namun berbeda. Jika di pelihara, tentunya akan sangat lucu. Sejauh ini cukup banyak yang menyukai hamster, dan bagaimana cara untuk membuat kandangnya bisa di simak berikut ini:

Cara Membuat Kandang Hamster

1. Menentukan Ukuran

Sebelum membuat kandang hamster, yang terpenting untuk anda adalah memikirkan ukuran yang tepat. Perlu diketahui bahwa hamster sangat menyukai kandang yang luas sehingga akan terasa nyaman. Sebaiknya anda memilih ukuran 30 x 30 x 30 cm. Ini akan menjadi pilihan yang pas untuk seekor hamster. (Baca Juga: Cara Merawat Hamster Campbell)

2. Kandang Harus Tertutup

Untuk cara pembuatan kandang Hamster selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa kandang yang anda buat tersebut sudah benar-benar tertutup. Mengapa? Jelas untuk melindungi hamster agar tidak mudah kabur, dan salah satunya yakni pemasangan pintu. Pilihan kandang hamster ada dua macam yakni kardus atau kawat besi. Jika anda membuat dari kawat maka berikan penutup kain untuk menutup ketika malam dan tetap berikan fentilasi. Sama halnya jika anda menggunakan kardus, berikan fentilasi udaranya.

3. Pemberian Alas

Sebuah kandang hamster harus ada alasnya, yakni berupa serbuk kayu dan pasir. Karena hampir semua hamster akan melindungi dirinya sendiri dari dingin. Jadi sebisa mungkin anda harus menyediakan serbuk kayu tersebut.

4. Tambah Mainan

Lucunya hamster, tidak semua hewan peliharaan memerlukan permainan di dalam kandangnya. Namun hal ini berlaku untuk si imut tersebut, bahwa di dalam pembuatan kandang harus di sediakan mainan dengan tujuan agar si hamster tidak cepat merasa jenuh. Jadi mainan tersebut tidak berimbas pada kesehatan atau masalah serius pada hamster, lebih pada menjaga kenyamanan dan membuat hamster betah. Sedangkan untuk peternak hamster semua, sebaiknya tidak usah menggunakan mainan untuk meminimalisir biaya. (Baca Juga: Cara Merawat Hamster Winter White)

5. Pemberian Tingkat

Selain permainan, dalam teknik pembuatan kandang untuk Hamster juga perlu dibuat tingkat. Tidak ada alasan lain kecuali bahwa kebiasaan hamster yang tidak jauh berbeda dengan tikus yakni suka memanjat. Jadi tidak ada salahnya jika untuk memelihara hamster membuatkan kandang yang benar-benar membuatnya merasa nyaman.

6. Usahakan Menggunakan Kawat

Seperti yang sudah di jelaskan bahwa kandang hamster bisa di buat dari kardus ataupun kawat. Saran yang cocok jika anda memelihara hamster untuk di rumah (bukan di ternak) sebaiknya menggunakan kawat. Karena kawat lebih kuat dibandingkan kardus yang bisa rusak kapan saja. Selain itu, penggunaan kawat juga lebih rekomendasi karena bisa dibentuk sedemikian rupa untuk menjadi Kandang dengan penampilan yang lebih indah dan terlihat kokoh.

7. Pemberian Tempat Makan dan Minum

Sediakan tempat makan dan minum di dalam kandang, guna memudahkan anda supaya makan dan minumnya tidak tumpah dan berantakan sehingga membuat kandang kotor. Selain itu hamster juga bisa mengontrol kapan saat lapar dan haus. (Baca Juga: Cara Merawat Hamster Hamil)

Selain dari ketujuh tips di atas, beberapa hal yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut:

  • Jangan menaburkan makanan di dalam kandang, itulah mengapa anda harus membuatkan tempat makan dan minum di dalam kandang sekalian.
  • Bersihkan kandang setidaknya dua kali dalam seminggu, dan atau di rasa kandang sudah mulai berbau dan kotor.
  • Berikan pakan khusus hamster yang bisa di beli di petshop.

Jangan lupa untuk memberikan nutrisi yang pas untuk si imut hamster supaya tumbuh kembang dengan baik dan lincah. Setidaknya anda harus memperlakukan sebaik mungkin untuk hewan peliharaan.

Selucu hamster, jika tidak di rawat dengan baik pun akan mudah sakit dan mati. Apalagi memelihara hewan yang satu ini bisa di bilang gampang-gampang susah. Jadi lakukan yang terbaik dan berikan perlakuan yang selayaknya untuk hamster si peliharaan anda. Demikian artikel yang bisa di sampaikan mengenai cara membuat kandang Hamster, semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Saturday 20th, July 2019 / 07:13 Oleh :
Kategori : Hamster