Sponsors Link

12 Cara Merawat Hamster Winter White

Winter White adalah spesies hewan hamster pada jenis Phodopus. Hewan hamster ini terutama hidup di Siberia dan juga dapat ditemukan di Dzungaria, Kazakhstan, Mongolia dan Manchuria. Lama kehidupan hewan hamster ini berkisar sekitar 1½ sd 2 tahun, walaupun hewan hamster tersebut dapat hidup lebih lama.

Macam macam hewan hamster winter white :

  • normal
  • sapphire
  • pearl
  • golden
  • blue argente
  • violet

Hewan hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hewan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Nah sobat, jika sobat tertarik untuk memeliharanya, yuk simak 12 Cara Merawat Hamster Winter White berikut.

1. Karakter

Hewan hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hewan hamster campbell, yaitu berukuran 7 sd 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl. Karakter hewan hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan kalau yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hewan hamster mini yang lain sebab sifat manjanya ini. (Baca juga mengenai cara merawat hamster hamil)

2. Kelebihan

Kelebihan Hewan hamster Winter White. Persentase hewan hamster winter white yang jinak lebih banyak dibanding jenis hewan hamster mini yang lain. Hewan hamster jenis ini bisa berubah warna menjadi putih jika di area ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika di ruangan yang bersuhu normal. (Baca juga mengenai ternak hamster koloni)

3. Kekurangan

Kekurangan Hewan hamster Winter White. Hewan hamster ini lebih malas dibanding hewan hamster jenis lain, seperti lebih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur dibanding bermain. Hewan hamster winter white juga ada yang galak dan menggigit, untuk kasus seperti ini biasanya hewan hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya. Berbeda dengan hewan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur. (Baca juga mengenai cara memberikan minyak ikan pada hamster)

4. Pilihlah Kandang yang Tepat untuk Hewan Hamster Winter White Sobat

Ada baiknya pelihara hewan hamster winter white Sobat di dalam kandang yang berukuran 0,23 meter persegi atau kandang dengan ukuran 61 x 38 sentimeter. Akuarium kaca dapat menjadi pilihan kandang yang tepat untuk hewan hamster winter white Sobat, selama akuarium yang digunakan memiliki luas yang cukup besar. Akan tetapi, (Baca juga mengenai tips memelihara hamster)

kekurangannya ada pada kurangnya ventilasi udara, sehingga pastikan Sobat menggunakan tutup bagian atas yang terbuat dari jaring kawat agar terdapat perputaran udara di dalam kandang. Sebagai alternatif, kandang hewan hamster winter white berjenis nampan plastik dengan tutup kawat dapat menjadi pilihan kandang dengan ventilasi yang baik. (Baca juga mengenai cara memandikan hamster)

5. Hindarkan Kandang dari Matahari Langsung

Pastikan Sobat tidak meletakkan kandang di area yang langsung terkena cahaya matahari sebab hewan hamster winter white Sobat akan kepanasan sebab cahaya matahari akan menembus dinding kaca akuarium dan meningkatkan

intensitas cahaya yang masuk ke dalam kandang. Akuarium kaca mungkin dijual dengan harga yang mahal, kecuali jika Sobat membeli akuarium kaca bekas. Alternatifnya, Sobat dapat membeli kandang berdinding kawat yang memiliki ventilasi yang lebih baik.

6. Letakkan Kandang Hewan Hamster Winter White di Area yang Aman

Pastikan Sobat meletakkannya di ruangan yang banyak memiliki ventilasi udara. Jangan letakkan kandang tepat di depan jendela. Selain itu, pastikan ruangan yang Sobat gunakan cukup tenang dan bebas dari gangguan hewan peliharaan yang lain seperti anjing dan kucing untuk mengurangi tingkat stres pada hewan hamster winter white Sobat. Jangan pernah biarkan anjing atau kucing Sobat berinteraksi dengan hewan hamster winter white Sobat.

7. Beri Pakan Hewan Hamster Winter White Sobat Setiap Hari

Sediakan cukup pakanan setiap hari untuk hewan hamster winter white Sobat agar asupan gizinya terpenuhi. Sobat perlu menyediakan 8 gram pakanan setiap harinya. Pastikan selalu ada pakanan segar di area pakanan hewan hamster winter white Sobat setiap hari. Hewan hamster winter white merupakan hewan penimbun, sehingga mereka akan selalu memiliki area rahasia untuk menimbun pakanan mereka.

Akan tetapi jika Sobat membuang pakanan pakanan timbunannya, hewan hamster winter white Sobat bisa merasa tertekan. Jika Sobat mengkhawatirkan kualitas pakanan timbunannya, pastikan Sobat menggantinya dengan pakanan baru yang lebih segar setelah Sobat membuang pakanan timbunan yang lama dan letakkan pakanan baru tersebut di area yang sama dengan pakanan timbunan yang lama.

8. Selalu Sediakan Air Untuk Hewan Hamster Winter White Sobat

Saat minum, hewan hamster winter white tidak akan banyak meminum air, namun penting bagi Sobat untuk selalu memastikan ketersediaan air untuk hewan hamster winter white Sobat sebab hewan hamster winter white Sobat dapat merasa haus kapanpun. Jangan letakkan air di area pakanan

sebab area pakanan dapat menjadi kotor dan hewan hamster winter white Sobat tidak menyukainya. Oleh sebab itu, gunakan botol air. Bila memungkinkan, gantilah airnya setiap hari untuk menjaga agar airnya tetap segar, atau setidaknya (maksimal) tiga hari sekali.

9. Gunakan Pelet Dengan Kandungan Gizi yang Seimbang

Jika diberikan campuran biji bijian, hewan hamster winter white cenderung memilih milih biji bijian yang lebih lezat, namun kandungan gizinya kurang tinggi. Berikan pelet atau pelet dadu sebagai pakanan utama untuk hewan hamster winter white Sobat, dan campuran biji bijian sebagai pakanan tambahan. Pastikan sebelum Sobat memberikan campuran biji bijian, hewan hamster winter white Sobat sudah mepakan pelet dalam jumlah yang tepat.

10. Sebarkan Pakanan di Sekitar Kandang

Buatlah agar hewan hamster winter white Sobat mau mencari sendiri pakanannya. Jika Sobat langsung meletakkan pakanannya di area pakanan, hewan hamster winter white Sobat akan lebih banyak pakan daripada beraktifitas, sehingga dapat menyebabkan kegemukan.

11. Belilah Mainan Roda Hewan

Roda hewan hamster winter white yang tersedia dalam paket pembelian kandang biasanya berukuran terlalu kecil dan kurang baik untuk kesehatan tulang punggung hewan hamster winter white. Jika hewan hamster winter white Sobat membungkuk

(punggungnya miring ke arah depan) saat berlarian di dalam roda, roda tersebut berukuran terlalu kecil. Belilah roda hewan hamster winter white dengan diameter 20 sentimeter. Jangan ragu untuk membeli roda yang berukuran lebih besar.

12. Bersihkan Kandang

Gunakan campuran sabun pencuci piring dan air sebagai media pencuci. Perlu diingat bahwa sisa sabun sekecil apa pun yang menempel di kandang dapat membuat hewan hamster winter white Sobat tidak nyaman. Sebagai alternatif, Sobat dapat menggunakan sabun pencuci khusus kandang hewan pengerat atau hewan hamster winter white yang dapat dibeli di hampir semua toko toko hewan peliharaan.

Nah sobat, itulah cara yang dapat sobat terapkan, semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

, , , , ,
Post Date: Wednesday 21st, November 2018 / 13:29 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan