Sponsors Link

8 Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisik

Burung kenari merupakan salah satu dari sekian banyak jenis burung kicau yang dijadikan peliharaan oleh penggemarnya, dan banyak di jumpai. Burung ini adalah tipe yang mempunyai suara indah merdu, selain itu bulunya pun mempunyai warna sangat cantik mengesankan. Sehingga hal itulah yang menjadikan daya tarik dan pesona tersendiri. Bahkan perawatan dari burung kenari ini sendiri pun tidak terlalu rumit, makanannya sangat mudah didapatkan juga.

Sedangkan secara ekonomi, kenari dapat dengan mudah untuk diternakan. Tentunya ini akan menjadikan burung kenari sebagai sumber pendapatan anda, atau sebagai penghasilan tambahan yang menjanjikan. Bagi anda yang ingin sekali beternak burung kenari, tidak ada salahnya memulai dari sekarang ini. Tidak harus banyak, sedikit saja sekitar satu atau dua ekor saja untuk melatih ketrampilan anda sebagai pemula ternak burung. Barulah jika anda sudah di rasa lihai merawat burung, bisa berkala untuk di tambah lagi.

Kendati mudah untuk di rawat, bukan berarti anda bisa sembarangan memberikan pakan atau bahkan menempatkannya. Semua ada tata cara tersendiri untuk menjadikan sang burung menjadi peliharaan berkualitas. Khususnya untuk suara gacornya yang pasti sudah di nantikan. Umumnya burung kenari yang dijual dipasar burung itu ombyokan, disini sangat dibutuhkan kejelian anda sebagai pembeli untuk melihat mana burung kenari yang bagus dan mempunyai prospek kedepannya. (Baca Juga: Cara Merawat Kenari Agar Cepat Gacor)

Selain dari apa yang sudah di jelaskan, hal lain yang tidak banyak diketahui oleh seseorang adalah umur kenari. Tidak semua orang mampu mengenali dengan mudah jika tidak merawatnya sejak masih anakan. Kali ini akan di sampaikan mengenai cara mengetahui umur Kenari dari Fisik. Sama halnya manusia, yang semakin tua maka stamina dan fisik pun berubah. Tidak jauh seperti kenari inilah yang bisa berubah seiring bertambahnya umur.

Cara Mengetahui Umur Kenari Dari Fisik

1. Jari-Jari (Ceker)

Pertama, anda bisa mengetahui umur kenari dari cekernya. Ceker atau jari kenari yang terlihat segar, sehat, mengkilat dan nampak basah itu tandanya kenari masih usia muda. Sama halnya manusia yang semakin tua akan keriput, maka kenari yang berusia tua dapat diketahui dari cekernya yang keriput dan tidak amat basah alias kering. Selain itu, kenari yang berumur tua bisa di ketahui dari sisiknya yang semakin menebal.

2. Masa Mabung

Cara mengetahui umur kenari dari tampilan luar selanjutnya yakni dari masa mabung sang burung. Molting atau mabung adalah istilah dari rontoknya bulu burung secara alami. Jika masa mabung terjadi satu kali dalam setahun, maka bisa di katakan bahwa kenari tersebut masih muda. Sedangkan jika kenari mengalami mabung dua kali dalam setahun maka bisa di sebut sang burung berusia tua. (Baca Juga: Manfaat Air Kelapa Untuk Burung Kenari)

3. Melihat Kloaka

Bisa juga untuk mengetahui umur dari fisik kenari yakni melalui kloaka, atau bentuk kelamin. Khusus untuk burung kenari yang berusia dewasa yakni lebih dari 4 bulan biasanya alat kelaminnya lebih besar di bandingkan kenari betina, begitupun sebaliknya.

4. Gerakannya

Bisa diketahui juga dari gerakan sehari-hari sang burung, jika aktif sekali biasanya kenari masih berusia muda. Sedangkan kenari tua cenderung lebih diam, kalaupun aktif tetapi tidak selincah kenari muda yang sehat.

5. Nafsu Makan

Meskipun kenari yang anda punyai sehat, namun dari segi umur mempengaruhi nafsu makannya pula. Jadi nafsu makan yang tidak begitu antusias tidak selalu bahwa burung kenari sedang sakit. Adapun yang di maksud, kenari sehat mempunyai nafsu makan normal tetapi untuk kenari yang masih muda maka nafsu makannya bisa dua kali lipat dari yang lebih tua. (Baca Juga: Manfaat Tulang Sotong Untuk Kenari)

6. Warna Paruh

Selain dari lima poin yang sudah di sebutkan, keenam lainnya adalah dari fisik paruh. Warna paruh burung kenari yang sudah tua biasanya akan memucat, berbeda dengan kenari yang masih muda lebih terang dan cerah.

7. Kicauannya

Burung kenari yang masih muda tentu saja mempunyai kekuatan lebih fresh dan kuat. Semakin tua, kenari pun akan semakin lemah dan tidak seberdaya ketika muda. Begitu pula untuk suaranya, yang mana performa berkicau akan menurun untuk kenari yang sudah tua. Suaranya tidak sekencang kenari yang masih muda. Sebaliknya, kenari yang masih muda mempunyai suara lebih lantang.

8. Bentuk Tubuh

Biasanya untuk burung kenari yang sudah menua, kondisi tubuhnya tidak sekekar kenari muda. Meskipun sehat, namun jika sudah mengarah pada usia maka fisiknya yang menurun tidak bisa di bohongi. Misalnya yakni bentuk tubuh yang mulai kecil (bukan kurus kurang gizi atau sakit) namun lebih pada perawakan yang kian menua. Sedangkan kenari muda masih mempunyai kondisi badan stabil, kekar dan kuat. (Baca Juga: Cara Mengobati Jamur Pada Burung Kenari)

Demikianlah artikel yang di sampaikan mengenai cara mengetahui umur Kenari dari Fisik yang bisa Anda praktekkan sendiri ketika hendak membeli burung atau mungkin melihat Burung Kenari dari teman, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

, , , , , , , , ,
Post Date: Thursday 18th, July 2019 / 09:55 Oleh :
Kategori : Burung