Sponsors Link

8 Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas yang Penting Untuk Diketahui

Telur Ayam Petelur

Beternak merupakan salah satu hal yang paling umum dilakukan sebagai suatu kegiatan tambahan yang bermanfaat. Karena beternak meminta waktu luang anda untuk akhirnya sibuk, dan tentunya hal ini sangat bermanfaat sekali karena kebanyakan beternak bisa menjadi bisnis sampingan. Salah satu gaya berbisnis yang sering dijumpai adalah beternak ayam, baik untuk jenis ayam lokal, ayam pedaging maupun ayam petelur. Tetapi yang paling banyak adalah memilih beternak ayam petelur, yakni berbisnis daripada telurnya yang bisa dijual dan di setorkan ke toko atau pengepul.

Dalam hal ini, tentu akan banyak resiko yang di alami pelaku dan tidak semua hal dilalui dengan mulus. Sebut saja seperti yang akan disampaikan kali ini tentang Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas. Ya, permasalahan yang bersangkutan dengan kata kunci tersebut mengarah sekali pada beberapa peternak ayam petelur. Sebelum sudah banyak disampaikan yakni beberapanya seperti cara memilih bibit Ayam Petelur dan atau cara beternak Ayam Petelur tanpa kandang.

Telur-telur yang tidak dapat menetas memang sangat menjadi hal yang menyebalkan dan menimbulkan tanda tanya besar. Padahal mungkin anda berfikir sudah memberikan perawatan terbaik dan telaten. Ini adalah hal yang wajar, dan bahkan semua orang pasti mengalaminya. Sehingga anda harus perlu mencari tahu apa penyebabnya. Ada beberapa orang beranggapan lantaran dari segi pakannya. Mungkin artikel tentang manfaat ampas mengkudu untuk Ayam Petelur bisa membantu anda.

Tidak mudah mengenai beberapa hal yang menjadi Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas, namun anda dapat menyimaknya berikut ini:

1. Adanya Ayam Pejantan

Sudahkah anda menyelidiki, apakah ada ayam pejantan? Nah, yang perlu anda perhatikan adalah melihat kondisi yang ada tersebut. Apabila ada, pastikan apakah sudah cukup usianya. Karena usia ayam yang terlalu muda atau terlalu tua biasanya kurang subur sehingga memengaruhi daya tetas telur dari ayam-ayam lainnya.

2. Jenis Pakan

Selain poin di atas, makanan ayam juga berpengaruh terhadap kesuburan telurnya sehingga memengaruhi daya tetas. Untuk meningkatkan daya tetas dari si ayam, berikan makanan yang mengandung banyak protein dan pastikan anda sudah memberikan serta pakan tambahan bernutrisi. Salah satunya yakni seperti cara membuat probiotik untuk ayam petelur berikut.

3. Tempat yang Kurang Nyaman

Perhatikanlah tempat tidur si ayam alias tempat untuk mengerami. Kebanyakan orang memang memilih jerami, namun sebenarnya lebih enak menggunakan beberapa kain yang diletakkan cukup tebal. Hal itu karena meskipun si ayam terbiasa dan cocok, jerami banyak mendatangkan hewan kecil yang dikenal ‘gurem’. Sedangkan kain akan membuat ayam nyaman. Tingkat kenyamanan inilah yang mempengaruhi daya tetas si ayam tersebut.

4. Suhu Pengeraman Kurang Sesuai

Penyebab lainnya yang harus diketahui juga yakni tentang suhu pengeraman yang kurang sesuai. Ini terjadi di kebanyakan orang yang menetaskan pada mesin tetas, yang mana harus anda ketahui bahwa suhu fluktuatif lantaran salah set termostat atau banyak kebocoran pada mesin tetas biasanya akan mengakibatkan telur tidak menetas.

Sedangkan pada musim tertentu, ada kutu yang sering hinggap pada ayam mengeram, ini mengganggu konsentrasi ayam mengeram sehingga daya tetas menurun alias gagal menetas. Misal seperti ketika musim hujan, berikut ini cara merawat ayam petelur di musim hujan.

5. Rasio Ayam Jantan dan Betina

Mengenai rasio, idealnya untuk ayam jantan betina indukan 1 jantan dan 6 betina. Sedangkan pada jenis ayam arab bisa mencapai 1 jantan dan 8 betina. Rasio yang terlalu besar, seperti misalnya 1 jantan dan 15 betina akan menurunkan daya tetas telurnya. Ini yang harus dipertimbangkkan betul karena logikanya ayam jantan tidak mampu mengawini semua betina. Bahkan dalam rasio yang banyak, bisa jadi ada ayam betina yang tidak sama sekali dikawin oleh ayam jago.

6. Telur Ayam Terlalu Lama Dalam Penyimpanan

Sebaiknya jika anda melihat ayam bertelur, beberapa yang bisa anda jual ambil saja dan tinggalkan beberapa untuk ditetaskan jika anda ingin memperbanyak ayam dan melihat hasil tetasan. Salah satu hal lainnya yang merupakan bagian dari Penyebab Telur Ayam Tidak Menetas adalah terlalu lamanya anda menyimpannya.

Mungkin pada saat bertelur anda bermakud menyimpannya terlebih dahulu dan akan dikembalikan ketika ingin di tetaskan. Salah besar, karena sebaiknya anda sudah terlebih dahulu meninggalkan beberapa untuk di tetaskan sang betina.

7. Riwayat Telur yang Sudah Tidak Subur

Penyebab yang lainnya, telur-telur yang tidak menetas sudah mempunyai riwayat tidak subur atau dikenal dengan infertile egg. Telur yang sudah tidak subur tersebut telah diinkubasi yang mana memiliki piringan embrio atau blastodisc (lapisan jaringan embrio), tanpa tanda-tanda adanya darah.

8. Terlalu Cepat Menetas

Terlalu cepat menetas sebelum masanya membuat telur akhirnya justru gagal menampakkan wujud anak-anak dari sang induk. Kegagalan telur yang menetas akan memberikan hasil seperti bau busuk dan gumpalan darah setengah anak ayam yang belum terbentuk yang mana ini semua juga penyebab dari telur ayam tidak dapat menetas dengan baik

Itulah beberapa penyebab dari telur ayam yang tidak dapat menetas, demi menjaga kesehatan dan tingkat produktivitas yang baik dari ayam petelur, cara pemberian vaksin ayam petelur ini dapat Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Saturday 14th, September 2019 / 23:51 Oleh :
Kategori : Ayam