Sponsors Link

7 Cara Beternak Babi Pakan Kering dengan Mudah

Babi Pakan Kering

Babi merupakan salah satu jenis hewan yang sering dijumpai, namun tak sesering halnya kucing, dan juga anjing. Jika kucing, hampir setiap hari anda tentu menemuinya dimana saja seperti contohnya kucing lokal yang banyak berkeliaran. Untuk soal kucing, sebelumnya sudah disampaikan tentang cara bermain dengan Kucing di rumahdan beberapa lainnya seperti mengenali kucing mengeong terus tengah malam. Berbeda untuk topik kali ini, anda harus tahu bagaimana Cara Beternak Babi Pakan Kering, dan apa maksudnya?

Cara Beternak Babi Pakan Kering sama halnya beternak pada umumnya, hanya saja mungkin pakan yang di khususkan jenis kering. Apapun macam pakan untuk si babi, cara beternaknya tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah umum. Babi merupakan sejenis hewan ungulata yang bermoncong panjang dan berhidung lemper serta termasuk hewan yang aslinya berasal dari Eurasia.

Babi merupakan binatang omnivora yang berarti mereka mengonsumsi daging maupun tumbuh-tumbuhan. Selain itu, babi termasuk juga salah satu mamalia yang paling cerdas, bahkan juga dilaporkan lebih pintar dan mudah dipelihara dibandingkan dengan anjing dan kucing.

Hanya saja mungkin untuk gerakannya memang sedikit lamban dibandingkan dengan lincahnya anjing dan kucing. Nah, menyebut tentang anjing, ada tanda Anjing setiaserta tentang tanda Anjing trauma yang bisa dikenali. Karena cukup banyak yang mencari tahu tentang anjing mulai dari perawatan sampai dengan jenis pakan yang bagus diberikan. Satu hal lagi, sebelumnya juga pernah di sampaikan mengenai cara melatih Anjing Kampung agar pintar untuk anda yang ingin memelihara anjing lokal tetapi membuatnya cerdas dan menurut pada majikan.

Selanjutnya kembali pada poin awal, bagaimana Cara Beternak Babi Pakan Kering? Beberapa langkah berikut dapat anda simak:

1. Persediaan Lahan

Pastikan bahwa anda sudah mempunyai lahan yang cukup, bukan sekedar kandang kecil namun sebuah lahan alias halaman yang luasnya cukup. Terutama yang paling penting lokasinya berada di belakang rumah, sebut saja pekarangan. Hal ini karena beternak babi sama halnya beternak hewan besar lain seperti sapi atau kambing. Sehingga memerlukan tempat yang jauh dari tetangga atau lingkungan agar kotorannya tidak terlalu dekat.

2. Pemilihan Bibit

Didalam Cara Beternak Babi Pakan Kering kali ini, poin kedua sebagai langkah-langkahnya yakni memilih bibit terbaik. Bukan hanya asal-asalan saja, namun anda harus memperhatikan kondisi bibit babi yang akan anda pilih sebelum dibawa pulang. Memastikan kesehatannya itu yang terpenting, bagaimana gerak geriknya atau kelincahannya, nafsu makan serta lihatlah kondisi fisik.

Jika tubuhnya baik-baik saja maka fisiknya tidak ada yang cacat, dan jika nafsu makan baik serta lincah kemungkinan babi tersbut sehat. Sedangkan untuk ciri-ciri babi yang baik lainnya yakni letak puting simetris, ambing besar dengan saluran darah tampak jelas, tubuh padat didalam diisi, dan kaki kotor serta tegap.

3. Pembuatan Kandang

Tidak mungkin sekali jika anda akan membiarkan babi-babi tersebut berkeliaran meskipun berada di satu area pekarangan rumah. Biar bagaimanapun, kandang adalah hal pokok dalam beternak yang wajib sekali di buatkan. Berbeda dengan kandang ayam, yang mana hanya butuh tempat kecil maka babi ini harus di buatkan kandang model petak seperti kamar atau seperti anda membuatkan kandang sapi.

Tidak lupa memberikan penutup atau atap, supaya babi tidak kepanasan dan kehujanan. Serta, jangan lupa memberikan wadah sebagai tempat makan dan minumnya. Selain itu, berikut ini beberapa fungsi kandang bagi ternak yang penting untuk Anda perhatikan.

4. Rutin Berikan Vaksin

Dalam beternak babi ini, jangan lupa untuk melakukan vaksinasi minimal dua kali dalam satu bulan. Tujuan dilakukan vaksin yakni merawat babi agar terhindar dari serangan bakteri jahat yang mengancam timbulnya penyakit.

5. Pemberian Nutrisi

Nutrisi baik sangat dibutuhkan sekali di dalam Cara Beternak Babi Pakan Kering ini, sehingga anda harus menyiapkan minimal asupan vitamin seminggu sekali. Entah vitamin tersebut telah anda beli dari petshop ataupun membuatnya sendiri secara alami. Nutrisi akan membantu menjaga kesehatan babi, sehingga tidak mudah lemah dan sakit.

6. Penjemuran

Jangan biarkan babi terus menerus berada di kandangnya, seminggu dua kali ajaklah babi atau bahasa lainnya pergilah menggembalakan babi di lapangan untuk mendapatkan suasana atau pemandangan baru. Sehingga babi juga bisa menghirup udara segar di luaran, dan jemurlah supaya bisa mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari.

Penjemuran cukup dengan menggembalakan saja, biarkan babi bertingkah sendiri dan menikmati caranya. Bagusnya yakni menggembalakan pukul 8 pagi sampai dengan pukul 10. Sedangkan sore harinya pukul 3 sampai dengan pukul 4.

7. Pemilihan Pakan yang Bagus

Nutrisi saja belum tentu cukup, karena yang lebih penting lainnya yakni pemberian pakan terbaik. Beberapa jenis pakan yang bisa anda berikan untuk babi adalah sebagai berikut:

  • Tepung ikan

Tepung ikan sangat baik diberikan pada babi-babi, yang mana di buat dari sisa-sisa ikan atau ikan afkir, yang terdiri dari kepala, kerangkan dan ekor. Sedangkan untuk kualitas tepung ikan yang paling baik adalah yang berasal dari ikan putih, sebab kadar minyaknya tidak lebih dari 6% dan kadar garamnya 4%.

  • Susu Ikan

Sedangkan untuk jenis minuman, selain air saja anda bisa berikan susu ikan atau susu skim yang merupakan susu yang sudah diturunkan kadar lemaknya menjadi kurang lebih 0,1%. Susu skim ini merupakan salah satu bahan makanan yang sangat bermutu, terutama bagi babi-babi induk yang sedang menyusui dan babi muda tentu akan sangat membantu sekali.

Itulah ketujuh cara beternak Babi pakan kering yang bisa disampaikan dan semoga bisa bermanfaat bagi yang masih mau memulai atau bahkan ada yang sudah punya akan tetapi belum dapat memaksimalkan Ternaknya.

, , , , , ,
Post Date: Sunday 15th, September 2019 / 10:31 Oleh :
Kategori : Hewan Ternak