Sponsors Link

Ciri-Ciri Ayam Mau Mengeram yang Harus Dipahami

Ayam Mengeram

Ayam merupakan salah satu hewan ternak yang banyak dijumpai, dan tak jarang dibudidayakan. Jenisnya ada dua yakni pedaging dan petelur, namun berdasarkan spesiesnya sangat beragam mulai dari ayam kampung lokal, sampai dengan ayam import. Apapun jenis ayamnya, cara beternak dan ciri-ciri Ayam mau mengeram tetap sama saja. Jika pada kesempatan ini anda mengetahui akan tanda-tanda dari ayam yang mau mengeram, sebelumnya disampaikan tentang penyebab telur Ayam tidak menetas. Ya, pada umumnya memang tidak ada yang sempurna di dalam beternak ayam. Masalah atau resiko pasti akan dihadapi juga dikemudian waktu.

Anda bisa beternak ayam jenis apapun, namun mengetahui akan Ciri-Ciri Ayam Mau Menetas ada pada artikel ini. Diantaranya seperti ayam broiler, anda bisa beternaknya juga atau bahkan ayam birma. Keuntungan ternak Ayam Broiler dan ciri-ciri Ayam Birma sudah disampaikan sebelumnya. Bahkan hal-hal seperti cara meminimalisir Kematian Ayam pun ternyata ada solusinya.

Akan tetapi tak banyak yang tahu bagaimana cara mengenali tanda bahwa ayam tersebut akan mengeram. Berikut ini beberapa poinnya:

Ciri-Ciri Ayam Mau Mengeram

1. Berkokok Terus Menerus

Salah satu dari ciri ayam hendak mengerami telurnya adalah suaranya tak berhenti, ia akan terus berkokok tiada hentinya. Jika orang tidak mengerti maksudnya, mungkin akan dikira ada sesuatu atau ayam tersebut melihat sesuatu. Ya, adakalanya memang seperti itu namun yang paling sering ini menunjukkan bahwa ayam akan mengeram sehingga memunculkan tanda-tanda demikian.

2. Kebingungan

Tahukah anda bagaimana ayam yang kebingungan? Nah, bagi anda yang belum mengerti maksud dari ayam kebingungan, ini menjadi salah satu cirinya ketika akan mengeram. Ayam akan mondar mandir kesana dan kemari kelabakan tidak menentu. Banyak yang menilai ayam tersebut seperti stres berat, padahal ini menunjukkan bahwa ayam tersebut akan mengeram.

3. Porsi Makan Lebih Sedikit

Jika ayam sedang akan mengeram, ia tidak memikirkan makan. Bukan berarti nafsu makan si ayam berkurang melainkan karena ayam tersebut terlalu sibuk mencari celah untuk memposisikan dirinya ketika akan mengeram. Sekalipun sebenarnya anda sudah menyiapkan tempat, tak menutup kemungkinan sikap ayam seperti ini tidak terjadi.

Hal itu karena ini memang sudah menjadi bagian dari ciri ayam ketika mau mengeram. Demi menjaga kesehatannya, Anda perlu tau cara membuat pakan ternak ayam organik berikut, sehingga ayam bisa lebih terbebas dari bahan kimia yang bisa berdampak buruk terhadap sang ayam suatu hari nanti.

4. Berdiam Di Eraman

Ayam akan berdiam di tempat mengerami yang sudah disediakan setelah beberapa lamanya kelabakan dan berkokok tiada henti. Kondisinya akan memperlihatkan ketenangan, yakni tidak beraktivitas seperti ayam yang lainnya. Ini menjadi tanda bahwa ayam tersebut akan mengeram.

5. Agresif

Untuk poin yang kelima ini adalah yang paling penting dan harus diketahui, sehingga anda juga tentu harus waspada. Ayam yang akan mengeram menunjukkan tanda-tanda sikapnya yang lebih agresif dari biasanya. Bukan saja teman-temannya (ayam) atau bahkan anak-anaknya (ayam) yang mendapat sasaran, bahkan anda pun bisa diterjang sikapnya yang lagi agresif. Hal ini karena tingkat kepekaan dan rasa khawatir ayam meningkat, sehingga lebih agresif. Kalau memang galak sejak dini, mungkin cara menjinakkan ayam galak berikut bisa jadi solusi terbaiknya.

6. Banyak Minum

Dibandingkan makan, ayam yang mau mengeram akan lebih sering minum. Jadi, anda tidak perlu khawatir memikirkan soal tersebut. Adalah hal biasa karena ini menunjukkan sebuah tanda-tanda bahwa dirinya akan mengeram.

7. Bulunya Mekar

Kebanyakan yang diketahui, ayam yang mau mengeram akan memperlihatkan bulunya lebih berdiri dibandingkan biasanya.

Itulah ketujuh dari ciri-ciri Ayam mau mengeram, lalu apa keuntungan mempunyai ayam? Karena tidak selalu ayam dijadikan sebagai ternakan khusus yang dijual, biasanya orang kampung memang menyukai memelihara ayam karena ringan dan tetap bermanfaat. Berikut yang harus anda ketahui jika mempunyai ayam dirumah yang diternak:

  • Bisa Menghasilkan Uang

Karena ketika anda mempunyai ayam kecil dan memeliharanya hingga besar, ketika dijual pun harganya tentu lebih mahal dibandingkan harga ayam kecil yang awalnya anda beli.

  • Kapasitas Bisa Bertambah

Dengan melihat jenis kelamin yang anda pelihara, ayam yang tadinya sedikit bisa tambah banyak jika semua telurnya berhasil ditetaskan dan anak-anaknya anda kembangkan dengan baik.

  • Bisa Diambil Telurnya

Ketika ayam bertelur, anda bisa mengambil telurnya untuk di masak. Sedangkan jika ayam yang anda pelihara adalah ayam kampung, maka telurnya bisa dijadikan sebagai jamu jawa.

  • Diambil Dagingnya

Satu hal yang pasti bahwa ayam biasa dijadikan sebagai menu sehari-hari. Jadi, manfaat jika anda memelihara ayam adalah bisa mengambil dagingnya yakni menyembelih dan mengkonsumsi dagingnya untuk di olah menjadi masakan.

Serta masih banyak lagi manfaat lain dari ayam, sehingga anda tidak ada ruginya memelihara dan beternak ayam. Bahkan bisa di katakan hampir semua tubuh ayam berguna semua mulai dari bulu sampai dengan kotorannya. Bulu untuk dijadikan kok bulu tangkis, kotoran untuk pupuk, daging dan telurnya untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa hal dari tanda-tanda bahwa ayam mau mengeram, dan jangan lupa juga untuk mengetahui cara mengobati ayam sakit demi berjaga-jaga, sehingga ketika terjadi betulan bisa langsung menerapkannya. Semoga bermanfaat.

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 17th, September 2019 / 09:40 Oleh :
Kategori : Ayam