Sponsors Link

8 Manfaat Ampas Mengkudu untuk Ayam Petelur

Beternak ayam sudah menjadi bagian aktivitas sehari-hari untuk beberapa orang, khususnya mereka yang tinggal di pedesaan atau perkampungan. Tak jarang hal ini di lakukan sebagai usaha sampingan, lantaran hasilnya yang cukup memuaskan. Namun ada juga yang sengaja di jadikan aktivitas tambahan atau dengan kata lain bukan untuk bisnis. Jenis ayam yang bisa di ternak sebagai bisnis adalah pedaging dan petelur.

Disini mungkin anda sering mengenal ayam petelur yang kebanyakan memang sebagai usaha bisnis yang menjanjikan. Akan tetapi semua hasil tentu tergantung bagaimana peternak tersebut bisa memberikan perawatan terbaik dan terutama pemilihan bibit induk. Hal ini di karenakan jika induk di pilih dengan cara sembarangan terkadang anda tidak mengetahui kondisinya, sakit atau sehat. Sehingga jika ayam tersebut sakit maka akan mempengaruhi produksi telurnya nanti.

Salah satu cara untuk memberikan nutrisi pada ayam adalah dengan ampas mengkudu. Tentu anda sudah tidak asing dengan buah mengkudu kan? Nah, berikut ini akan di sampaikan mengenai beberapa manfaat ampas mengkudu untuk Ayam Petelur. (Baca Juga: Cara Memilih Bibit Ayam Petelur)

Sebelum melihat beberapa manfaat dari ampas mengkudu yang diberikan pada ayam petelur, sebaiknya anda mengerti tata cara pembuatannya. Hal itu bisa anda simak berikut ini:

#Rebusan Daun Mengkudu

  • 5 Lembar daun utuh & 1 buah batang mengkal di cuci bersih dan iris tipis
  • Rebuslah dengan menggunakan air 2 liter atau maksimal 5 liter
  • Tunggu 15 menit atau sampai mendidih, setelah itu biarkan dingin dan masukkan dalam botol. Simpan di kulkas untuk bertahan beberapa hari kedepan.

#Ekstrasi Kering

Daun yang sudah di cuci bersih kemudian di keringkan dengan cara di jemur. Atau agar tidak terlalu kering anda bisa meng-oven selama 40 derajat celcius. Pastikan proses keringnya benar-benar mudah untuk di tepungkan. (Baca Juga: Cara Beternak Ayam Petelur Tanpa Kandang)

#Probiotik

  • Siapkan daun 1 kg dan buah 1 kg
  • Gula pasir atau gula jawa 0,25 kg
  • Stater bisa NPS ( New Probiotik Stater, ini produk bumiternak klaten ), em4, yakult dll 50 ml sebagai komponen tambahannya
  • Air sebanyak 3-5 liter

Cara Membuat:

Daun dan buah direbus dengan 2,5 liter air, dan setelah mendidih tuanglah pada wadah lain, lalu ampas rebusan diberi air 2,5 lagi dan kemudian rebus kembali. Jika sudah mendidih angkat, tuang dan dinginkan lalu masukan pada digester semua bahan peram kurang lebih 21 hari.

Manfaat Ampas Mengkudu untuk Ayam Petelur

1. Menghambat Sel Tumor

Didalam kandungan ekstrak mengkudu atau olahan buah mengkudu lain sebagai pakan ayam petelur mempunyai kandungan Damnacanthal yang bersifat menghambat pertumbuhan sel tumor kanker dan sering di jumpai dalam organ ayam yang terserang penyakit, juga menghambat pasokan nutrisi di dalam aliran darah sehingga terjadi proses apoptosis. (Baca Juga: Kendala dalam Usaha Ternak Ayam Petelur)

2. Mengatasi Perkembangan Sel Abnormal

Kandungan yang bernama Terpenoid jenis limonen terbukti mampu mengatasi perkembangan pertumbuhan sel abnormal pada ayam petelur, pada jenis betakaroten akan merangsang terbentuknya kelenjar yang berfungsi menghambat masuknya organisme negatif yang sangat merugikan internal metabolisme.

3. Meregenerasi Sel-Sel

Bukan saja berfungsi dalam organ pencernakan saja, tetapi setelah terlebih dulu di ubah menjadi xeronine guna mengaktifkan sel protein, proxeronine juga akan berfungsi untuk meregenerasi sel-sel tubuh yang telah mengalami kerusakan. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur Kampung)

4. Mampu Sebagai Oksidasi

Nah, beragam kandungan di dalam sari atau ekstrak mengkudu salah satunya juga termasuk catechin yang ternyata bermanfaat sekali sebagai pengoksidasian di dalam kerja metabolisme tubuh.

5. Peningkat Daya Tahan

Secara umum, baik daun, batang atau buah mengkudu akan memberikan efek yang positif yakni mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Artinya kandungan di dalamnya mampu membuat ayam petelur sehat dan tetap lincah. Terutama hal ini sebagai pengkuat tubuh agar senantiasa kebal melawan berbagai jenis penyakit. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur Organik)

6. Anti Resistant

Di dalam kandungan mengkudu, terdapat senyawa flavonoid yang mempunyai sifat melawan salmonella penyebab pemicu timbulnya penyakit coli. Penyakit coli inilah penyebab banyak kematian pada DOC dan DOD.

7. Mempercepat Pertumbuhan

Berdasarkan penelitian Guru Besar IPB Prof Dr Ir Yuni Retnani MSc, bahwa ekstrasi daun mengkudu  dengan sistem perebusan pada 15 % tambahan ekstrasi pada air minum, atau misalnya air minum 1 liter penambahan air rebusan mengkudu sebanyak 150ml / 2 botol yakult akan memberikan tingkat mortalitas hanya 1 % saja dengan rerataan 0,67 % di samping mengurangi populasi bakteri negatif. Selain itu juga mampu menghambat kinerja bakteri negatif sehingga imbasnya antibodi ternak meningkat dan mempercepat pertumbuhan ternak. (Baca Juga: Cara Membersihkan Kandang dalam Budidaya Ayam Petelur)

8. Meningkatkan Daya Tetas Telur

Bahwa ekstrak mengkudu ini sangat bermanfaat sekali bagi ayam petelur. Salah satu yang paling dominan adalah meningkatkan daya tetas telur. Sehingga hal ini sangat bagus bagi anda yang sedang tidak ingin menjual telurnya terlebih dahulu namun memperbanyak ayam.

Demikianlah 8 manfaat ampas mengkudu untuk Ayam Petelur, semoga bermanfaat.

, , , , , , ,
Post Date: Friday 10th, May 2019 / 15:13 Oleh :
Kategori : Ayam