Sponsors Link

8 Jenis Makanan Burung Branjangan

Sponsors Link

Ada banyak jenis makanan burung branjangan yang harus anda ketahui, terkhusus bagi yang memelihara unggas ini. Namun untuk sebagian besar yang belum mengerti, branjangan merupakan salah satu jenis burung yang cukup unik dengan variasi suara yang sangat di gemari banyak orang, termasuk kicau mania semua. Oleh karena itulah tidak sedikit orang ada yang menganggap bahwa perawatan burung branjangan tidaklah mudah. Apalagi untuk yang baru saja memulai alias pemula ternak branjangan atau memeliharanya.

ads

Dalam sebuah pemeliharaan burung, makanan adalah hal terpenting yang tak bisa di abaikan. Makanan yang baik juga mempengaruhi performa sang burung, sehingga harus benar-benar di perhatikan. Jadi, anda juga harus bisa memberikan pakan terbaik dengan kandungan gizi yang di butuhkan untuk menunjang pertumbuhkembangnya.

Kebersihan akan makanan yang diberikan juga sangat menentukan kondisi kesehatan branjangan kedepan. Makanan yang sudah tak segar lagi dan dipenuhi dengan jamur bisa memicu burung kesakitan bahkan parahnya bisa mati. Sedang daripada itu, cukup banyak sekali merk-merk makanan branjangan yang di jual di toko burung apabila anda malas untuk meraciknya sendiri. Merk pakan branjangan tersebut antara lain seperti Golden Seeds, HW, Voer Setan, Bijian Setan, Hien Bao Khanh dan tentunya masih banyak lagi. (Baca Juga: Jenis Makanan Burung Serindit yang Bagus)

Namun, jika anda ingin membuat pakan branjangan murni, maka hal itu bisa anda simak dari beberapa poin berikut ini:

Jenis Makanan Burung Branjangan

1. Kroto

Jenis pakan yang pertama untuk branjangan adalah kroto, pasti anda sudah tidak asing lagi. Kroto memang menjadi salah satu jenis pakan burung secara umum. Manfaat yang terkandung di dalam kroto ini bukan saja menjaga nutrisi si burung branjangan saja, melainkan ikut serta berperan penting di dalam pembentukan suara yang lebih baik dan gacor. Sehingga pemberian kroto untuk branjangan sangat wajib diberikan pada pagi hari, yakni cukup dengan takaran satu sendok makan setiap pagi harinya. Kroto juga bisa diberikan sejak anakan agar si burung dapat dengan cepat mengeluarkan suaranya. (Baca Juga: Burung Terkecil di Dunia)

2. Belalang

Belalang adalah serangga dan tergolong jenis pakan EF untuk burung yang bisa anda berikan untuk si branjangan Anda. Di alam liar, burung ini cenderung mencari mangsa di daerah persawahan dan perkebunan. Kendati demikian belalang sangat disukai oleh branjangan lantaran memang dari habitatnya belalang adalah makanannya. Pemberian EF belalang tidak usah anda lakukan terlalu sering, secukupnya saja untuk menunjang keperluan protein dalam tubuh.

3. Undur-Undur

Jenis hewan yang satu ini memang unik, namanya undur-undur yang ternyata bisa menjadi daftar pakan burung branjangan. Bahkan meskipun tergolong hewan yang sangat kecil, namun undur-undur mempunyai banyak manfaat baik untuk si branjangan. Apabila branjangan milik anda cenderung mempunyai nafsu makan rendah, terlihat lesu, dan malas berkicau, maka undur-undur bisa menjadi pelengkap nutrisi yang diperlukan. Undur-undur mengusung kandungan yang bisa membuat burung branjangan menjadi lincah dan mengatur tingkat birahi yang lebih stabil. (Baca Juga: Cara Mengobati Patah Kaki Pada Burung)

4. Biji-Bijian

Baik diberikan sejak masih anakan atau ketika burung branjangan menginjak masa dewasa, biji-bijian sudah bisa diberikan. Akan tetapi jika masih belum bisa di cerna, hancurkan dan campur sedikit air lalu berikan. Biji-bijian yang diberikan tersebut berfungsi baik untuk pertumbuhan dan daya tahan branjangan saat masih anakan.

Sponsors Link

5. Tulang Sotong

Tulang sotong, makanan yang satu ini sangat berkhasiat untuk pertahanan tubuh si burung. Kandungan yang terdapat didalamnya meliputi kalsium yang sangat bermanfaat untuk tulang burung. Selain itu, makanan ini sangat cocok diberikan ketika pada fase-fase anakan di mana burung sangat memerlukan makanan pertumbuhan yang pas baik secara kebutuhan pokok atau pemenuhan gizi. Bukan hanya mampu memperkuat tulang burung, makanan berupa tulang sotong ini juga bisa membuat branjangan lebih gacor, sering berbunyi, lincah, dan terlihat semangat. (Baca Juga: Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung)

6. Biji Padi Muda

Burung Branjangan umumnya mempunyai habitat di daerah persawahan atau semak-semak sehingga mereka biasa mengonsumsi padi sebagai sumber makanan utamanya, terutama biji padi yang masih berusia muda. Pakan biji padi muda ini mempunyai manfaat yang bagus bagi si burung lantaran memiliki kandungan pati yang kaya akan vitamin dan karbohidrat lumayan besar. Adapun ciri-ciri padi muda adalah memiliki tekstur yang masih lembek jika coba dipijat dengan tengan. Nah, dengan seperti ini anda bisa menaruh tangkai yang berisi padi muda di dalam kandang burung.

7. Kacang Hijau

Jenis makanan selanjutnya adalah kacang hijau. Merupakan salah satu jenis bijian yang mengandung akan mineral, protein, kalsium dan asam lemak tak jenuh. Untuk pemberian pakan berupa kacang hijau ini baik dijadikan sebagai makanan utama untuk memenuhi kebutuhan hariannya. Pemberian yang benar yakni bisa dilakukan dengan cara ditumbuk terlebih dahulu atau bisa langsung diberikan secara utuh. (Baca Juga: Jenis Vaksin Untuk Burung Puyuh)

8. Kombinasi Biji-Bijian

Selain dua jenis bijian di atas, bahkan anda dapat menggunakan berbagai jenis biji-bijan yang sering digunakan sebagai pakan burung kicau, antara lain misalnya adalah biji millet yang dicampurkan dengan kuning telur, jahe serta madu.

Itulah 8 jenis makanan burung Branjangan yang bisa anda coba berikan kepada burung kesayangan Anda tersebut, salam sukses!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 12th, May 2019 / 21:01 Oleh :
Kategori : Burung