Sponsors Link

Jenis Makanan Burung Serindit Yang Bagus Dan Membantu Menjadikannya Gacor

Memelihara burung merupakan salah satu bentuk gaya hidup dan hobi yang saat ini mulai banyak dilakukan di masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Salah satu jenis burung yang saat ini mulai banyak digemari dan dipilih sebagai burung peliharaan adalah burung yang bernama serindit. Burung serindit merupakan salah satu jenis burung kicaun berparuh bengkok dan memiliki ukuran kecil. Dalam proses perawatan dan burung serindit tersebut, pemilihan pakan menjadi salah satu hal yang paling penting diperhaitkan. Berikut ini beberapa jenis makanan burung serindit yang bagus dalam membantu menjadikan burung memiliki kicauan yang baik.

  1. Buah buahan yang manis

Jenis makanan burung serindit yang bagus pertama adalah buah buahan khususnya yang memiliki rasa manis. Kandungan gula yang tinggi pada buah buahan manis dapat menjadi salah satu sumber energi bagi burung serindit. Ada beberapa pilihan buah buahan dengan rasa manis yang dapat menjadi pakan burung serindit diantaranya seperti buah pepaya, buah mangga, buah pisang, dan buah semangka. Agar tidak berbahaya bagi burung, rendam buah yang akan diberikan sebagai pakan dengan air garam untuk menghilangkan pestisida maupun toksin dipermukaan buah. (Baca juga : jenis pakan untuk burung anis merah)

  1. Biskuit bayi

Mungkin banyak yang kaget ketika burung harus diberi pakan biskuit bayi yang sebenarnya diformulasi sebagai makanan bagi bayi. Kandungan nutrisi yang melimpah pada biskuit bayi maupun makanan bayi lainnya dapat membantu menutrisi burung serindit sehingga menjadikannya lebih aktif dan rajin untuk berbunyi. Biskuit bayi juga memiliki rasa yang manis sehingga disukai oleh burung serindit. (Baca juga : manfaat pakan perkutut untuk lovebird)

  1. Nektar atau air gula

Nektar atau air gula merupakan salah satu jenis pakan bagi burung serindit yang memang menyukai makanan manis. Nektar merupakan sari bunga yang sekarang ini dapat diperoleh di beberapa toko burung dengan bentuk serbuk. Nektar buatan juga dapat dibuat sendiri dengan campuran air gula dan air yang ditambahkan dengan madu. Nektar asli maupun buatan dapat diberikan setiap pagi sebanyak dua sampai tiga kali seminggu agar dapat menjadikan burung memiliki kualitas kicauan yang baik. (Baca juga : makanan tambahan untuk burung gelatik)

  1. Polen atau serbuk sari

Jenis makanan burung serindit yang bagus lainnya masih berupa bagian dari bunga yakni polen atau serbuk sari. Polen memiliki bentuk serbuk yang merupakan salah satu superfood bagi burung dengan nilai kandungan nutrisi dan gizi yang melimpah. Polen atau serbuk sari dapat menjadi makanan tambahan bagi burung serindit yang dicampurkan pada pakan utamanya. (Baca juga : cara ternak ulat buat pakan burung)

  1. Biji milet

Biji milet merupakan pakan utama bagi burung serindit yang merupakan salah satu jenis burung pemakan biji bijian. Biji milet dapat diberikan sebagai pakan utama dengan tambahan beberapa pakan lainnya yang membantu memenuhi kebutuhan nutrisi. Pemberian biji milet dapat dicampurkan dengan makanan tambahan lainnya seperti buah buahan maupun sayuran yang menjadikan pakan burung tersebut dapat mendukung kualitas kicauan burung. (Baca juga : manfaat jahe pada burung kicau)

Itulah beberapa jenis makanan burung serindit yang perlu diperhatiakn bagi para pemiliki burung karena mengandung nutrisi yang baik bagi kondisi kesehatan burung maupun membantu meningkatkan kualitas kicauan burung serindit tersebut.

, , ,
Post Date: Saturday 04th, May 2019 / 13:27 Oleh :
Kategori : Burung