Sponsors Link

5 Cara Merawat Ayam Aduan Pasca Bertarung Yang Efektif

Ada berbagai macam jenis ayam, mulai dari ayam yang dipelihara untuk konsumsi hingga ayam yang dirawat dan dipelihara untuk diadu demi yang dikenal dengan sebutan ayam aduan. Ayam aduan tentu dirawat dan dipelihara untuk dapat menjadikan ayam tersebut menang dalam peraduan dengan ayam lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi para pemilik ayam adua agar kondisi ayam selalu dalam keadaan yang sehat salah satunya terkait perawatan yang diberikan pasca ayam di adu. Berikut ini beberapa cara merawat ayam aduan pasca bertarung dengan ayam lainnya.

  1. Sembuhkan luka pada ayam

Ayam aduan yang telah diadu atau bertarung tentu akan memiliki beberapa luka disekujur tubuhnya akibat serangan dari ayam lainnya. Perhatikan bagian bagian ayam yang sering mengalami luka pasca bertarung diantaranya seperti sayap, leher dan kepala, serta cekernya. Penanganan luka pada ayam sebenarnya sama halnya dengan penanganan luka pada manusia yakni dibersihkan terlebih dahulu dan lalu diolesi dengan obat merah atau obat luka untuk mencegah terjadinya infeksi pada tubuh ayam. ( Baca juga : cara merawat ayam bangkok siap adu)

  1. Kembalikan nafsu makan ayam

Setelah menjalani pertarungan dengan ayam lainnya dalam aktivitas aduan, maka ayam aduan biasanya akan mengalami kondisi kehilangan nafsu makan. Nafsu makan yang hilang tersebut harus segera diatasi agar kondisi ayam dapat segera kembali seperti semula. Nafsu makan ayam dapat dikembalikan dengan cara memberikan susu cair ke dalam tembolok ayam melalui bantuan suntikan besar. Paksa ayam untuk mengkonsumsi susu cair tersebut dan hentikan ketika nafsu makannya telah kembali. ( Baca juga : cara merawat ayam aduan muda)

  1. Atasi luka dalam pada tubuh ayam aduan

Selain luka fisik bagian luar yang dapat dengan mudah diketahui secara visual, ayam aduan juga dapat mengalami luka dalam yang terkadang tidak disadari pemilik ayam. Permasalahan pada dalam tubuh ayam yang paling sering terjadi pada bagian saluran pernafasannya akibat dipacu lebih tinggi kinerjanya. Untuk mengembalikan dan mencegah kondisi yang lebih parah maka ayam dapat diberi antibiotik maupun menjalani proses vaksinasi. ( Baca juga : jenis vaksin untuk ayam bangkok)

  1. Pisahkan ayam dengan ayam lainnya

Sebelum melakukan aktivitas penyembuhan yang disebutkan diatas, cara merawat ayam aduan pasca bertarung yang perlu diperhatikan dengan baik adalah memisahkan terlebih dahulu ayam pasca beradu dengan ayam lainnya sebelum kondisi luka pulih dan nafsu makannya kembali. Hal ini diperlukan untuk mencegah infeksi maupun amarah ayam yang masih belum stabil sehingga memicu pertarungan dengan ayam lainnya. ( Baca juga : tanda ayam bangkok siap bertarung)

  1. Mengembalikan stamina ayam

Langkah selanjutnya dalam cara merawat ayam aduan pasca bertarung adalah mengembalikan stamina ayam yang tentunya hilang dan habis pasca menjalani pertarungan dengan ayam lainnya. Vitalitas dan stamina ayam aduan dapat dikembalikan dengan cara memberikan jamu yang biasa diberikan atau melalui ramuan berbahan dasar beras, kencur basah, telur bebek, madu, dan gula aren. Selain itu, memandikan ayam dengan air sirih dan melepasnya bersama ayam babon juga dapat mengembalikan stamina ayam pasca bertarung. ( Baca juga : cara mengatasi mental ayam muda)

Itulah beberapa langkah yang perlu diperhatikan dengan baik dalam cara merawat ayam aduan pasca bertarung sehingga kondisi tubuhnya dapat kembali seperti sebelum pertarungan.

, ,
Post Date: Saturday 04th, May 2019 / 13:19 Oleh :
Kategori : Ayam