Sponsors Link

5 Jenis Kandang Untuk Ayam Ras Petelur Yang Dapat Dipilih Peternak

Sponsors Link

Ayam merupakan salah satu jenis hewan yang saat ini masih banyak dikonsumsi baik daging maupun telurnya. Mengingat kebutuhan yang tinggi tersebut menjadikan peternakan ayam akan sangat mudah ditemu dipedesaan termasuk untuk ayam ras petelur yang akan dimanfaatkan telurnya. Dalam proses ternak dan perawatan ayam ras petelur tersebut, pemilihan dan penyiapan kandang sangatlah penting untuk diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa jenis kandang untuk ayam ras petelur yang perlu diperhatikan oleh setiap peternak pemula maupun yang sudah berpengalaman.

ads
  1. Kandang tipe V 4 lajur

Jenis kandang untuk ayam ras petelur yang pertama adalah tipe V dengan 4 lajur. Kandang tipe V ini terlihat seperti bentuk V dengan posisi jalan pada bagian tengah. Salah satu bentuk tipe V yang banyak digunakan adalah tipe V 4 jalur dengan dua  lajur pada bagian kiri dan dua jalur pada bagian kanan. Kelebihan dari kandang tipe V dengan 4 lajur ini adalah intensitas cahaya yang masuk sangat baik dan sirkulasi udara berjalan lebih optimal sehingga dapat menjadikan produksi telur lebih maksimal. Kekurangan dari kandang tipe ini adalah jumlah populasi ayam yang dapat ditampung kurang banyak atau tidak maksimal. ( Baca juga : cara membersihkan kandang dalam budidaya ayam petelur)

  1. Kandang tipe V 6 lajur

Kandang tipe V lain yang sering juga digunakan oleh para peternak ayam petelur adalah kandang tipe V dengan 6 lajur. Adanya 6 lajur yang lebih banyak tersebut menjadikan kandang tipe ini memiliki kelebihan dalam hal jumlah populasi ayam petelur yang dapat ditampung di dalam kandang tentu lebih banyak dibandingkan dengan kandang 4 lajur meskipun sama sama memiliki intensitas cahaya dan sirkulasi udara yang baik. Dengan jumlah populasi ayam yang banyak maka jumlah telur yang dihasilkan juga semakin banyak. Namun kandang dengan 6 lajur ini memiliki kelemahan yakni mudah rusaknya kandang akibat daya tampung yang tinggi serta memiliki tingkat kesulitan bagi pekerja untuk mencapai ayam pada level paling atas. ( Baca juga : cara ternak ayam jawa super pola hcs)

  1. Kandang tipe AA 12 lajur

Jenis kandang untuk ayam ras petelur lainnya adalah kandang tipe AA. Disebut dengan kandang tipe AA karena jika dilihat ada dua bentuk A pada kandang tersebut. Kandang tipe AA tersebut dengan dua bagian utama memiliki jumlah lajur yang tentunya lebih banyak dibandingkan dengan kandang tipe V. Pilihan lajur kandang disesuaikan dengan seberapa banyak populasi ayam yang ingin di masukan dalam kandang dan jumlah yang biasa digunakan adalah 12 lajur. Meskipun memiliki kelebihan yang sama dengan kandang V yakni intensitas cahaya dan sirkulasi udara yang baik, kandang tipe AA memiliki kelemahan yakni membutuhkan lahan kandang yang lebih luas dan tentunya membutuhkan lebih banyak pekerja. ( Baca juga : ternak ayam negeri rumahan)

  1. Kandang tipe AA 8 lajur

Jenis kandang tipe AA 8 lajur juga dapat dipilih sebagai alternatif ketika kandang tipe AA yang 12 lajur terlalu banyak dan tidak mampu mendapatkan perawatan yang merata pada ayam. Perbedaannya hanya terletak pada jumlah populasi ayam yang dapat ditampung menjadi lebih sedikit. ( Baca juga : cara ternak ayam pejantan sukses)

  1. Kandang tipe W 8 lajur

Jenis kandang selanjutnya yang dapat dipilih dalam proses ternak ayam ras petelur adalah kandang tipe W dimana secara bentuk kandang tersebut mirip dengan kandang V namun di bagian tengahnya disisipi kandang tipe A. Kandang ini memiliki kelemahan pada intensitas cahaya dan sirkulasi udara yang kurang dibagian tengah namun jumlah populasi ayam yang dapat ditampung sangat tinggi meskipun lahan yang dibutuhkan juga besar. ( Baca juga : cara beternak ayam tanpa bau)

Itulah beberapa jenis kandang untuk ayam ras petelur yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masing masing peternak yang tentu berbeda. Setiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing yang perlu diperhatikan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 04th, May 2019 / 13:12 Oleh :
Kategori : Ayam