Sponsors Link

13 Cara Ternak Ulat Buat Pakan Burung Dengan Mudah

Sponsors Link

Cara ternak ulat buat pakan burung dapat dilakukan dengan mudah dengan berbagai media untuk budidaya diantaranya adalah kotoran hewan. Banyak jenis pakan yang dapat digunakan sebagai cara alternatif untuk dikonsumsi diantaranya adalah jangkrik, belalang, ulat, dan lain – lain.

ads

Ternak ulat juga dapat dilakukan dengan media dedaunan tergantung kepada jenis ulat yang akan dipelihara. Ulat untuk pakan ini akan membuat suara burung dengan jenis kicau semakin indah pada saat berkicau. Ulat menjadi pakan alami yang cukup mudah dan cepat untuk dilakukan budidaya. Ini menjadi sebuah peluang agar usaha ternak pakan burung menjadi lebih berkembang.

Ulat merupakan pakan burung yang banyak mengandung protein. Protein sangat baik untuk perkebangan sel pada burung. Protein juga sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan burung. Pada banyak pemelihara burung kicau mengatakan jika ulat membuat burung kicau menjadi lebih cepat gacor. Budidaya ulat untuk pakan ini merupakan sebuah peluang bisnis yang masih memilliki kesempatan lebih besar.

1. Persiapan Alat Budidaya Ulat

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan melakukan persiapan alat budidaya. Persiapan alat budidaya sangat penting untuk dilakukan karena menentukkan keberhasilan. Peralatan yang disiapkan adalah berupa tempat berkembangbiaknya ulat. Tempat yang rapat namun memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini sangat penting untuk perkembangan ulat sehingga dapat berkembangbiak dengan maksimal.

Peralatan lain yang juga diperlakukan adalah alat bantu untuk memindahkan ulat. Peralatan pelengkap lain seperti termometer, pengukur kelembaban dan lain – lain sangat penting untuk mengetahui dan mengontrol kondisi lingkungan dari ulat yang sedang berkembang. Para pelaku budidaya harus pintar dalam memilah jenis ulat yang akan dilakukan pembesaran atau yang akan dikembangbiakkan. Faktor lingkungan menjadi penentu yang memiliki pengaruh cukup besar dalam melakukan budidaya ulat.

2. Persiapan Tempat Budidaya Ulat

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan mempersiapkan tempat budidaya ulat. Tempat menjadi syarat yang tidak kalah penting dalam menentukan keberhasilan saat melakukan budidaya. Pelaku budidaya harus menentukkan tempat untuk pembiakkan. Tempat untuk pembiakkan ulat dapat dilakukan di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Para pelaku juga harus menentukan kondisi lingkungan sekitar kemudian menyesuaikannya deng habitat ulat yang akan dibudidaya.

Hal lain yang juga harus dilakukan adalah  memperhatikan kondisi kelembaban lingkungan dan intensitas cahaya yang masuk ke dalma tempat budidaya. Pada umumnya, cahaya yang dibutuhkan hanya sekitar 20%. Tempat yang gelap akan menjadi tempat yang lebih efektif dalam budidaya ulat. Penerangan dapat dilakukan penambahan sebagai pelengkap. Penerangan juga dapat digunakan pada saat dilakukan pemberian pakan.

3. Persiapan Bibit Ulat

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan melakukan persiapan bibit ulat. Bibit ulat sebaiknya disesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat dilakukan budidaya. Hal ini agar ulat tidak mengalami adaptasi yang terlalu sulit. Stres yang tinggi akan membuat ulat mudah mengalami kematian yang akan merugikan para pelaku budidaya.

Hal lain yang juga disarankan adalah mengenai jenis induk yang akan digunakan. Jenis induk yang akan digunakan dapat dipelajari lebih dahulu mengenai kesempatan pasar dan jenis yang paling disukai oleh para burung. Misalnya dengan menerapkan cara beternak ulat bumbung sebaiknya dipelajari dengan detail untuk menghindari berbagai macam resiko terkait dengan kematian ulat.

Sponsors Link

4. Pemisahan Tempat Pembesaran

Hal lain yang juga disarankan untuk dilakukan adalah dengan melakukan pemisahan tempat pembesaran. Tempat pembesaran ini disesuaikan dengan ukuran ulat sehingga akan memudahkan pada saat dilakukan pemanenan. Pemerataan ukuran ulat juga akan mempermudah pada saat melakukan perawatan pada budidaya ulat hongkong. Takaran makanan untuk ulat dengan ukuran kecil akan mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan takaran makanan untuk ulat yang memiliki ukuran lebih besar. Anak dan induk juga sebaiknya dilakukan pemisahan agar dapat terjadi keteraturan pada saat dilakukan perawatan.

5. Pemindahan Ulat ke Tempat Menggunakan Alat

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan melakukan pemindahan pada ulat dengan cara mengambil indukan yang sebelumnya telah dipilih. Hal ini akan menentukan kualitas dari ulat yang akan dihasilkan nantinya. Semakin baik suatu induk maka anakan yang akan dihasilkan juga memiliki peluang untuk memiliki kualitas yang sama. Peralatan yang juga harus diperhatikan dalam pemindahan adalah dengan menggunakan berbagai macam alat yakni diantaranya seperti sumpit dan lain – lain. Pengambilan ulat juga sebaiknya tidak dilakukan dengan tangan kosong karena akan meningkatkan berbaurnya ulat keluar dari tempat asalnya.

ads

6. Pemberian Pakan untuk Ulat

Cara ternak ulat sutera buat pakan burung adalah dengan memberi pakan ulat. Pemberian pakan ulat disesuaikan dengan menggunakan jenis ulat yang dipelihara. Misalnya pada ulat sutera dapat diberi pakan daun murbei. Pada ulat kandang dapat diberi pakan yang berasal dari nutrisi kotoran.

Banyak media yang dapat disesuaikan dengan jenis. Pakan juga harus disesuaikan dengan ukuran ulat dan banyak ulat yang dikembangbiakan. Hal ini agar terjadi keseimbangan antara ulat dan pakan yang diberikan.

7. Perawatan Tempat Budidaya

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah perawatan tempat budidaya. Perawatan tempat budidaya sangat penting untuk memberikan kenyamanan bagi pemilik dan mendukung perkembangan ulat tersebut.

Banyak pakan berupa buah yang juga dapat dijadikan alternatif pakan alami. Pakan tersebut diantaranya adalah bengkoang, ubi, pepaya, dan lain – lain. Perawatan tempat juga dapat mendukung pertumbuhan ulat menjadi optimal. Pertumbuhan yang optimal akan membuat daya jual pada ulat semakin tinggi. Jadi perawatan tempat pembudidayaan ulat cukup penting.

8. Penggunaan Pakan Tambahan

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan menggunakan pakan tambahan. Pakan tambahan diantaranya bisa berupa polar. Polar merupakan salah satu pakan yang bisa sekaligus menjadi media tempat tinggal. Polar ini dapat digunakan sebagai sumber nutrisi atau makanan. Penggunaan polar juga menjadi siasat dari peternak untuk menghmat biaya pakan. Banyak peternak ulat kandang yang menggunakan pakan ini juga menjadi cara menjinakan burung manyar. 

9. Penggunaan Kapas untuk Pembibitan

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan menggunakan kapas untuk dilakukan pembibitan. Kapas menjadi media yang sangat halus untuk menjaga bibit – bibit dari ulat. Peternak juga dapat menggunakan kain untuk media alternatif yang lain.

10. Pembersihan Tempat Budidaya Ulat

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah melakukan pembersihan pada tempat budidaya. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyakit dari ulat yang mengalami kematian kemudian membawa berbagai macam bakteri,

11. Pemisahan Indukan

Cara ternak ulat buat pakan burung adalah dengan melakukan pemisahan indukan. Pemisahan indukan dapat dilakukan dengan mudah untuk melihat ukuran dan kualitas pada ulat. Pemisahan induk juga sangat berguna untuk menjaga induk dari hal hal yang tidak diharapkan.

12. Perawatan Indukan

Pemisahan indukan dapat mulai dilakukan setelah  9 sampai 12 hari.  Perawatan ini bertujuan untuk induk dapat menghasilkan telur ulat yang unggul sehingga masa panen dapat dilakukan dengan melimpah sebagaimana agar budidaya burung gelatik wingko berhasil.

13. Panen Ulat

Masa panen dilakukan dengan hari kurang dari satu bulan pada umumnya, tergantung kepada jenis yang dipelihara. Panen dilakukan dengan memisahkan ulat dan media pakan kemudian dimasukan ke dalam kemasan untuk siap dijual dalam keadaan hidup. Banyak pula ulat yang dijual dengan melalui proses pengolahan diantaranya pengeringan.

Itulah tadi info seputar ternak ulat, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Saturday 27th, January 2018 / 02:43 Oleh :
Kategori : Burung