Sponsors Link

Cara Mengobati Suara Serak Pada Burung Yang Efektif

Sponsors Link

Memelihara burung menjadi salah satu hoby yang belakangan ini banyak diminati di masyarakat. Ada berbagai jenis burung yang populer untuk dipelihara mulai dari burung lovebird hingga buluk jalak sekalipun. Salah satu kemampuan burung yang menjadikannya banyak dipelihara adalah karena suara atau kicauan yang dihasilkna cukup merdu serta menarik. Setiap pemilik burung kicauan tentu akan melakukan banyak usaha demi menjaga agar suara buruk tidak mengalami gangguan seperti munculnya kondisi serak. Suara yang serat akan mempengaruhi kicauan burung sehingga harus diatasi. Berikut beberapa cara mengobati suara serak pada burung dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Pahami penyebab suara serak pada burung

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam mengatasi suara serak yang muncul pada burung kesayangan adalah dengan mengetahui dan memahami penyebab dari munculnya kondisi gangguan tersebut. Suara serak pada burung disebabkan oleh adanya lendir di tengorokan atau peradangan yang dapat menghalangi keluarnya suara. Peradangan pada burung dapat disebabkan oleh banyak hal mulai dari salah makan, kualitas pakan yang buruk, dan burung yang kelelahan serta terlalu banyak dipaksa mengeluarkan suara. (Baca juga : cara mengobati burung hilang suara)

  1. Hindari beberapa hal yang dapat memperparah serak

Ketika burung mengalami serak maka langkah atau cara mengobati suara serak pada burung selanjutnya adalah dengan menghindari setiap penyebab yang dapat memperparah kondisi tersebut. Beberapa hal yang perlu dihindari diantaranya menghentikan pemberian makanan pada burung karena pakan yang berkualitas buruk dapat menyebabkan serat, menganti jenis pakan yang lebih berkualitas, dan banyak mengistirahatkan burung agar tidak mengeluarkan suara sementara waktu hingga kondisi serak dapat diatasi. (Baca juga : cara mengobati flu pada burung dara)

  1. Mengatasi radang pada burung

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan oleh pemilik burung untuk mengatasi serak yang disebabkan oleh peradangan adalah dengan mengatasi kondisi radang pada burung. Peradangan pada burung dapat diatasi dengan memanfaatkan larutan penyegar yang banyak di perjual belikan di apotek. Berikan air larutan penyegar tersebut sebagai penganti dari air minum burung dan sebaiknya pilih yang tidak memiliki rasa agar burung tetap mau meminumnya. (Baca juga : makanan tambahan untuk burung gelatik)

  1. Mengeluarkan lendir pada tenggorokan

Lendir yang terdapat di dalam tenggorokan menjadi salah satu penyebab utama munculnya serak pada burung. Sebagai bagian dari cara mengatasi serak tersebut maka mengeluarkan lendir akan membantu mempercepat kembalinya suara yang dimiliki oleh burung. Lendir dapat dikeluarkan melalui beberapa cara yang diantaranya sebagai berikut :

  • Gurah, merupakan cara traditional yang dipakai untuk membersihkan lendir pada bagian tenggorokan dan mata. Gurah pada burung dapat dilakukan dengan memanfaatkan daun lenteng agung agar prosesnya lebih mudah. (Baca juga : efek samping obat metabolis untuk burung)
  • Ramuan traditional, cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengeluarkan lendir pada tenggorokan burung adalah dengan menggunakan ramuan traditional. Beberapa ramuan yang dapat digunakan yakni air rebusan daun sirih, ramuan jahe, dan lain sebagainya.
  1. Memberikan makanan bernutrisi ataupun vitamin

Serak pada burung sebenarnya dapat sembuh ketika burung memiliki daya tahan tubuh yang baik. Memberikan burung vitamin maupun makanan bernutrisi tinggi akan dapat membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh menjadi meningkat sehingga secara alami dapat mengatasi serak pada burung. (Baca juga : cara merawat burung cucak ijo di musim hujan)

Itulah beberapa cara mengobati suara serat pada burung yang perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik burung karena kondisi serat tentu dapat menganggu burung burung kicauan.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 12th, March 2019 / 23:59 Oleh :
Kategori : Burung