Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Ikan Mas

Sponsors Link
gambar ikan mas 7

Ikan mas, tentu semua orang tidak asing lagi karena sudah banyak di temui. Bahkan hampir semua taman yang mempunyai kolam berhiaskan ikan jenis ini. Ya, ikan mas adalah salah satu ikan hias yang guna mempercantik kolam atai aquarium, namun banyaknya di pelihara di kolam. Ikan ini memang cukup cantik, apalagi jika yang anda miliki mempunyai tubuh yang bongsor. Saat ini banyak sekali yang melakukan budidaya ikan mas, karena jumlah permintaan yang membeludak. Baik perkantoran atau rerumahan yang mempunyai taman identik dengan kolam ikan. Disanalah ikan mas bernaung dan berenang kesana kemari.

ads

Sayangnya tak jarang yang mengeluhkan perawatan ikan ini. Salah satu yang terjadi adalah serangan hama, yakni parasit yang merugikan spesies ikan mas tersebut karena hanya menghisap sari saja. Nah, lalu seperti apa saja cara mengatasi Hama Penyakit pada Ikan Mas? Anda tentu khawatir akan kondisi ikan mas yang terganggu oleh hama penyakit. Tak heran jika pemilik akan rela menghabiskan uang demi untuk membuat ikan mas mereka sehat kembali. Berikut ini bisa anda simak mengenai cara melibas hama penyakit ikan mas.

Cara Mengatasi Hama Penyakit Pada Ikan Mas

1. Antibiotik

Dengan antibiotik ini anda bisa memanfaatkan pada ikan mas anda guna membersihkan dari bakteri, kuman sampai dengan hama penyakit. Antibiotik berguna untuk membersihkan badan ikan mas dari segala kotoran sehingga bisa di normalkan lagi. Anda bisa membeli antibiotik ini di kios ikan terdekat yang ada, dan harganya pun cukup terjangkau sekali. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur Pada Ikan Mas)

2. Penyortiran

Usai anda memberikan antibiotik pada kolam ikan mas, langkah selanjutnya adalah melakukan penyortiran. Cara penyortiran yang harus Anda lakukan yakni dengan memisahkan ikan sesuai dengan jenisnya masing-masing. Misalnya adalah ikan mas yang berbadan bongsor di pisahkan dengan ikan mas yang berbadan besar, Ikan mas yang berbadan kurus dengan yang berbadan kurus. Ikan mas yang berusia muda dengan ikan mas yang sudah umur tua. Ikan mas yang masih usia kecil dengan jenisnya. Nah, begitupun dengan yang sakit harus di pisahkan dengan yang tidak sehat. Hal ini guna memudahkan anda untuk membunuh hama penyakit ikan mas.

3. Pengelompokan Ikan Mas yang Sakit

Ikan mas yang sakit atau terindikasi hama penyakit harus anda pisahkan dengan yang lainnya. Sediakan tempat tersendiri untuk semua ikan mas yang tidak sehat, sehingga anda mudah untuk menyembuhkannya. (Baca Juga: Cara Menghilangkan Parasit Pada Ikan Mas Koki)

4. Pengobatan

Tahap selanjutnya yakni dengan melakukan pengobatan. Anda harus membelikan obat khusus ikan yang sakit. Sama seperti antibiotik, harga obat untuk ikan sendiri cukup terjangkau. Jika anda sudah mempunyai obatnya, maka aplikasikan pada semua ikan mas yang sakit. Biasanya obat untuk ikan mas ini berupa cairan yang di campurkan pada kolam. Lakukan pengobatan minimal satu kali dalam sehari, jangan terlalu banyak dan sering karena bisa berefek buruk pada ikan jika berlebihan.

5. Perawatan

Tetap lakukan perawatan terbaik untuk ikan mas anda setelah pengobatan. Adapun yang di maksud adalah pemberian pakan, anda harus rutin memberikan ikan pakan untuk memulihkan kondisinya yang sakit. Tujuannya supaya ikan bisa sehat dan gemuk kembali. (Baca Juga: Cara Membuat Umpan Ikan Mas Agar Dapat Banyak)

Sponsors Link

6. Pemberian Nafsu Makan

Carikan obat yang mampu memulihkan nafsu makan ikan yang sedang sakit. Hal ini guna mendukung pertumbuh kembangan ikan kembali, yakni agar ikan kembali gemuk dan lincah.

7. Menguras dan Mengganti Air

Rajinlah untuk menguras dan mengganti kolam anda. Dimaksudkan ini semua untuk menjaga kebersihan kolam ikan, karena air yang tidak pernah di ganti akan menjadi sarang kuman atau bakteri. Inilah awal mula ikan anda bisa terserang hama penyakit. Mulai sekarang rajinlah untuk menguras air dan menggantinya dengan air yang baru minimal dilakukan tiga kali dalam seminggu, namun tetap tergantung pada luas kolam anda. (Baca Juga: Cara Agar Ikan Mas Koki Tidak Gampang Mati)

8. Membersihkan Kolam dan Areanya

Selain menguras dan mengganti air, anda juga harus tetap menjaga kebersihan sekitarnya. Diantaranya adalah membersihkan kolam pada saat anda sedang menguras airnya meliputi dengan menyikat kolam, bersihkan secara menyeluruh dan jangan menggunakan bahan kimia terlalu banyak, sebab ketika di isi air lagi nantinya, air tersebut tidak dalam kondisi jernih alami, melainkan terkontaminasi dengan bahan kimia. Sebaiknya, bilas terlebih dahulu sebelum kolam terisi kembali.

Memang tidak mudah untuk berbudidaya ikan, apalagi ikan hias seperti ikan mas. Bahkan sebagai pemilik anda harus fokus memberikan perawatan, menyediakan waktu luang serta hal-hal yang berhubungan dengan perawatan terbaiknya. Sebagai pembudidaya tentu masalah ini mengarah pada kualitas ikan mas nantinya. Sedangkan untuk anda sebagai pemilik ikan mas yakni kerugian anda telah membelinya, apalagi jika dalam jumlah yang besar. (Baca Juga: Tips Sukses Ternak Ikan Mas)

Itulah 8 cara mengatasi Hama penyakit pada Ikan Mas yang harus anda ketahui. Dengan panduan ini anda bisa lebih berhati dalam hal perawatan sampai dengan kebersihannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca semua, selamat mencoba dan sukses.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 12th, March 2019 / 15:42 Oleh :
Kategori : Ikan