Sponsors Link

Cara Mengobati Patah Kaki Pada Burung Yang Baik Dan Benar

Sponsors Link

Memelihara burung kicauan maupun burung yang memliki bentuk indah merupakan salah satu hobi yang belakangan ini sudah mulai banyak digemari dan populer dimasyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Dalam proses memelihara burung tentu setiap pemiliknya tidak menginginkan kondisi burung mengalami keadaan yang mengganggu atau berbahaya bagi kesehatannya. Tak menutup kemungkinan meskipun burung peliharaan lebih banyak berada di dalam kandang dapat mengalami kondisi kaki yang patah. Untuk mengatasi kaki patah pada burung peliharaan maupun burung liar yang ditemukan secara tidak sengaja, ada beberapa cara mengobati patah kaki pada burung tersebut dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  • Segera ketahui kondisi kaki burung yang patah

Kaki burung yang patah biasanya dapat diawali dengan kondisi terkilirnya kaki pada burung tersebut. Kondisi terkilir tersebut harus cepat diketahui agar tidak menyebabkan terjadinya patah kaki atau mencegah patah kaki semakin parah. Permasalahan pada kaki dapat dideteksi dengan cara meraba secara lembut kaki burung. Melalui rabaan tersebut maka adanya masalah kaki yang terlihat dapat segera diketahui. (Baca juga : cara mengobati patah tulang pada anjing)

  • Mengatasi kaki burung patah berdasarkan jenisnya

Kondisi kaki yang patah pada burung ternyata memiliki jenis yang berbeda satu sama lain sehingga akan menentukan cara pengatasan atau pengobatan yang berbeda pula. Berikut ini beberapa cara mengobati patah kaki pada burung sesuai dengan jenisnya seperti :

  1. Tibiotarsus

Tibiotarsus merupakan jenis patah kaki yang banyak dialami oleh burung anakan. Untuk mengobati patah kaki tibiotrasus dapat dengan menggunakan cetakan kaki yang menggantikan kaki yang patah pada burung sehingga dapat membantunya tetap bisa bergerak dengan bebas. Cetakan kaki tersebut dapat dibuat sendiri dengan memanfaatkan box bekas, kertas karton bekas, dan bahan bekas lainnya. (Baca juga : cara mengatasi patah tulang pada kucing)

  1. Tarsometatarsus

Merupakan bagian yang berada di bawah tibotarsus yang sudah dijelaskan diatas. Patah kaki pada bagian ini akan lebih parah dan membutuhkan alat cetakan kaki yang lebih kuat. Untuk mengatasi dan mengobati bagian tarsometatarsus adalah dengan menggunakan pipa atau bahan yang lebih kuat untuk mengantikan beban pada bagian tersebut selama proses penyembuhan alami. (Baca juga : cara merawat kucing yang patah kaki)

  1. Jari belakang yang bengkok

Kondisi umum selanjutnya yang juga bagian dari kondisi patah kaki adalah munculnya keadaan dimana jari belakang burung menjadi bengkok. Muncnulnya kondisi tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya seperti jeruji kandang yang tidak beraturan, alas sangkar yang tidak merata. (Baca juga : cara mengobati sapi patah tulang)

  • Memberikan nutrisi terbaik bagi burung

Sama halnya dengan manusia, kondisi patah tulah pada kaki ikan dapat dibantu dengan cara memberikan nutrisi terbaik bagi burung sehingga tubuhnya akan dapat mengatasi atau mengobati kaki patah secara bertahap. Selain memberikan nutrisi terbaik bagi burung, pemilik burung juga harus mencoba dan berusaha untuk menjadikan burung tidak banyak bergerak atau lebih mengusahakannya tidak menyentuh bagian kaki yang patah atau melakukan gerakan yang berlebihan. (Baca juga : gejala turun urat ayam bangkok)

Itulah beberapa cara mengobati patah kaki pada burung secara sederhana dan dapat dilakukan sendiri. Ketika kondisi patah kaki pada burung lebih parah maka mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis hewan dapat dialkukan sehingga menghindari dampak terburuk yang dapat terjadi.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Wednesday 13th, March 2019 / 00:13 Oleh :
Kategori : Burung