Sponsors Link

8 Cara Memilih Bibit Ayam Petelur Berdasarkan Jenisnya

Sponsors Link

Ayam merupakan salah satu jenis unggas yang banyak di konsumsi, tentunya hal ini dengan bantuan para peternak semua. Tanpa jasa peternak, mungkin konsumsi ayam tidak seperti yang dirasakan pada umumnya. Hal itu karena para peternak berjuang untuk memberikan hasil dan kualitas ayam terbaik dengan cara memberikan perawatan tepat dan benar. Dari beberapa jenis ayam, salah satunya yang mudah dan umum dibudidayakan adalah jenis ayam petelur. Namun bagaimana cara memilih Bibit Ayam Petelur agar tepat dan benar?

ads

Ya, sebelum memulai bisnis ternak ayam petelur ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Salah satunya disini adalah dengan memperhatikan pemilihan bibit yang berkualitas. Hal ini karena akan berpengaruh pada hasil pemanenan anda nantinya. Jika anda memilih bibit dengan kualitas super, maka hasil panen telur nantinya juga bagus-bagus. Tentunya tidak ingin anda akan mengalami kerugian dalam budidaya ayam petelur ini bukan? Oleh karena itu perlu anda simak beberapa cara pemilihannya berikut ini. (Baca Juga: Cara Beternak Ayam Petelur Tanpa Kandang)

Cara Memilih Bibit Ayam Petelur Berdasarkan Jenisnya

1. Pilih Ayam Hibrida yang Berwarna Coklat

Ayam jenis Hibrida adalah jenis ayam dengan RAS petelur coklat yang terbagi menjadi beberapa jenis dan lebih banyak dikenal sebagai Golden Comet. Bobot dari ayam hibrida ini mencapai 2 kg, dan memang tidak seberat ayam broiler. Namun yang lebih menarik justru daging dari ayam ini lebih gurih dibandingkan dengan ayam pedaging. Jenis ayam ini mampu menghasilkan banyak telur berkualitas.

Keuntungan jika anda memilih jenis ayam ini adalah meminimalisir pakan karena sifat dari ayam ini adalah pengkonsumsi pakan yang sedikit. Namun dengan sifatnya yang mengkonsumsi sedikit pakan justru mampu menghasilkan telur banyak. Nah, bagi kebanyakan pembudidaya yang ada di Indonesia sendiri memang lebih banyak memilih ayam petelur hibrida ini. Ciri-ciri tubuhnya berwarna keemasan dan coklat dengan ekornya yang berwarna putih. Ayam ini mampu menghasilkan telur sebanyak 280 butir dalam setiap tahunnya.

2. Pilih Ayam White Leghorn yang Berwarna Putih

Bibit ayam petelur yang berkualitas lainnya adalah white leghorn atau jenis ayam petelur putih. White leghorn adalah jenis ayam dengan ras petelur yang mempunyai warna bulu putih dan bersih, serta telur yang dihasilkannya juga mempunyai warna putih bersih. Sedangkan ciri lainnya adalah jengger ayam yang cenderung berwarna merah.

Ayam jenis ini merupakan jenis yang banyak di manfaatkan telurnya saja. Jadi sangat cocok jika white leghorn disebut dengan ayam petelur. Namun untuk pertahunnya tidak lebih banyak dari ayam hibrida produksi telurnya, yakni hanya 260 butir per tahunnya. (Baca Juga: Kendala dalam Usaha Ternak Ayam Petelur)

3. Pilih Ayam Ancona

Cara lain untuk mendapatkan bibit ayam petelur yang berkualitas adalah dengan memilih ayam ancona. Untuk ciri-cirinya sendiri, ayam ini mempunyai ukuran tubuh yang cukup kecil dan ramping. Persebaran ayam ini sendiri sudah sampai ke Amerika Serikat dan Inggris. Secara penampilan, ayam ini lebih mirip dengan Plymouth rock namun ancona mempunyai bentuk tubuh sedikit lebih besar.

Sayangnya jenis ayam ini memang dikenal lebih liar dibandingkan dengan jenis ayam yang lainnya. Hal itu diketahui ketika terbang melompati kandang-kandang yang telah anda sediakan. Namun hasil telurnya mempunyai kualitas bagus dan layak untuk di pasarkan dengan keuntungan cukup besar.

4. Pilih Ayam Plymouth Rock

Plymouth Rock disebut juga dengan jenis ayam Barred Rock, merupakan jenis ayam petelur yang sangat cocok untuk anda kembangkan sebagai salah satu bisnis dibidang ternak. Ayam ini memang harus anda coba untuk di ternak karena barred rock adalah ayam yang cenderung lebih mudah di pelihara serta mempunyai daya tahan yang lebih kuat.

Ayam Plymouth Rock mempunyai bentuk badan yang cukup kecil jika dibandingkan dengan jenis ayam yang lainnya. Telur ayam yang dihasilkan mampu mencapai hingga 200 butir dalam setiap tahunnya. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur Kampung)

Sponsors Link

5. Pilih Ayam Ross Brown

Selanjutnya untuk mendapatkan bibit ayam petelur yang berkualitas dengan memilih ayam ross brown. Uniknya, jenis ayam ini mempunyai klasifikasi sebagai ayam petelur yang diciptakan di Negara Inggris tahun 1972. Nah, sementara di Indonesia sendiri pengembang ayam petelur ini mempunyai ciri-ciri warna tubuhnya yang coklat dengan produksi telur mencapai 270 per tahunnya.

6. Pilih Ayam Lohman Brown

Selanjutnya adalah dengan memilih jenis ayam lohman brown yang merupakan klasifikasi ayam produksi oleh perusahaan Miltibreeder Adirama Indonesia. Ciri-cirinya yaitu ayam ini mempunyai warna bulu coklat layaknya caramel dengan warna bulu putih yang ada pada area sekitar leher dan ujung ekor. Mengapa anda harus memilih jenis ayam ini untuk budidaya? Karena ketika sudah menginjak usia 8 minggu ayam ini mampu memproduksi telur hingga 300 butir dalam setiap tahunnya. (Baca Juga: Cara Pemberian Vaksin Ayam Petelur)

7. Pilih Ayam Sussex

Pilihan lainnya yakni jenis ayam Sussex yang bisa menjadi tips menentukan bibit petelur terbaik. Ayam ini banyak di pelihara oleh para peternak lantaran jenisnya yang dapat di manfaatkan sebagai ayam yang memproduksi telur berkualitas dan juga daging. Setiap tahunnya ayam ini mampu menghasilkan butiran telur hingga 250.

8. Pilih Ayam Hamburg

Pilihlah jenis ayam hamburg untuk budidaya petelur anda, karena jenis ini merupakan ayam asli yang berasal dari Jepang. Dalam setiap tahunnya ayam ini mampu mencetak 200 butir telur. (Baca Juga: Cara Budidaya Ayam Petelur Organik)

Itulah 8 cara memilih Bibit Ayam Petelur yang baik dan berkualitas berdasarkan jenisnya, sehingga dapat diperoleh Ayam dengan hasil yang bagus. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,
Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 17:14 Oleh :
Kategori : Ayam