Sponsors Link

8 Cara Mengawinkan Silang Kelinci

Sponsors Link

Kelinci merupakan salah satu binatang peliharaan yang amat lucu. Hewan ini mempunyai ciri-ciri telinga yang panjang, dan larinya yang cukup kencang. Tak heran jika selain kucing, banyak orang memelihara kelinci untuk piaraan dirumah. Kelinci juga menjadi hewan jinak yang mudah sekali akrab dengan manusia. Sayangnya untuk baunya sangatlah menyengat seperti air seninya. Selain dijadikan peliharaan dirumah, kelinci juga bisa menjadi salah satu langkah budidaya.

ads

Bahkan anda bisa melakukan bisnis kelinci dengan modal yang sedikit. Salah satunya mungkin bisa di mulai dengan menjodohkan kelinci tersebut. Namun bagaimana cara mengawinkan silang Kelinci agar menghasilkan anakan yang berkualitas dan bagus sehingga bisa di nilai mahal?

Tidak banyak yang tahu bahwa sebagian besar kelinci yang di jual mahal adalah jenis hasil persilangan. Mungkin mulai dari sekarang anda bisa mulai mempraktikkan sendiri dengan mencari dua jenis kelinci jantan dan betina dengan ras yang berbeda. Meskipun pada dasarnya jenis kelinci cukup banyak, namun untuk cara menjodohkannya kurang lebih sama. Jadi, untuk kasus mengawinkan silang Kelinci ini juga tidak jauh berbeda seperti pada umumnya. (Baca Juga: Tips Merawat Kelinci Hamil)

Setidaknya cara mengawinkan tersebut berlaku untuk beberapa jenis kelinci seperti Flemish Giant, Rex, Dutch, Anggora, New Zealand White, Fuzzy Lop, dan juga jenis kelinci Australia. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Mengawinkan Silang Kelinci

1. Persiapan Kelinci

Salah satu langkah untuk menjodohkan silang kelinci adalah dengan menyiapkan dua jenis kelinci dengan ras berbeda seperti yang sudah di sampaikan di atas. Jadi anda harus mempunyai kelinci tersebut untuk di kawinkan. (Baca Juga: Jenis Rumput yang Bagus Untuk Kelinci)

2. Lokasi yang Tepat

Jangan dibiasakan anak kecil atau orang-orang untuk melihat kedua kelinci tersebut melakukan kawin. Jadi anda harus menyediakan lokasi yang tepat, dimaksudkan adalah dengan memberikan lokasi yang tertutup. Mungkin berupa kandang sepetak dengan pintu, dan disana hanya ada anda nantinya untuk melakukan pendekatan kedua kelinci tersebut.

3. Kandang yang Bersih

Selain lokasi yang tepat, kandang juga harus senantiasa bersih. Sebelum meletakkan kelinci pada kandang yang sudah anda sediakan perlu di bersihkan lagi dan di pastikan. Nantinya apabila kandang dalam keadaan yang kotor, yang ada justru kelinci tidak fokus pada pasangannya. (Baca Juga: Cara Memilih Kandang Kelinci yang Bagus)

4. Kandang yang Nyaman

Apabila anda sudah memasukkan kelinci betina ke kandang kelinci jantan biarkan untuk beberapa lama. Biarkan keduanya berputar-putar sebagai bentuk pemanasan dan perkenalan. Pada proses ini harus dipastikan kandang aman dan pastinya nyaman untuk kedua kelinci tersebut agar proses perkawinan lebih lancar. Namun jangan lupa untuk mengangkat kelinci betina untuk di istirahatkan terlebih dahulu pada tahap ini kurang lebih selama 15 menit.

Setelah itu, kelinci di masukkan lagi untuk di kawinkan lagi. Lakukan langkah yang sama ini untuk beberapa kali. Pengistirahatan kelinci betina ini adalah jika kandang yang anda sediakan tertutup seperti kamar.

Sponsors Link

5. Membiarkan Lepas

Ada cara lain untuk mengawinkan silang kelinci anda, yakni dengan lokasi yang lepas misalnya seperti sebuah lapangan. Akan tetapi hal ini resiko jika kelinci anda jarang sekali bebas dan sekalinya keluar akan sulit di tangkap. Namun dengan cara ini anda tidak perlu mengistirahatkan sang betina. Karena dengan lokasi yang lepas kawin di lakukan secara alami. (Baca Juga: Jenis Kelinci yang Aman Untuk Anak-Anak)

6. Sediakan Alas

Berikan alas untuk keduanya, baik berupa kain atau kardus. Ini merupakan cara membuat kelinci jantan dan betina benar-benar nyaman pada lokasi yang telah disediakan. Serta, agar keduanya senantiasa bersih karena sudah diberikan alas.

7. Sediakan Pakan dan Minum

Kendati anda sedang pada tahap mengawinkan silang kelinci, maka bukan berarti anda lepas tanggung jawab begitu saja. Tetap sediakan pakan dan minum di dalamnya. Biarkan keduanya bisa menikmati momen bersama tanpa merasa seperti benar-benar di kurung. Jadi ketika mereka harus bisa langsung meminumnya sendiri dan makan sendiri. (Baca Juga: Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci)

8. Berikan Perangsang

Berikan obat perangsang sehingga anda tidak perlu mengatur kedua kelinci tersebut. Karena dengan obat perangsang maka kedua kelinci akan merasakan keinginan untuk kawin. Sebagai catatan, jangan menutup pintu jika anda hendak meninggalkan mereka berdua. Obat perangsang bisa anda beli di sebuah kios pakan hewan dengan harga yang terjangkau.

Dengan beberapa langkah di atas maka anda tidak perlu bingung bagaimana cara mengawinkan silang Kelinci untuk bisnis atau sengaja di pelihara sendiri. Tambahan lagi, jangan lupa suplai dengan vitamin baik jantan atau betina. Gunanya untuk memberikan stamina agar tidak cepat lemas. Dengan mengawin silangkan kelinci maka hasil anakannya pun juga sangat lucu dan bagus. (Baca Juga: Cara Ternak Kelinci Hias Sukses)

Kelinci dengan kualitas hasil silang inilah yang bisa dijual mahal. Jadi anda bisa pula menjadikan langkah ini untuk bisnis rumahan. Demikian artikel tentang cara untuk mengawinkan kelinci secara silang yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 11th, April 2019 / 02:30 Oleh :
Kategori : Kelinci