Sponsors Link

8 Cara Memilih Kandang Kelinci yang Bagus

Kelinci, tentu anda pun tahu bahwa hewan yang satu ini mempunyai seni yang lucu. Namun larinya memang sangat kencang ketika hendak di kejar. Hewan berkuping panjang ini memang layak dan umum di jadikan sebagai peliharaan dirumah. Bahkan cukup banyak yang mempunyai kelinci untuk dipelihara dirumah, sebagai pengganti kucing, atau anjing.

Selain larinya yang cukup kencang, ternyata air kencing kelinci ini jauh lebih menyengat dibandingkan dengan air kencing kucing jantan. Jadi anda harus pandai membersihkan dan memberikan perawatan untuk kelinci anda. Salah satu yang harus di perhatikan adalah tentang bagaimana cara memilih Kandang Kelinci yang bagus seperti berikut ini.

Cara Memilih Kandang Kelinci yang Bagus

1. Jenis Kayu

Untuk cara pertama yang perlu diperhatikan adalah mengenai penentuan jenis kayu. Karena kayu menjadi komponen nomor satu sebagai penyangga, maka anda harus menjamin kualitasnya. Banyak kandang yang mudah sekali runtuh atau rusak akibat salah dalam pemilihan kayu. Nah, adapun jenis kayu paling bagus adalah jati. Memang untuk harga jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya, tetapi dijamin bahwa kayu jati mempunyai kekuatan ekstra entah saat terkena air hujan atau panas yang sangat. (Baca Juga: Cara Agar Kelinci Hias Semakin Cantik dan Menarik)

2. Kawat atau Besi

Tahap kedua dalam pemilihan kandang kelinci yang terbaik adalah soal kawatnya. Pilih atau gunakan jenis kawat yang agak tebal, dan pastinya tidak membengkok. Untuk jenis kawat yang murah yakni tipis akan cepat sekali patah setiap kali berkarat. Namun jika anda memilih jenis kawat yang tebal maka karatan bisa di bersihkan dengan air.

3. Ukuran

Gunakan kandang kelinci dengan ukuran sedikit lebih besar, karena akan memudahkan ia beradaptasi. Pemilihan kandang yang pas atau bahkan kecil bisa membuat si kelinci tidak nyaman dan cepat sekali stress. Ujung-ujungnya kelinci tersebut akan mudah sekali mati. Jika anda memelihara kelinci, kenapa tidak sekalian merawatnya dengan baik dan memberikan tempat yang layak pula.

Sebagai salah satu acuannya, kandang untuk si kelinci harus tinggi agar bisa duduk dan berdiri dengan nyaman. Sedangkan untuk panjangnya sendiri juga tentu harus lebih dari ukuran tiga ekor kelinci raksasa. Sementara lebarnya yakni harus dua kali ekor kelinci raksasa. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Kelinci Betina yang Sehat)

4. Bersih

Kebersihan memang menjadi bagian perawatan setiap harinya, tetapi terkadang ada sebuah kandang dengan kondisi yang kurang rapi. Misalnya yakni seperti serat kayu yang kasar alias tidak di plitur atau di rapikan. Hal itu juga akan membuat kualitas kandang ikut menurun.

5. Terdapat Penutup

Kandang yang baik untuk kelinci adalah yang mempunyai penutup bagaikan atap. Tujuan sebuah kandang adalah untuk berteduh kelinci, sehingga anda mudah untuk meletakkan dimana saja jika mempunyai kandang tertutup. Namun jangan lupa untuk terus memberinya air di dalam kandang untuk persediaan minum kelinci. (Baca Juga: Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Kelinci)

6. Pastikan Lantai Padat

Banyak sekali kasus kelinci yang menderita pododermatitis yang muncul saat mengalami nyeri pada bagian belakang kaki belakangnya akibat tekanan dari duduk di permukaan yang keras atau alas kandang yang mungkin basah. Lantai dari kawat tidak cocok sekali untuk kelinci Anda dan akan dapat membuatnya tidak nyaman. Apabila kandang yang digunakan mempunyai lantai dari kawat, Anda perlu mengalasinya dengan sesuatu yang lebih padat, misalnya seperti tripleks, kemudian lapisi dengan alas kandang. 

7. Mempunyai Alas Kotoran

Pada bagian bawah kandang yakni alas kotoran harus memiliki dinding yang tinggi dan tertutup lantaran hal ini pada saat kelinci buang air kecil, dia cenderung menyemburkan urinenya. Alas kotoran kelinci yang dibuat dengan dinding yang tinggi juga berguna untuk mencegah jerami tersebar keluar kandang.

Akan tetapi jika kandang yang digunakan tidak disertai dengan alas kotoran berdinding tinggi, maka anda dapat membuat sendiri alas kotoran dengan menggunakan bahan-bahan seperti kertas karton yang tidak akan membuat kelinci sakit jika sampai terkunyah. Kendati pada dasarnya anda harus sering menggantinya, akan tetapi setidaknya kelinci milik anda tidak akan sakit karena keracunan. (Baca Juga: Cara Membuat Vitamin Untuk Kelinci)

8. Terdapat Tempat Box

Cara pemilihan kandang yang bagus untuk kelinci yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa kandang tersebut tidak press. Artinya masih terdapat sedikit tempat untuk meletakkan box makan dan tempat minum tanpa harus mengurangi lokasi pokok si kelinci. Dengan begini sang peliharaan anda bisa hidup tenang dan tidak mudah stress.

Itulah 8 cara memilih Kandang Kelinci yang bagus, karena sebuah kandang yang kurang tepat juga sangat berpengaruh pada hidup si kelinci. Berikan tempat yang nyaman dan membuat kelinci merasa betah tanpa merasa seperti dalam sebuah penjara. Selain pemilihan kandang yang baik, anda sebagai pemilik tentu harus memberikan perawatan lain seperti kebersihan, persediaan pakan minum yang cukup serta nutrisi tambahan untuk kesehatan si kelinci. Demikian yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 29th, March 2019 / 15:10 Oleh :
Kategori : Kelinci