Sponsors Link

8 Tips Memilih Sangkar Lovebird

Sponsors Link

Lovebird merupakan salah satu jenis burung bernama burung cinta, disebut demikian lantaran karakternya yang terkesan penyayang. Burung ini selalu duduk bersandingan dengan sesame jenisnya, dan saling menyayangi. Tingkat kepedulian burung ini sangat besar, sehingga disebutlah dengan nama burung cinta atau Lovebird. Bagaimana dengan anda sendiri? Pastinya jika anda mengakui sebagai kicau mania tentu tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini.

ads

Sebagai pecinta lovebird, tentu saja akan ada banyak hal yang harus di perhatikan. Salah satunya yakni tentang bagaimana cara memberikan perawatan yang terbaik. Berikut ini adalah beberapa tips dalam perawatan lovebird serta tips memilih Sangkar Lovebird yang tepat.

Perawatan Lovebird:

  • Memberikan Pakan Teratur
  • Memberikan Pakan Tambahan
  • Memberikan Nutrisi Penunjang
  • Memandikan Minimal Dua Kali Dalam Sehari
  • Melatih Bersiul
  • Sering Menggantang
  • Rutin Menjemur Setiap Pagi

Selain dari beberapa tips di atas, anda tentu harus paham betul seperti apa sangkar yang pas untuk ditempati oleh lovebird, sehingga burung bisa merasa dengan nyaman dan aman untuk menghabiskan kesehariannya di tempat tersebut, dan tidak mudah stress. Karena meskipun terkesan spele, kandang atau sangkar ini berpengaruh pada psikis si burung. Berikut ini 8 tips yang harus di perhatikan:

Tips Memilih Sangkar Lovebird

1. Pemilihan Jenis Kandang

Pertama-tama, anda harus bisa menentukan kandang yang seperti apa ingin digunakan pada burung lovebird tersebut. Karena sangkar bukan saja terbuat dari kerajinan bamboo atau kayu saja, melainkan juga dari besi, sampai dengan alumunium. Nah, anda harus memilih dengan pasti maka yang ingin digunakan sebagai sangkar. (Baca Juga: Cara Memilih Anakan Lovebird di Ombyokan)

2. Memastikan Kualitas Bahan

Jika sudah menentukan sangkar apa yang akan digunakan sebagai kandang lovebird, selanjutnya yakni dengan memastikan kualitas material yang di pakai. Misalnya jika anda memilih sangkar dari bahan kayu maka pastikan dan cermati jenis kayu yang di pakai. Adapun yang paling baik dan kualitas bagus yakni kayu jati, tetapi soal harga memang cukup mahal. Namun hal itu bukan masalah jika kayu jati sendiri memang mempunyai kekuatan lebih besar, yakni tidak mudah rapuh.

3. Ukuran Luas

Berapa luas sangkar yang pas untuk kandang lovebird? Pastinya soal ini tidak banyak yang memahami, karena sampai saat ini bahkan masih banyak pula yang sekedar memberikan sangkar asalkan si burung sudah bisa berdiri dan sedikit sisa ruang. Namun yang paling bagus yakni dengan memberikan luas yang sedikit longgar. Tujuan ini guna memberikan kenyamanan pada si burung agar tidak mudah stress. Anda pastinya tahu bahwa banyak kematian burung yang bukan saja di pelopori oleh sakit tetapi karena stress. (Baca Juga: Cara Memilih Indukan Lovebird Untuk Dibudidayakan)

4. Ukuran Tinggi

Tinggi untuk sebuah sangkar memang harus di perhatikan, karena burung adalah jenis unggas yang pada faktanya bisa terbang bebas kesana-kemari. Jika anda telah memeliharanya maka lovebird tidak sebebas sebelumnya di alam liar. Oleh karena itu untuk melatih burung tetap betah dan nyaman berada dalam milik anda maka buatlah sangkar dengan tinggi kurang lebih 1.5 meter atau dua kali sangkar burung pada umumnya. Harapannya agar si burung bisa terbang di dalam sangkar dan membuatnya merasa cepat nyaman.

Sponsors Link

5. Alas Sangkar

Pada sebuah sangkar tentu terdapat alas yang digunakan untuk berpijak si burung. Cara yang baik memilih sangkar lovebird yakni dengan memberikan alas yang nyaman dan dating. Tujuannya agar si burung lebih nyaman dan mudah setiap kali menginjak alas tersebut. Namun kebanyakan orang, alas yang digunakan adalah kardus agar lebih mudah untuk dibersihkan. (Baca Juga: Cara Membuat Vitamin Kecap Untuk Lovebird)

6. Pemasangan Pintu

Dalam sebuah sangkar tentu saja akan ada pintu yang di pasang untuk keluar masuk burung atau untuk tempat si pemilik mengambil burung atau memasukkannya. Nah, pintu yang di pasang juga harus pas. Artinya tidak terlalu besar atau bahkan terlalu kecil.

7. Penutup

Sediakan kandang yang lengkap dengan alasnya, terkadang memang ada kandang yang tidak dilengkapi dengan penutup sehingga akan sangat panas untuk burung. Sebaiknya carilah jenis sangkar yang ada penutupnya sekalian agar anda lebih tenang meletakkan burung dimana saja tanpa takut kepanasan atau kehujanan. Tetapi jangan lupa juga untuk tetap menyediakan minum di dalamnya sebagai persediaan burung. (Baca Juga: Manfaat Garam Untuk Burung Lovebird)

8. Kerapatran Kandang

Entah terbuat dari kayu, bamboo, atau besi dan alumunium anda tetap harus memperhatikan apakah cara pemasangannya sudah benar-benar rapat atau belum. Karena kebanyakan ada sebuah kandang yang kurang rapat sehingga mudah sekali untuk pergi sang burung.

Nah, itulah 8 tips memilih Sangkar Lovebird yang bisa anda pelajari dan pahami. Meskipun terkesan spele, tetapi sebuah kandang yang kurang nyaman akan mudah sekali membuat si burung stress yang berujung mati. Padahal burung cinta bisa bernilai mahal jika sudah di latih dengan baik dan berkicau gacor. Demikian yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Sunday 31st, March 2019 / 08:37 Oleh :
Kategori : Burung