Sponsors Link

Cara Memilih Anakan Lovebird Di Ombyokan Yang Benar

Sponsors Link

Sampai sejauh ini, lovebird masih menjadi salah satu burung kicauan yang banyak dipelihara dan diminati oleh para pecinta burung baik di pedesaan maupun di perkotaan. Oleh karena minat yang tinggi tersebut, membudidayakan burung lovebird masih menjadi peluang yang cukup besar bagi para pecinta burung. Ada banyak cara membudidayakan burung lovebird yang salah satunya menggunakan kandang ombyokan. Untuk memiliki anakan yang baik dalam kandang tersebut tentu ada cara cara yang perlu dilakukan. Berikut beberapa cara memilih anakan lovebird di ombyokan yang baik dan benar dalam penjelasan di bawah ini.

ads
  1. Pilih anakan lovebird yang sehat

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam cara memilih anakan lovebird di ombyokan yang baik adalah dengan memilih anakan burung lovebird tersebut yang sehat. Kesehatan burung lovebird baisany dapat terlihat dari perliakunya yang aktif dan tidak berdiam diri. Bulu bulu lovebird sehat juga dapat terlihat mengkilat serta tidak ditemukannya organ tubuh yang mengalami cedera atau luka. (Baca juga : cara menjinakan lovebird muda)

  • Bentuk tubuh lovebird yang baik

Selain kondisinya yang sehat, anakan burung lovebird juga harus memiliki karakteristik bentuk tubuh yang sesuai dengan usianya. Beberapa karakteristik anakan burung lovebird yang baik tersebut diantaranya seperti :

  1. Sorot mata burung harus tajam dan tidak belekan maupun berair.
  2. Lovebird yang memiliki leher panjang.
  3. Anakan lovebird yang baik untuk digunakan harus memiliki batang kaki yang mulus dan tidak cacat dan cakarnya kokoh saat mencengkram.
  4. Bulu sayap dan ekor yang akan digunakan sebagai bibit ungguk lovebird haruslah terlihat rapi, rapat dan tidak mekar.
  • Kemampuan berkicaunya sudah baik

Burung lovebird selain memiliki bentuk yang baik juga harus mampu berkicau dengan lantang. Untuk memilih lovebird yang akan digunakan menggunakan alat. Pemilik burung dapat melakukan ternak terhadap burung pilihan yang memang memiliki kualitas yang baik. Untuk melihat kemampuan berkicau burung dapat dilakukan dengan menstimulusnya menggunakan lagu yang diputar. (Baca juga : kendala dalam beternak lovebird)

  •  Jenis kelamin yang jelas

Cara memilih anakan lovebird di ombyokan selanjutnya adalah memastikan bahwa burung memiliki jenis kelamin yang jelas. Banyak yang menyarankan bahwa sebaiknya jenis kelamin yang dipilih bagi burung lovebird pada kandang ombyokan adalah betina. Hal ini dikarenakan banyaknya burung lovebird yang memenangi lomba memiliki jenis kelamin betina dibandingkan jenis kelamin jantan. (Baca juga : cara memelihara lovebird di rumah)

  • Sabar menunggu dan memperhatikan burung

Langkah terakhir yang harus diperhatikan dengan baik dalam cara memilih anakan burung lovebird yang berada di kandang ombyokan adalah harus sabar untuk lebih lama menunggu dan memperhatikan setiap gerak gerik burung. Dalam proses menunggu dan memperhatikan tersebut tentu dapat terlihat mana burung lovebird dalam kandang ombyokan tersebut yang memang memiliki suara kicauan ngekek terbaik dengan beberapa karakteristik yang disebutkan diatas. (Baca juga : cara beternak lovebird warna)

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara memilih anakan lovebird di ombyokan yang baik dan benar untuk mendapatkan pilihan anakan lovebird yang memang baik. Berbagai karakter yang sebaiknya diperhatikan dalam pemilihan burung lovebird tersebut perlu dilakukan mengingat di dalam kandang ombyokan kualitas burung lovebird sangat beragam dari yang buruk sampai yang benar benar berkualitas tinggi. (Baca juga : tips membeli lovebird untuk pemula)

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 25th, February 2019 / 12:19 Oleh :
Kategori : Burung