Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kolibri

Di kalangan pecinta burung kicau atau yang biasanya di kenal dengan kicau mania, nama burung kolibri tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Burung mungil pemakan madu ini memang sudah cukup lama dipelihara oleh sebagian besar orang sebagai burung masteran maupun burung lomba. Seperti saat ini, tren memelihara kolibri pun juga mulai bangkit dan kian tren. Pasalnya selain mudah dalam segi perawatan, ternyata burung kolibri tersebut juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Burung kolibri yang telah rajin berbunyi alias gacor dan kerap memenangi kontes burung bahkan bisa dipatok dengan harga jutaan rupiah. Inilah salah satu alasan kenapa banyak orang suka dengan kolibri. Akan tetapi masalah tentu saja tetap ada dalam memelihara burung, misalnya seperti terjadinya kebotakan. Nah, cara mengatasi Kebotakan pada Burung Kolibri inilah yang akan di sampaikan.

Kendati bisa terjual mahal, akan tetapi banyak juga orang yang lebih memilih anakan burung kolibri yang masih sangat muda untuk dibentuk sendiri di bandingkan membeli indukan yang sudah fasih. Adapun jenis kolibri yang paling bagus suaranya telah mampu mencuri perhatian banyak orang, terutama para penghobi burung yang gemar mengikuti lomba. Lebih dari itu, burung kolibri juga termasuk jenis burung yang mempunyai penampilan bulu cukup cantik dan menarik. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Kolibri Wulung)

Pada saat anda telah memutuskan untuk memelihara burung kolibri dengan tujuan menikmati suaranya yang khas, pastikan terlebih dahulu bahwa anda telah memilih jenis kolibri yang memiliki suara paling bagus. Selain dijadikan masteran dan ikut perlombaan, burung kolibri juga banyak dicari sebagai hewan piaraan di rumah. Lalu bagaimana dengan masalah seperti kebotakan itu sendiri?

Kebotakan pada kepala burung kolibri merupakan masalah yang sering dihadapi para kolibri mania. Akan tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut. Kebotakan disebabkan karena pori-pori kulit pada kepala burung tertutup sehingga bulu baru yang akan tumbuh sulit untuk keluar. Jika tidak diatasi secepat mungkin maka dibutuhkan waktu yang lama agar bulunya mampu tumbuh kembali.

Cara Mengatasi Kebotakan Pada Burung Kolibri

1. Jangan Dijemur Sementara Waktu

Selama burung kolibri anda mengalami kebotakan, usahakan jangan menjemur terlebih dahulu. Setidaknya 3 hari selama botak itu terjadi, dan setelah itu anda boleh menjemurnya lagi dengan catatan hanya di lakukan di pagi hari pukul 08.00 selama 10 menit guna mendapatkan vitamin D. Karena biar bagaimanapun kolibri butuh asupan sinar matahari. Sedangkan alasan ini tidak lain karena terjadinya botak sendiri akibat seringnya anda menjemur burung dikala mabung sehingga menutup pori-porinya. (Baca Juga: Cara Mengatasi Mental Burung Lovebird)

2. Berikan Baby Oil

Baby oil dapat membantu menumbuhkan rambut kolibri agar tidak botak lagi. Caranya yakni dengan mengoleskan baby oil pada kepala burung kolibri secara perlahan dan merata. Jangan sampai hal ini hingga mencekik burung, lakukan dengan baik.

3. Terapi Air Gula

Gunakan air gula untuk terapi di kepala kolibri. Rebuslah gula pasir dengan takaran air sedikit saja agar hasilnya kental. Jika sudah, lakukan pengolesan pada kepala burung kolibri secara perlahan. Biarkan selama kurang lebih 5 menit dan jika sudah bersihkan dengan air hangat. Catatan, jangan sampai ada sisa sisa air gula di kepala burung agar tidak ada semut yang datang. (Baca Juga: Cara Melatih Mental Kacer Petarung)

4. Minyak Kemiri

Minyak kemiri adalah salah satu jenis minyak yang telah lama dipercaya untuk menyuburkan dan menebalkan rambut. Karena alasan itulah para kicau mania juga bisa memanfaatkan ini sebagai media terapi kebotakan pada burung kolibri kesanyangan. Peganglah burung secara nyaman dan aman, lalu sikatlah daerah yang mengalami kerontokan dengan sikat bayi yang sudah dimasukan ke air hangat secara pelan saja. Kemudian keringkan segera dengan kain lembut lalu olesi dengan minyak kemiri secara merata pada kepalanya. Lakukanlah terapi minyak kemiri ini minimal selama 6-7 hari secara rutin dan juga teratur.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang sudah lama dikenal para penangkat sebagai antiseptik alami yang mampu menghentikan pendarahan. Selain itu tanman lidah buaya juga mengusung segudang manfaat diantaranya seperti antibakteri, antijamur, merangsang pertumbuhan bulu atau rambut dan juga mempercepat proses regenerasi sel-sel tubuh. Cara memberikan lidah buaya untuk kebotakan burung kolibri anda adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu buah batang  lidah buaya segar lalu ambil bagian tengah atau daginya.
  • Oleskan daging lidah buaya yang berlendir di area kulit burung yang botak.
  •  Lakukanlah perawatan ini secara teratur minimal 6 -7 hari secara berturut turut atau tanpa berhenti.

6. Pemberian Multivitamin

Selain hal-hal di atas, cara selanjutnya untuk mengatasi kebotakan pada burung ini adalah dengan menambah asupan multivitamin seperti BirdMineral yang bisa anda beli di kios burung. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Anis Binbin)

7. Hindarkan dari Stres

Usahakan tidak membuat burung kolibri anda stres, agar pertumbuhan rambut juga bisa lebih cepat dan lebih baik.

Seperti itulah ketuju cara mengatasi Kebotakan pada Burung Kolibri yang dapat Anda terapkan sendiri pada burung Peliharaan agar bulunya tetap lebat dan indah. Selamat mencoba.

, , ,
Post Date: Friday 08th, February 2019 / 16:20 Oleh :
Kategori : Burung