Home » Kucing » 6 Cara Menurunkan Kucing Dari Genteng Paling Umum yang Mudah Dilakukan

6 Cara Menurunkan Kucing Dari Genteng Paling Umum yang Mudah Dilakukan

by Aly Mansur

Bukan sebuah rahasia lagi, jika kucing merupakan hewan yang paling kepo dengan lingkungan yang ia tinggali. Lantaran kucing memang memiliki tingkah laku alami yang mana untuk mengenali lingkungan di sekitarnya dengan jeli dan teliti. Dan bahkan, kucing sangat senang sekali untuk menjelajah berbagai sudut tersulit yang bisa dijangkaunya. Lebih lengkapnya Anda bisa simak terkait tingkah laku kucing dan artinya ini.

Namun masalanya disini, kucing sering kali menemukan kesulitan dan menyulitkan pada saat ia berhasil menjangkau tempat tersebut, salah satunya adalah di genteng atau atap rumah. Jelas jika kondisi ini terjadi, dan kucing kalian termasuk kucing rumahan, maka mereka bakal kesulitan pada saat ingin turun. Meski sudah menerapkan tips memelihara kucing di rumah dengan baik, terkadang tetap saja bisa jalan-jalan ke tempat sulit seperti itu.

Jika sudah seperti ini, maka sebagai pemilik pun harus memiliki cara menurunkan kucing dari genteng yang aman dan pastinya tidak bikin kucing tersebut takut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan seperti itu, dan Anda bisa mencobanya langsung nanti. Penasaran seperti apa? Yuk cari tahu jawabannya dibawah ini.

Cara Menurunkan Kucing Dari Genteng

1. Menggunakan Makanan

Cara menurunkan kucing pertama yang bisa dilakukan yakni sodorkan makanan untuk menarik perhatian dari kucing. Jika kucing tersebut merupakan kucing rumahan, tentu ini bakal sangat mudah untuk memancingnya turun. Pancing dengan aroma makanan yang disukai, jika kucing kebingungan mencari jalan keluar, silahkan tuntun kucing tersebut ke sebuah tempat yang ada pijakan dan bisa digunakan untuknya turun nanti. Untuk Anda yang mendapatkan kucing liar, berikut ini beberapa cara membuat kucing liar menjadi kucing rumahan yang mudah.

2. Perdengarkan Suara Kucing

Gunakan rekaman suara kucing (terutama anak kucing) guna menarik perhatian dari peliharaan tersebut. Kalau memang tidak memiliki rekaman suara kucing, bisa dengan mengunduh atau langsung melakukan streaming dari youtube, kucing bakal mengerti bahasa dari sesamanya. Jika kucing yang tengah terjebak itu sudah terbiasa dengan rumahan, tidak akan repot lagi karena ia bakal ‘menangis’ ketakutan saat tak menemukan jalan keluar.

3. Sediakan Tangga atau Pijakan Untuk Kucing Turun

Jika kondisi rumah yang membuatnya terjebak tidak memiliki tempat pijakan, maka harus menyiapkan beberapa alat untuk membantu kucing agar bisa turun dari atap rumah. Pasalnya ada beberapa kucing yang takut dengan ketinggian, mungkin selama ini karena memang tidak biasa memanjat. Dengan disediakannya pijakan ini jelas lebih memudahkan ia untuk bisa turun nanti, saat sudah bisa dijangkau maka langsung saja tangkap untuk menyelamatkannya. Kalau memang lagi keluar kemana dan tidak pulang-pulang, berikut ini cara membuat kucing pulang ke rumah yang bisa diterapkan.

4. Gunakan Pet Carrier, Kandang, dan Peralatan lainnya

Cara menurunkan kucing yang terjebak di genteng selanjutnya kini adalah menggunakan tempat yang sudah familiar dengan dirinya. Perlu untuk diketahui, bahwasanya kucing sekalipun yang ada di atap rumah atau genteng ini merupakan kucing kesayangan, pada saat bingung ia pun bisa tidak mengenali pemiliknya lagi.

Alih-alih mau turun, kucing bisa menjauh pergi dan bahkan bakal sulit untuk ditangkap nantinya. Jika kondisi seperti ini, Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan pet carrier atau alat perangkap untuk menangkapnya agar bisa membawanya turun. Caranya gampang banget, letakkan makanan kesukaanya kedalam pet carrier, jika kucing sudah berhasil masuk, segera tutup dan amankan. Berikut ini cara memilih makanan kucing yang baik.

5. Pakai Laser

Kucing rumahan memang sangat suka sekali bermain dengan laser, dimana cahaya yang dihasilkan oleh alat ini dikira menjadi benda hidup yang biasanya bakal ia kejar-kejar untuk menangkapnya. Nah jika kucing milik Anda berada di atap dan bingung untuk mencari jalan keluar, maka bisa menggunakan laser ini untuk menuntunnya mencari jalan untuk turun sendiri nanti. Tapi pastikan sebelumnya bahwa sudah dipersiapkan pijakan untuk membantu kucing turun nanti.

6. Memanjat atap Rumah

Cara menurunkan kucing yang terakhir dari genteng ialah dengan memanjat atap rumah secara langsung. Ini adalah cara terakhir untuk bisa menurunkan hewan peliharaan kalian turun dari atap.  Sebelumnya pastikan jika kucing tidak panik pada saat ada seseorang akan memanjat atap rumah tersebut untuk menyelamatkannya.

Sebaiknya yang memanjat ini adalah orang yang memang benar-benar dekat dan dikenal oleh kucing tersebut, tentu hal ini akan lebih mudah lagi nanti. Kalaupun memang lokasinya tidak memungkinkan, bisa memancingnya menuju kearah Anda dengan menggunakan makanan favoritnya atau mungkin mainan, sambil memanggilnya agar mau menghampiri. Jika sudah berhasil ditangkap, maka silahkan gendong kucing turun dengan hati-hati.

Nah itu tadi beberapa cara menurunkan kucing dari genteng yang bisa dibagikan pada kesempatan kali ini. Untuk cara diatas tadi merupakan cara umum yang bisa dicoba, selain itu kalian bisa menggunakan cara lain untuk menyesuaikan kebiasaan kucing masing-masing, atau menggunakan benda lain yang bisa memancing kucing untuk mau turun dari genteng. Dan agar tidak terjadi hal semacam ini, mungkin bisa diterapkan terkait cara membuat kucing betah di rumah, atau dengan cara bermain dengan kucing di rumah yang bisa dilakukan sesering mungkin kalau memang ada waktu luang.

You may also like