Sponsors Link

7 Cara Merawat Bulu Kucing Paling Mudah Dilakukan

Kucing adalah hewan yang banyak disukai masyarakat, meskipun tidak semuanya. Hewan ini tergolong mamalia yang sudah pasti jinak. Kucing bukanlah binatang buas, sehingga banyak yang memeliharanya dirumah. Lalu seperti apa pula cara merawat Bulu Kucing agar tetap terlihat manis dan menggemaskan?

Banyak hal yang telah disampaikan mengenai kucing, mulai dari cara alami memutihkan bulu kucing hingga beberapa hal lainnya. Bulu kucing adalah salah satu hal yang menjadi ciri khasnya, jika dicukur habis maka bisa saja kucing akan kedinginan. Oleh karena itu disarankan sekali bagi anda untuk memberikan perawatan bulu kucing yang benar. Cara perawatan terhadap bulu kucing termasuk juga membuatnya tumbuh lebat, yang akan disampaikan disini.

Ada beberapa rekomendasi dari merek vitamin penambah nafsu makan kucing yang ternyata juga bisa membuat bulunya semakin indah terawat. Terkadang bulu kucing yang merontok juga dampak dari pemberian pakan yang salah dan atau sembarangan. Merawat kucing adalah sesuatu hal yang gampang-gampang susah, jika salah perawatan akan menyebabkan kucing bisa mati perlahan.

Terdapat beberapa tanda kucing disteril yang bisa anda ketahui dan simak kembali untuk menambah wawasan cara merawat kucing yang benar. Sampai-sampai anda pun juga harus tahu bagaimana tanda kucing gelisah supaya segera bisa mengatasinya dan tidak berkepanjangan. Bahkan tanda kucing ingin bermain pun juga harus anda mengerti, karena kucing adalah hewan cerdas dan suka mencari perhatian dari manusia. Lalu bagaimana caranya? Simak berikut:

1. Dimandikan

Mandikan kucing secara teratur, setidaknya kegunaan air untuk membuang debu yang menempel pada tubuhnya. Sehingga tidak akan berlarut-larut kotoran akan menumpuk.

2. Rajin Kramas

Bukan hanya manusia yang butuh air dan mandi, kucing pun sama. Sebagai makhluk yang sama-sama mempunyai rambut, manusia sering keramas dengan tujuan supaya rambut tidak lepek dan kusam. Begitulah kucing, jika tidak kramas maka bulunya akan lengket dan kumel sekali. Inilah salah satu cara dari merawat bulu kucing, adalah rajin mencucikan bulu kucing.

3. Memberikan Bedak Khusus

Langkah yang ketiga, cara untuk merawat bulu kucing adalah dengan memberikan bedak untuknya ketika baru saja selesai anda mandikan. Namun bedak yang digunakan adalah jenis khusus untuk kucing. Karena bedhak yang khusus untuk kucing bukan saja memberikan keharuman namun juga membuat bulu kucing lembut dan tebal. Jika anda salah memberikan bedak, terkadang bisa membuat bulu kucing malah semakin merontok.

4. Rajin Menyisir

Jangan lupa untuk rajin menyisir bulu kucing, atau menyikatnya secara perlahan. Kegunaan dari menyisir kucing, sudah pasti bertujuan untuk meluruskan bulu-bulunya yang kumel setelah dimandikan atau keramas. Jika kucing yang baru saja mandi atau kramas tidak segera disisir maka hal itu akan membuat bulunya lengket dan kumel tak terurus. Ini juga menjadi salah satu cara melebatkan bulu kucing, sehingga tampak lebih indah.

5. Berikan Spray

Spray yang dimaksudkan adalah semprotan untuk kucing pada bulunya agar harum dan memberikan perawatan pada bulunya. Anda bisa membeli spray pengharum di petshop dengan harga terjangkau, dan hal ini akan membuat kucing senantiasa bersih, harum dan segar. Otomatis kesehatan bulu juga akan terjamin, kucing terlihat segar dan bulunya lembut dan lebat.

6. Memeriksa Kutu

Namanya kucing, identik dan selalu mempunyai kutu kecuali jika anda yang sudah membersihkannya. Salah satu bentuk perawatan bulu kucing adalah dengan memeriksa bulunya atau tubuhnya dari kutu. Tugas anda membersihkan semua kutunya dan membuangnya. Memang mustahil jika dalam satu waktu menyelesaikan kutu-kutu yang melimpah pada kucing.

Hal ini harus dilakukan secara bertahap, setiap hari sempatkan waktu untuk membuang kutu kucing. Dengan adanya kutu yang dibiarkan terus-menerus maka akan membuat tubuhnya tidak sehat lantaran darah terus terhisap kutu. Hingga pada akhirnya badannya kurus, dan parahnya lagi kutu-kutu tersebut mampu menimbulkan borok dan kerak pada kucing. Dan kalau memang ada, berikut ini cara menghilangkan kutu kucing paling efektif yang bisa dicoba.

7. Memberikan Vitamin

Vitamin tambahan perlu anda berikan untuk kucing guna menunjang kesehatan tubuhnya. Dari situ maka bulu-bulu ikut terjaga dan kucing akan sehat, bulunya pun melebat alias tidak rontok.

Tidak ada hal lain sebagai bentuk cara merawat Bulu Kucing selain yang sudah disampaikan di atas. Memelihara kucing adalah hobi, namun ternyata tidak semudah memelihara ayam yang cukup diberikan makan minum saja. Akan tetapi memelihara kucing harus dengan niat sungguh-sungguh, memberikan vitamin penunjang sampai dengan memberikan perlakukan dan perawatan seperti manusia misalnya memandikan, mengajaknya bermain, memberikan makan berselingan, atau bahkan memberikan susu.

Merawat kucing tidak dengan sungguh-sungguh maka bisa berujung fatal, yakni membuat kucing mengalami sakit-sakitan dan ujungnya mati. Kucing adalah hewan yang mudah akrab dengan manusia dan terkesan manja, karena mudah sekali mengalami sakit seperti cacingan, ringworm dan sejenisnya lantaran hanya kurang perawatan saja. Dan jika yang dipelihara masih anakan, berikut ini tips memelihara anak kucing yang benar dan aman. Demikian yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 18th, October 2019 / 22:43 Oleh :
Kategori : Kucing