Sponsors Link

13 Cara Ternak Bebek Potong Cepat Panen

Sponsors Link

Mengingat banyaknya orang yang menyukai dan menyantap daging bebek. Tentu beternak bebek menjadi salah satu usaha yang menjanjikan. Mengingat hampir semua bagian dari bebek bisa dijual. Mulai dari telur hingga dagingnya, kalian juga bisa usaha yang menyediakan bibit bebek berkualitas.

ads

Tapi tentu merawat bebek tentu memiliki teknik tertentu. Apalagi jika kalian ingin menjual bebek berkualitas. Tentu kalian harus memperhatikan mulai dari kualitas kandang, lokasi untuk beternak.

Terutama mengenai makanan serta minuman yang harus diberikan kepada bebek. Bahkan pemilihan bibit sangat memegang peranan penting. Berikut 13 cara ternak bebek potong cepat panen yang bisa kalian praktekan.

1. Pembuatan Kandang

Pertama yaitu kandang yang khusus dibuat untuk meletakkan sert memelihara anak bebek. Atau yang lebij dikenal sebagai DOD. Kandang khusus DOD biasanya mempunyai ukuran 1 hingga 2 meter. Kandang berukuran ini biasanya bisa menampung hingga 50 ekor. Kandang kedua yang wajib kalian buat adalah brower. Kandang ini dikhususkan untuk memelihara bebek yang remaja.

Kandang ketiga yang harus kalian buat yaitu kandang bertipe layer. Kandang inilah yang dipake buat memelihara bebek dewasa. Kandang ini biasanya bisa memuat hingga 5 ekor bebek dewasa. Baca cara ternak murai medan.

2. Perhatikan Bahan untuk Kandang

Selain jenisnya, kalian juga harus memperhatikan bahan untuk kandang bebek. Tentu saja jika kalian menginginkan bebek dapat bertumbuh dengan baik. Perkembangan yang baik tentu akan mempengaruhi kualitas daging serta telurnya. Salah satu yang perlu kalian amati yaitu material atau bahan yang dipakai. Pakailah material kandang berkualitas baik yang kalian percaya bisa bertahan lama dan kuat.

3. Memilih Bibit Bebek Berkualitas

Jika kalian berniat memiliki bibit-bibit bebek unggulan serta berkualitas. Kalian haruslah pintar-pintar pada saat memilih induk bebek. Karena, baik induk bebek betina maupun jantan sangat berperan penting. Kalian wajib memilih yang paling unggul, ini dikarenakan kualitas induk akan sangat memengaruh keturunanya. Jika kalian ingin beternak dimulai dari bibit. Kalian wajib membeli anakan yang baru saja menetas. Tentunya anakan yang kalian beli haruslah berasal dari bebek dengan kualitas tinggi yang sudah tidak perlu kalian ragukan lagi. Kalian juga perlu mengetahui pula Cara Ternak Bebek Hibrida Pedaging

4. Menjemur Bebek diluar Kandang

Karena hujan bisa terjadi kapan saja apalagi jika sudah memasuki musim penghujan. Kalian sangat disarankan, pada saat cuaca cerah kalian bisa menjemur dan membebaskan bebek dari kandangnya. Jika kalian menjemur bebek disaat yang tepat. Tentunya bebek kalian akan merasakan banyak manfaatnya.

5. Memperhatikan Ketersediaan Air

Salah satu yang harus kalian perhatikan apalagi pada saat musim hujan adalah pasokan air minumnya. Mengingat bebek mempunyai nilai jual yang tinggi. Tentu sangat merugikan jika kalian mengabaikan permasalah mengenai air minumnya. Kalian wajib lebih rutin memberikan. Selain itu, kalian harus membuang air sisa, karena tentunya kalian tidak ingin jika bebek sakit atau meninggal karena air yang terkontaminasi. Baca juga tentang Cara Beternak Bebek di Daerah Dingin.

6. Proses Pengawinan

Proses pengawinan merupakan salah satu hal penting yang perlu kalian perhatikan. Karena kalian harus memilih bebek jantan berkualitas. Tidak hanya yang jantan, kalian juga harus memilih bebek betina berkualitas unggul. Sehingga kalian bisa menetaskan telur-telur berkualitas tinggi yang nantinya bisa kalian jual sebagai bibit. Bibit DOD sebenarnya bisa kalian beli di tempat-tempat terpercaya. Apalagi jika tempat itu menjadi rujukan dari Dinas Peternakan serta pihak terkait lainnya.

Sponsors Link

7. Memperhatikan Masalah Pakan

Memperhatikan masalah pakan merupakan hal yang penting. Untuk memberikan pakan bebek berumur 0-16 hari, sangat dianjurkan menggunakan wadah yang datar. Hal ini akan memudahkan bebek mengkonsumsi pakan serta vitamin. Berbeda dengan bebek yang berumur 16 – 21 hari, kalian dapat memberikan pakan dengan cara menyebarkan langsung ke lantai kandang. Untuk pemberian vitamin sendiri bisa kalian campurkan langsung dengan pakan atau minuman bebek.

8. Persiapkan Kandang Penggemukan

Ketika bebek mulai beranjak besar serta mulai ditumbuhi bulu dewasa. Ini tandanya kalian harus segera memindahkan bebek kedalam kandang lain. Agar bisa lanjut ke proses penggemukan. Kandang khusus penggemukan, disarankan untuk memiliki ketinggian kurang lebih 20 cm. Tinggi ini sangat cocok dengan usia bebek yang beranjak besar.

9. Persiapkan Penghangat

Pada saat memelihara bebek kalian memerlukan beberapa kandang khusus. Dikandang inilah kalian perlu memberikan penghangat yang bisa menjangkau hingga ke setiap sudutnya. Biasanya kandang khusus ini mempunyai ukuran 1 meter. Kandang ini biasanya bisa menampung bebek potong hingga 40 ekor. Pastikan jika kandang ini mempunyai ventilasi serta sanitasi yang baik. Kalian juga dapat menggunakan penutup khusus yang bisa dengan mudahnya di buka tutup.

10. Proses Penggemukan Bebek

Tahap berikutnya yang harus kalian perhatikan pada saat bebek mencapai usia dewasa atau sekitar 5 minggu adalah proses penggemukan. Kalian harus memindahkan bebek kedalam kandang khusus untuk bebek dewasa.

Sponsors Link

Serta lebih fokus pada proses penggemukan dan pembesarannya. Pada proses inilah kalian harus memperhatikan masalah vitamin serta asupan gizi agar bebek bisa berkembang dengan baik.

11. Memperhatikan Asupan Gizi

Masalah asupan gizi menjadi perhatian utama jika kalian ingin mendapatkan daging bebek berkualitas. Ini berarti kalian perlu memastikan asupan gizi pada makanan dan minuman bebek potong. Semuanya haruslah tepat, mulai dari pakan, minuman, vitamin sehingga daging dan telur bebek dapat kalian jual dengan harga tinggi. Untuk pakan bebek potong, bisa diberikan dengan menyampurkan kedalam cacahan kencur atau langsung kedalam pakan.

12. Menjaga Kebersihan Kandang

Salah satu dari 13 cara budidaya bebek potong cepat panen di yaitu dengan memperhatikan kebersihan kandang. Kebersihan kandang bebek potong sangatlah penting jika kalian ingin bebek memiliki daging serta kualitas yang baik. Pastikan untuk selalu membersihkan kandang setiap harinya.

13. Proses Perawatan Bebek

Bibit bebek berkualitas serta unggulan haruslah cepat dipisahkan dan ditempatkan di kandang khusus. Untuk itu, kalian harus terlebih dahulu membuat kandang itu sebelum bibit lahir. Yang paling penting pada saat pembuat kandang adalah suhu didalam kandang. Jangan lupa juga untuk menambahkam vitamin pada bebek potong.

Demikian penjelasan terkait bagaimana teknik yang benar dalam melakukan budidaya bebek potong cepat panen. Semoga dengan beberapa cara budidaya bebek jawa bisa membantu anda dalam mengembang biakan bebek jawa.

Baca juga cara ternak kambing jawa tanpa ngarit dan cara ternak cucak ijo sarang gantung.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 07th, February 2018 / 06:47 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan