Sponsors Link

10 Cara Ternak Burung Cucak Wilis Mudah Bagi Pemula

Sponsors Link

Ternak burung saat ini menjadi bisnis berpeluang besar menambang keuntungan. Apalagi setiap satu ekor burung gacor memiliki nilai jual cukup tinggi. Salah satu yang bisa di budidayakan dirumah adalah Burung Cucak Wilis.

ads

Burung ini disebut juga dengan Burung Cucak Gunung. Warnanya sangat cantik menawan, setiap helai bulu memberikan kelembutan. Burung ini mempunyai karakteristik seperti halnya burung gacor lainnya, yakni jika di berikan perhatian lebih akan menghasilkan indukan berkualitas.

Inilah nilai jual yang berarti, dimana anda yang mulanya membeli dengan harga miring bisa menjual kembali dengan harga mahal jika perawatan yang anda berikan bagus. Cara Ternak Burung Cucak Wilis saya bagikan pada artikel ini. Anda bisa menjadikan langkah ini sebagai panduan yang mudah.

Siapapun bisa melakukan ternak burung asal mempunyai niat dan tekat yang sungguh-sungguh. Karena pada dasarnya untuk menjadi peternak harus mempunyai jiwa yang penuh kasih sayang, tlaten dan penuh perhatian. Akan tetapi jika melihat perkembangan saat ini yang menyukai dunia burung, nampaknya mustahil jika seseorang peternak burung tidak memberikan perawatan yang terbaik.

Cara Ternak Burung Cucak Wilis

  1. Persiapan Kandang

Langkah pertama budidaya burung cucak wilis adalah mempersiapkan kandang. Anda bisa membuatnya atau membelinya dari kios burung. Namun sebaiknya anda membeli saja, mengingat harganya yang cukup sepadan dengan proses pembuatannya yang tidak mudah. Akan menyita banyak waktu, tenaga, serta uang jika membuatnya sendiri. (Baca Juga: Cara Budidaya Burung Merpati Kipas)

  1. Pemilihan Bibit

Karena kita bicara tentang budidaya burung cucak wilis atau burung cucak gunung, tentu saja pemilihan induk menjadi salah satu prioritasnya. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan burung dengan kondisi cantik, perhatikan kondisi fisiknya.

Jangan sampai ada kecacatan, serta perhatikan gerak geriknya apakah nafsu makannya baik atau tidak. Jika sangat baik, maka anda bisa memilihnya dan saran yang saya berikan pilihlah jenis kelamin jantan karena suaranya lebih keras, apalagi jika anda tlaten memberikan perawatan terbaik, maka kualitas suara yang akan dihasilnya juga akan lebih merdu dan enak untuk di dengar.

  1. Memandikan

Rajin memandikan burung, minimal dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore. Cara memandikannya berbeda dengan cara memandikan hewan lain seperti kucing, atau kerbau. Anda cukup perlu menyemprotkan air dengan menggunakan botol spray yang secara otomatis burung sudah merasa segar.

Memandikan burung mempunyai tujuan supaya bisa terlihat lebih bersih dan rapi bulunya, selain itu terapi ini juga menjadi cara untuk menjinakkan burung. (Baca Juga: Cara Membuat Burung Cipoh Agar Cepat Gacor)

  1. Menjemur

Tidak lupa, anda harus rajin melakukan penjemuran pada burung. Untuk teknik ini dapat Anda lakukan hanya sekali saja dalam sehari yakni pada pukul 7 pagi sampai dengan 8 pagi. Terlebih bagus lagi adalah di bawah cahaya matahari pagi jam 8 yang memberikan nutrisi vitamin baik untuk perkembangannya. Dengan begitu, burung menjadi lebih sehat dan mampu bergerak dengan lincah.

  1. Pemberian Pakan

Pakan sudah menjadi kewajiban peternak untuk memberikan pada hewan ternaknya. Salah satu sumber energi dan hidup burung adalah pada pakan pokoknya. Jadi, memberi makan sudah pasti menjadi suatu keharusan. 

Sponsors Link

Berikan pakan secara teratur berupa voer. Berikan asupan yang benar-benar di butuhkan burung, karena hanya ia yang bisa menentukan apa saja yang bisa membuat suaranya terdengar nyaring nantinya. Makin banyak anda memberikan akan membuat burung kenyang dan mulai menampakkan siul suara merdu. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Gelatik Bakalan)

  1. Rajin Membersihkan Kandang

Sering-seringlah membersihkan lingkungan tempat burung. Salah satunya adalah kandangnya, pastikan tidak ada kotoran yang menumpuk. Jika anda tidak rutin membersihkan kandang, burung akan mudah stres dan terganggu. Sehingga hal ini menjangkit pada kesehatan burung dan menghambat proses ternak anda.

  1. Memberi Minum Cukup

Jangan biarkan wadah air dalam kandang habis dan kering. Suplai terus air dalam sangkar agar burung bisa minum kapan saja. Selain itu, seringlah untuk membersihkan tempat makan dan minum yang ada di dalam kandang supaya kebersihannya juga tetap terjaga dengan sangat baik.

  1. Berikan Tambahan Protein

Selain voer, tambahkan serta protein dari pakan lain agar burung cucak wilis bisa berkembang dengan sangat baik. Anda bisa menyuplai dengan buah-buahan, hingga serangga seperti jangkrik. (Baca Juga: Cara Merawat Burung Gelatik Jawa Agar Cepat Gacor)

Sponsors Link

  1. Ajak Bersiul

Untuk membuat burung jinak dan bersiul, usahakan anda untuk bersiul setiap pagi juga di hadapan burung cucak wilis. Dengan cara ini burung akan terbiasa dengan anda dan membuatnya bisa mengajak bersuara.

  1. Lingkungan Nyaman

Kondisikan suasana dalam lingkungan asri dan nyaman. Sehingga burung akan merasa lebih betah dengan anda.

Beternak burung menjadi alternatif pilihan sebagai bisnis berpeluang besar yang memberikan keuntungan. Disamping kebutuhan pokok sehari-hari yang semakin meningkat, beternak buruk juga menjadi aktifitas kedua disamping pekerjaan harian anda. Tidak sedikit budidaya burung dilakukan sebagai wujud hobi.

Seperti itulah 10 Cara Ternak Burung Cucak Wilis yang bisa anda terapkan sendiri dirumah. Namun ingat bahwa setiap poin tersebut harus benar-benar Anda terapkan dengan sungguh-sungguh untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan serta keuntungan yang maksimal juga pastinya, kalau Anda sudah mengetahui tekniknya namun tidak dapat menerapkannya dengan sangat baik maka semuanya juga akan sia-sia. Semoga artikel ini dapat membantu. (Baca Juga: Cara Ternak Burung Ciblek)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 04th, June 2018 / 04:30 Oleh :
Kategori : Burung